fbpx

Selain LPDP, 4 Beasiswa Kementerian Ini Juga Tidak Kalah Populer

Salah satu cara untuk mendapatkan kesempatan kuliah di luar negeri adalah melalui beasiswa. Beasiswa bagaikan angin segar bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan, namun terhalang finansial. Salah satu jenisnya yang patut kamu incar ialah beasiswa kementerian. Selain Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dari Kementerian Keuangan, terdapat 4 beasiswa kementerian lainnya yang tidak kalah populer. Biar tidak penasaran, yuk, kulik informasinya di bawah ini!

1. Beasiswa Unggulan (BU)

Sumber: silabus.org

Beasiswa kementerian ini populer di kalangan mahasiswa S1, S2, dan S3 dan selalu dibuka setiap pertengahan tahun, sekitar Juni hingga Agustus. Program ini berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan putra-putri terbaik bangsa Indonesia. Kamu tidak perlu takut kehabisan kesempatan karena beasiswa ini memiliki 18 prioritas bidang keilmuan Beasiswa Unggulan (NAWACITA). Selain itu, target audiensnya pun tersebar luas, mulai dari pelajar hingga pegawai negeri sipil (PNS) dapat melanjutkan kuliah dengan bantuan beasiswa ini. Ikuti terus perkembangan informasinya dengan mampir ke laman resminya di https://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.

2. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)

Sumber: sevima.com

Beasiswa populer selanjutnya datang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Program ini bekerja sama dengan LPDP bertujuan untuk mencetak dosen-dosen perguruan tinggi yang lebih berkompeten di bawah binaan Kemenristekdikti Indonesia. BUDI sendiri menyiapkan dua jenis beasiswa, yaitu Doktor Dalam Negeri (BUDI DN) dan Doktor Luar Negeri (BUDI LN). Sebagai komparasi dari tahun ke tahun, pendaftarannya dibuka setiap pertengahan tahun, sekitar Juli-Agustus. Tata cara pendaftaran dan pelaksanaan dapat kamu baca selengkapnya di http://budi.ristekdikti.go.id/web/.

3. Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB)

Sumber: islami.co

Kata siapa murid di pesantren hanya sibuk mengaji? Kini, santri juga memiliki kesempatan untuk dapat melanjutkan pendidikan ke luar negeri dengan beasiswa prestisius ini. Diprakarsai oleh Kementerian Agama (Kemenag) sejak 2005, program ini bertujuan untuk membangun pendidikan islam yang mencakup perluasan akses, peningkatan mutu dan daya saing, serta tata kelola pendidikan. PBSB juga telah menjalin kerjasama dengan 14 perguruan tinggi negeri (PTN) ternama di Indonesia, diantaranya IPB, UGM, ITS, UNAIR, UIN Jakarta, dan lain-lain. Bagi santri yang berminat, langsung saja klik laman resminya di sini, ya!

4. Beasiswa S2 Luar Negeri Kementerian Komunikasi dan Informatika

Sumber: lanangindonesia.com

Terakhir, Kominfo juga menawarkan beasiswa S2 ke luar negeri bagi kamu yang bekerja di sektor teknologi informasi dan komunikasi. Demi mengembangkan informatika di Indonesia, beasiswa ini diberikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, POLRI, serta karyawan, baik BUMN maupun swasta. Daripada ketinggalan informasi pendaftaran, langsung cek lamannya di sini!

Itulah 4 Beasiswa Kementerian selain LPDP yang tidak kalah populer. Semua beasiswa di atas menyediakan kesempatan untuk kuliah di perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Bagaimana, tertarik mencobanya? Persiapkan mental, berkas, dan kesehatan fisik sebaik mungkin supaya dapat mengikuti setiap tahap seleksi dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang sedang merencanakan mimpi kuliah ke luar negeri. Jangan hentikan langkahmu demi meraih masa depan yang lebih baik!


Ingin mengetahui cerita lain di Los Angeles?