Belajar Gratis dengan 5 Jenis Beasiswa Kuliah di Jepang!

Belajar di Jepang secara gratis bukanlah hal yang mustahil saat ini karena beasiswanya bertebaran di manapun. Informasinya juga sangat mudah diakses, loh! Secara garis besar, beasiswa studi ke Jepang terbagi menjadi dua, yaitu eksternal dan internal. Untuk beasiswa internal, kamu harus bertanya langsung ke pihak kampus. Ketentuannya pun ditetapkan oleh pihak perguruan tinggi yang bersangkutan. Maka dari itu, kamu butuh riset lebih mendalam jika ingin melamar langsung.

Nah, berbeda dengan beasiswa eksternal yang bisa kamu dapatkan melalui lembaga di luar kampus. Ada 4 jenis beasiswa eksternal yang nantinya dipecah lagi menjadi beberapa bagian. Yuk, simak rangkumannya di artikel kali ini!

1. Beasiswa Pemerintah Jepang (MEXT)

Sumber : sukajepang.com

Beasiswa studi ke Jepang secara gratis ini asalnya dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains, dan Teknologi yang disebut Monbukagakusho. Beasiswa ini menjadi incaran paling favorit di kalangan pelamar berbagai jenjang. Bagaimana tidak, beasiswa ini mencakup biaya hidup, biaya pendidikan, transportasi pesawat, biaya ujian masuk, dan biaya pendaftaran! Jika lolos, maka kamu hanya belajar tanpa pusing memikirkan uang transfer dari orang tua yang tak kunjung tiba.

Dengan segala kelebihan yang menggiurkan itu, maka persaingannya pun sangat ketat. Pemerintah Jepang tidak sembarangan memilih calon mahasiswa yang berpotensi dapat mengembangkan hubungan bilateral Indonesia-Jepang. Beasiswa itu telah dibuka bagi mahasiswa asing sejak tahun 1954. Aplikasi harus dilakukan melalui kedutaan Jepang, konsulat jenderal di luar negeri, atau universitas Jepang.

2. Beasiswa Organisasi Layanan Mahasiswa Jepang (JASSO)

Animated GIF - Find & Share on GIPHY

Nah, di artikel sebelumnya anak rantau sempat membahas JASSO. Sudah baca belum? Jika belum, supaya lebih paham baca di sini, ya!

JASSO pun juga menyediakan beasiswa Monbukagakusho Honors Scholarship for Privately-Financed International Students. Tidak ada batasan umur ketika melamar beasiswa ini, maka dari itu beasiswa ini cocok untuk jenjang apapun. Bahkan, JASSO juga menyediakan beasiswa program pertukaran pelajar. Itu akan dibahas di artikel lain, ya!

Beasiswa kehormatan ini harus dilamar melalui universitas di Jepang. Caranya pelamar harus daftar terlebih dahulu ke kampus di Jepang yang dituju untuk direkomendasikan kepada JASSO bahwa pendaftar sudah memenuhi persyaratan. Konfirmasikan berkas-berkas administrasi yag dibutuhkan demi menghindari kekeliruan.

3. Beasiswa Pemerintah Daerah / Asosiasi Internasional Lokal

Sumber : straitstimes.com

Beasiswa studi ke Jepang yang satu ini memang lokal, tapi mahasiswa internasional juga bisa apply, loh! Pasalnya, pemerintah lokal dan asosiasi internasional lokal di Jepang membuka beasiswa kepada siswa manapun yang tinggal dan sekolah di distrik mereka. Dilansir dari JASSO, beasiswa ini diatur sesuai dengan keberadaan lokasi yayasan. Penyebarannya dari wilayah Utara hingga ke Selatan Jepang.

Program lokal ini dibuka untuk berbagai kualifikasi mulai dari SMA hingga program doktor, loh! Selain itu, jenisnya pun juga banyak. Setidaknya ada 31 jenis beasiswa lokal yang tersedia.

4. Beasiswa Yayasan Swasta

Sumber : http://en.jikeigroup.net

Kamu bisa kuliah di Jepang secara cuma-cuma dengan beasiswa perusahaan atau organisasi swasta di sana. Persyaratannya pun ditetapkan pihak swasta. Biasanya, beasiswa ini mewajibkan pelamar untuk kerja di pihak swasta setelah lulus kuliah.

Beasiswanya tersegmentasi khusus dilihat dari distrik tempat siswa sekolah, mata kuliah, dan negara di mana perusahaan mengadakan pertukaran. Tersedia kurang lebih 101 beasiswa yang dapat kamu lamar. Perhatikan dengan jeli persyaratannya, ya!

5. Beasiswa Jepang di Luar Negeri

Sumber : carta.fiu.edu

Beasiswa yang satu ini kadangkala dapat kamu apply ketika datang ke Jepang. Beberapa pemerintah daerah, asosiasi inetrnasional lokal, dan organisasi swasta mengucurkan beasiswa untuk calon mahasiswa yang berasal dari luar Jepang. Terdapat kurang lebih 18 beasiswa dan kualifikasinya pun beragam, mulai dari SMA hingga program doktor.

Nah, itu dia 5 beasiswa studi ke Jepang yang dapat kamu lamar. Ingat, pembahasan ini mencakup beasiswa eksternal, alias berasal dari luar pihak kampus. Persaingan yang ketat membuat kamu harus belajar hingga titik darah penghabisan, jadi semangat, ya!

Oh, iya kamu dapat mengunduh pamflet beasiswa ke Jepang untuk melihat informasi lebih lanjut. Baca baik-baik dan jangan malas menggali informasi demi masa depan yang lebih baik. Subscribe mailing list kita untuk mendapatkan segala sumber informasi untuk belajar dan tinggal di luar negeri. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!