fbpx

Beasiswa DGIST S2 dan S3 Kuliah Gratis di Korea Selatan

Kuliah di Korea Selatan layaknya seribu jalan ke Roma. Banyak sekali beasiswa yang menawarkan kuliah di negeri ginseng dengan prospek yang cemerlang. Kali ini, terdapat beasiswa DGIST yang merupakan singkatan dari Daegu Gyeongbuk Institute of Science and Technology. Beasiswa penuh ini dibuka sebanyak 3 gelombang.

Pendaftaran babak Spring 1 2021: 18 Juni hingga 9 Juli 2020

Pendaftaran babak Spring 2 2021: 15 Oktober hingga 5 November 2020

Pendaftaran babak Fall 2021: 8 April – 29 April 2021

Persyaratan Umum Beasiswa DGIST

Sumber: unsplash.com

Jika kamu baru saja mendengar beasiswa ini, maka jangan disepelekan dalam proses pendaftaran. Banyak pelamar yang tidak lolos seleksi beasiswa karena tidak teliti dalam tahap yang krusial ini. Berikut cara mendaftara beasiswa DGIST untuk jenjang S2 dan S3 :

  • Untuk S2, jika kuliah jenjang sarjana belum selesai, diharapkan menyelesaikan gelarnya paling lambat Februari 2021. Maka dari itu, jika kamu adalah mahasiswa tingkat akhir dan memiliki rencana untuk sekolah lagi, maka persiapkan segala rencananya.
  • Untuk S3 atau PhD, jika kuliah jenjang magister belum selesai, diharapkan menyelesaikan gelarnya paling lambat Februari 2021.
  • Beasiswa ini juga terbuka untuk alumni yang bukan merupakan lulusan baru (Fresh Graduate).
  • Pelamar hanya boleh memilih satu di antara tiga gelombang pendaftaran beasiswa DGIST.

Dokumen untuk Pendaftaran Beasiswa DGIST

Sumber: Pexels

Dokumen untuk melamar beasiswa DGIST terbagi ke dalam dua jenis, yakni wajib dan opsional. Dokumen yang wajib disertakan yaitu:

  • Formulir aplikasi online yang terdapat di situs resmi DGIST ketika kamu sudah daftar dan masuk ke akun.
  • Pernyataan tujuan dalam bahasa Inggris yang menjelaskan tentang visi dan misi dan motivasi memilih DGIST sebagai tempat untuk meneruskan pendidikan, lalu minat dan rencana penelitian, kemudian prestasi akademik yang relevan dan pengalaman penelitian (publikasi dan penghargaan). lalu, deskripsikan pengalaman organisasi atau volunteer.
  • Bagi pelamar jurusan Robotic Engineering, maka pihak DGIST sangat menyarankan untuk menghubungi fakultas terlebih dahulu untuk memilih dosen pembimbing. Nama dosen dicantumkan di pernyataan tujuan (Statement of Purposes)
  • Ijazah dalam format PDF dan dikirimkan melalui surel admission@dgist.ac.kr. Jika belum punya ijazah, maka cantumkan sertifikat perkiraan lulus (expected graduation) atau certificate of enrollment.
  • Transkrip nilai dalam format PDF dan dikirimkan melalui surel admission@dgist.ac.kr. Khusus untuk pelamar jurusan Biologi, wajib mencantumkan peringkat kelas.
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar 80.000 KRW atau setara dengan Rp 929.560 (termasuk komisi 6000 KRW atau setara dengan Rp 69.717). Aplikasi akan sukses apabila pelamar juga melengkapi pembayaran.

Sedangkan, dokumen yang bersifat opsional yaitu:

Sumber: Pexels
  • Sertifikat keahlian Bahasa Inggris yakni TOEFL, IELTS, TOEIC, TOEFL CBT, TOEFL PBT, TEPS, dan lain sebagainya. Tidak ada ketentuan skor minimum.
  • Bagi pelamar jurusan Emerging Material Science, New Biology, dan Interdisiplinary Engineering wajib mencantumkan sertifikat keahlian Bahasa Inggris.
  • Sertifikat kompetensi yang berhubungan dengan jurusan tujuan.
  • Dokumen evaluasi yang didapatkan dari situs resmi DGIST.

Seluruh dokumen wajib dan opsional menggunakan Bahasa Inggris dengan PDF sebagai format file. Lalu, cantumkan berkas di badan e-mail secara alfabet. Kirimkan ke admission@DGIST.ac.kr sebelum 9 Juli 2020 jam 17.00 KST (gelombang 1). Pelamar yang lolos berkas akan diundang pihak beasiswa untuk melakukan wawancara secara daring.

Prosedur pengiriman untuk tahap pendaftaran di waktu lain masih belum dibuka, tetapi kemungkinan besar sama saja.

Jurusan yang Tersedia

Sumber: DGIST.ac.kr

Beasiswa DGIST ini membuka jurusan S2 dan S3 dengan pilihan sebagai berikut: Emerging Material Science, Information and Communication Engineering, Robotics Engineering, Energy Science and Engineering, Brain and Cognitive Science, New Biology, Interdiscplinary Engineering.

Semua kelas di jenjang pascasarjana disampaikan dalam Bahasa Inggris. Meskipun begitu, seluruh pelamar internasional yang dinyatakan lolos wajib mengikuti kelas Bahasa Korea hingga lulus. Dengan demikian, pelamar tidak perlu menunda kuliah karena kelas bahasa dapat berlangsung secara berdampingan dengan kelas lain.

Jadwal Beasiswa DGIST

Sumber: unsplash.com

Jadwal beasiswa ini adalah untuk tahap pendaftaran Spring 1. Silakan pantau melalui situs resmi untuk mengetahui kelanjutan pendaftaran yang lainnya.

Pendaftaran: 18 Juni hingga 9 Juli 2020 pukul 17.00 KST

Pengumuman kelulusan berkas: 23 Juli 2020 melalui situs resmi DGIST di bagian international applicants.

Wawancara daring: 3 Agustus hingga 10 Agustus 2020

Pengumuman penerimaan: 24 Agustus 2020 melalui situs resmi DGIST di bagian international applicants.

Supaya kamu tidak semakin kebingungan ketika mendaftar, maka unduh panduan untuk mahasiswa internasional di ‘Download Guidelines for Foreigners’ melalui tautan ini, ya!

Itulah informasi mengenai kuliah S2 dan S3 gratis di Korea Selatan dengan beasiswa DGIST. Meskipun masih pandemi Covid-19, kuliah di Korea Selatan tetap menarik perhatian para pengincar beasiswa. Jika kamu teliti dalam menyusun rencana belajar dan penelitian, maka kemungkinan lolos akan semakin besar. Aturlah waktu supaya kamu tenang dalam mengumpulkan berkas-berkas. Semangat menggapai impian, stay safe and healthy!

For Your Information

Apa itu beasiswa DGIST?

Beasiswa DGIST yang merupakan singkatan dari Daegu Gyeongbuk Institute of Science and Technology. Beasiswa penuh ini dibuka sebanyak 3 gelombang

Jurusan apa saja yang ditawarkan pada beasiswa DGIST?

Emerging Material Science, Information and Communication Engineering, Robotics Engineering, Energy Science and Engineering, Brain and Cognitive Science, New Biology, Interdiscplinary Engineering.

Bahasa apa yang digunakan dalam proses akademik?

Semua kelas di jenjang pascasarjana disampaikan dalam Bahasa Inggris. Meskipun begitu, seluruh pelamar internasional yang dinyatakan lolos wajib mengikuti kelas Bahasa Korea hingga lulus.

Ingin mengetahui cerita lain di Daegu?