fbpx

Beasiswa Luar Negeri tanpa TOEFL atau IELTS 2020

Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri, kamu perlu tahu bahwa tak semua beasiswa mensyaratkan penerimanya untuk memiliki skor TOEFL atau IELTS, lho. Jadi, bagi kamu yang belum memiliki skor TOEFL atau IELTS, setidaknya kamu bisa bernapas lega karena mimpimu kuliah ke luar negeri masih terbuka lebar. Berikut ini deretan beasiswa tanpa toefl atau ielts yang bisa kamu daftar di 2020.

Beasiswa Eiffel

Sumber: unsplash.com/@heytowner

Beasiswa tanpa TOEFL atau IELTS 2020 pertama adalah, Beasiswa Eiffel adalah beasiswa untuk mahasiswa asing yang berminat melanjutkan studi di Perancis. Beasiswa ini menawarkan biaya untuk pendidikan master dan doktoral. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan tiket pulang-pergi, asuransi kesehatan, dan tunjangan hidup selama belajar di Perancis.

Meski tak membutuhkan TOEFL, kamu tetap harus menyertakan tes kemampuan bahasa Perancis pada level Delf B2.

Beasiswa KGSP

beasiswa tanpa toefl atau ielts 2020
Sumber: unsplash.com/@shawnanggg

Beasiswa KGSP adalah beasiswa untuk kamu yang tertarik berkuliah di negeri K-Pop, Korea Selatan. Beasiswa ini tak mengharuskan penerimanya untuk memiliki skor TOEFL atau IELTS, namun kamu perlu menyertakan skor TOPIK, yakni tes kemampuan bahasa Korea.

Beasiswa DAAD

beasiswa tanpa toefl atau ielts 2020
Sumber: unsplash.com/@kaip

Beasiswa DAAD dari Pemerintah Jerman ini tak membutuhkan kamu untuk memiliki skor TOEFL atau IELTS. Sebagai gantinya, kamu perlu memiliki tes DSH 2 atau tes DAF 4 dan harus selesai pada level A2.

Beasiswa Pemerintah Rusia

beasiswa tanpa toefl atau ielts 2020
Sumber: unsplash.com/@dotzero

Pemerintah Rusia membuka kesempatan untuk bagi kamu yang ingin menempuh studi master di Rusia tanpa memiliki kemampuan berbahasa karena penerima beasiswa ini akan mendapatkan pembekalan bahasa Rusia secara gratis selama satu tahun. Setiap tahunnya, tercatat ada lebih dari 100 mahasiswa Indonesia yang berangkat ke Rusia untuk melanjutkan studi.

Turkiye Scholarship

beasiswa tanpa toefl atau ielts 2020
Sumber: unsplash.com/@ashta

Selain menutup seluruh biaya kuliah selama di Turki, beasiswa ini juga tak mengharuskanmu untuk memiliki skor TOEFL atau IELTS. Sebagai gantinya, beasiswa ini akan memberikan penerimanya kursus bahasa Turki selama satu tahun.

Beasiswa ini dibuka untuk jenjang S1, S2, dan S3 selama satu kali dalam setahun. Menariknya, saat mendaftar beasiswa ini kamu juga akan diminta untuk memilih universitas tujuan, jadi bila kamu bisa mendapatkan beasiswa ini berarti kamu juga berhasil masuk ke kampus pilihanmu.

Beasiswa Monbukagakusho

beasiswa tanpa toefl atau ielts 2020
Sumber: unsplash.com/@manucosen

Bagi kamu yang ingin studi ke Jepang, kamu bisa mencoba beasiswa yang satu ini. Beasiswa Monbukagakusho menawarkan beasiswa penuh, mulai dari tiket pulang-pergi, uang saku, hingga biaya kuliah. Selain itu, beasiswa Monbukagakusho untuk jalur S1 tidak mewajibkanmu untuk melampirkan sertifikat TOEFL. Jadi, beasiswa ini patut kamu pertimbangkan juga.

Selain beasiswa yang tak meminta kamu untuk melampirkan skor TOEFL atau IELTS, ada pula beberapa beasiswa lain yang tidak memberikan syarat batasan usia. Beasiswa ini tentu bisa membantu kamu atau kenalanmu yang sudah melebihi batas umur beasiswa pada umumnya untuk melanjutkan pendidikan.

Nah, itu tadi beberapa beasiswa yang bisa kamu coba untuk berkuliah di luar negeri tanpa perlu melampirkan skor TOEFL atau IELTS. Namun, sebagai gantinya, kamu perlu menjalani tes kemampuan berbahasa lain untuk beberapa negara tujuan.

Tentunya, hal tersebut bukan bermaksud untuk mempersulit langkahmu melanjutkan studi, melainkan untuk memastikan bahwa kamu akan bisa mengikuti seluruh proses belajar dengan baik tanpa menggunakan bahasa ibumu.

Yuk, simak manfaat setelah kamu mengambil tes TOEFL!

For Your Information

Saya tak punya skor TOEFL atau IELTS. Apakah saya bisa mendaftar beasiswa?

Ya, ada beberapa beasiswa yang tak mewajibkan pelamarnya memiliki skor TOEFL atau IETLS, seperti Beasiswa Eiffel, Beasiswa KGSP, DAAD, Beasiswa dari Pemerintah Rusia, Turkiye Scholarship, dan Monbukagakusho.

Bila tak memerlukan skor TOEFL atau IELTS, apakah ada syarat lain yang harus saya penuhi?

Meski tak mewajibkan melampirkan skor TOEFL atau IELTS, beberapa beasiswa memerlukan sertifikat kebahasaan lainnya, misalnya tes kemampuan bahasa Korea dan Jerman untuk berkuliah di negara tersebut.

Namun, ada juga beberapa beasiswa yang memberikan pelatihan kebahasaan bagi penerima beasiswanya.

Ingin mengetahui cerita lain di Istanbul?