fbpx

Beasiswa Jardine, Panduan Lengkap Kuliah Gratis di Oxford atau Cambridge

Halo, kali ini ada panduan informasi mengenai beasiswa Jardine. Beasiswa rebutan ini menyediakan pilihan kuliah gratis di Universitas Oxford atau Universitas Cambridge. Wow, dua perguruan tinggi ternama di dunia! Simak panduannya di sini, ya!

Beasiswa ini dibuka untuk jenjang S1 dan S2. Beasiswa telah diberikan kepada lebih dari 350 siswa berprestasi dari Kamboja, Cina daratan, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam.

Persyaratan Umum

Radcliffe Camera, Oxford University
Sumber: Flickr

Beasiswa Jardine dibuka hingga 21 Oktober 2020, jam 20.00 (malam) waktu Hongkong. Berarti, di Indonesia bagian Jakarta pukul 19.00 WIB. Pendaftaran dilakukan secara online melalui pranala ini!

Persyaratan umum beasiswa bergengsi ini ialah:

  • Telah mencapai standar akademis untuk memenuhi syarat masuk ke salah satu perguruan tinggi (Oxford atau Cambridge)
  • Bertempat tinggal di salah satu negara atau wilayah di mana Jardine Matheson Group memiliki kepentingan bisnis yang signifikan. Negara-negara tersebut ialah Kamboja, Tiongkok daratan, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Khusus untuk calon kandidat dari Singapura, pelamar pria harus sudah dilengkapi atau dibebaskan dari National Service.
  • Berada dalam kondisi kesehatan yang memuaskan.
  • Aplikasi untuk program studi yang sedang ditempuh tidak akan dipertimbangkan. Pelamar yang telah mendapatkan beasiswa penuh lainnya untuk belajar di luar negeri pada saat melamar juga tidak akan dipertimbangkan.

Secara umum, aplikasi tidak akan diterima jika orang tua atau kandidat kandidat tidak tinggal di negara atau wilayah yang disebutkan di atas.

Dalam seleksi pemberian beasiswa, Panitia Beasiswa tidak hanya memperhatikan prestasi akademik, tetapi juga:

  1. Kualitas dan karakter pribadi pelamar. Pelamar harus bisa menunjukkan kualitas kepemimpinan yang luar biasa
  2. Prestasi dalam kegiatan non kurikuler, termasuk olahraga
  3. Keterlibatan pada kegiatan masyarakat
  4. Kriteria lain yang menurut Komite Beasiswa menunjukkan bahwa pelamar cenderung menjadi warga negara yang berprestasi dengan komitmen tinggi terhadap pelaksanaan tugas publik dan / atau keterlibatan masyarakat.

Tunjangan Beasiswa Jardine

Sumber: The Telegraph

Pada umumnya, setiap beasiswa yang diberikan akan cukup untuk menutupi biaya uang sekolah, biaya buku dan peralatan, asrama dan penginapan (lebih disukai jika tersedia di Universitas), biaya hidup dan biaya perjalanan selama kuliah. Cakupan lainnya yaitu:

  • biaya kuliah dibayarkan langsung ke universitas
  • biaya perguruan tinggi tidak termasuk makan dan penginapan dibayarkan langsung ke perguruan tinggi
  • tunjangan tahunan untuk menutupi biaya makan dan penginapan serta semua biaya tak terduga lainnya (tergantung kebijakan Pengawas, ini akan dibayarkan dalam empat kali angsuran. Angsuran pertama akan lebih besar untuk menutupi biaya awal)
  • biaya tambahan Kesehatan Imigrasi Inggris
  • tiket pesawat kelas ekonomi standar yang diberikan pada awal beasiswa dan untuk perjalanan pulang ke negara asal setelah menyelesaikan periode beasiswa.

Dokumen Pendaftaran

Berhubung seleksi Beasiswa Jardine sangat ketat, maka perkuat dasar cara penentuan agar tepat sasaran. Inilah dokumen pendaftaran yang harus pantau:

Sumber: Pexels
  1. Pernyataan pribadi yang menjelaskan tujuan, aspirasi, rencana pelamar setelah lulus dan kegiatan ekstrakurikuler, termasuk olahraga, dan tingkat keterlibatan melayani dan berpartisipasi di komunitas atau lingkungannya.
  2. Foto ukuran paspor terbaru
  3. Salinan formulir aplikasi UCAS yang telah diisi
  4. Salinan bersertifikat dari GCSE, A / AS Level dan transkrip IB, atau kualifikasi setara yang tunduk pada sistem ujian negara. Ini termasuk, namun tidak terbatas pada sertifikat HKDSE, sertifikat SPM atau STPM, dan sertifikat SKHU.
  5. Surat keterangan yang ditandatangani oleh kepala sekolah atau profesor yang menyatakan: Hasil akademis yang dicapai dan / atau diprediksi oleh pelamar, komentar yang akan membantu Komite Beasiswa dalam penilaiannya, dan informasi relevan lainnya untuk aplikasi.
  6. Jika surat keterangan dikumpulkan lansung oleh pihak sekolah menengah/kampus, maka e-mail akan dikirim ke kepala sekolah. Bisa juga referee meminta surat referensi. Pelamar harus melampirkan nama dan detail kontak kepala sekolah / referee di formulir aplikasi.

Wawancara

Setelah seleksi berkas, maka akan ada sesi wawancara bagi kandidat yang lolos. Perhatikan sistematiknya!

Sumber: Pexels

Kandidat terpilih akan diundang ke tahap selanjutnya, yaitu wawancara. Jenisnya terbagi dua, yakni wawancara dari video otomatis dan wawancara pribadi. Dalam beberapa kasus, wawancara pribadi dilakukan pada bulan November.

Seleksi akhir akan mengharuskan pelamar untuk hadir wawancara pribadi di Hong Kong pada Januari 2021. Pelamar yang belum diundang untuk wawancara sebelum tanggal yang ditentukan harus menganggap lamaran tidak berhasil.

Pelamar yang tidak dapat menghadiri wawancara terakhir di Hong Kong tidak akan dipertimbangkan. Sehubungan adanya pandemi Covid-19 di seluruh dunia, cobalah tekun cari informasi terbaru mengenai tahap wawancara di Hongkong.

Itulah panduan lengkap mengenai Beasiswa Jardine. Kalau mau berhasil, maka kamu harus siap ribet. Jika belum mau mengikuti di tahun ini, maka siapkan untuk tahun depan. Persiapan yang sangat matang dari segi karier akan memperbesar peluang lolos seleksi beasiswa.

For Your Information

Apa itu Beasiswa Jardine?

Beasiswa ini berasal dari Jardine Matheson Group. Beasiswa ini dibuka untuk jenjang S1 dan S2 dan diberikan kepada siswa serta mahasiswa berprestasi di Asia, termasuk Indonesia.

Kapan Beasiswa Jardine dibuka?

Pada tahun 2020, Beasiswa Jardine dibuka hingga 21 Oktober, jam 20.00 (malam) waktu Hongkong. Berarti, di Indonesia bagian Jakarta pukul 19.00 WIB

Apakah Beasiswa Jardine ada sesi wawancara?

Setelah seleksi berkas, maka akan ada sesi wawancara bagi kandidat yang lolos.

Ingin mengetahui cerita lain di Cambridge?