fbpx

Bagaimana University of Sydney Ungguli Harvard dalam Graduate Employability Rankings?

Universitas-universitas di Amerika Serikat dikenal sebagai universitas terbaik di dunia. Para lulusan dari universitas tersebut juga terjamin sebagai lulusan siap kerja. Akan tetapi, berdasarkan pemeringkatan QS Graduate Employability Rankings 2020, ada satu hal yang cukup unik. University of Sydney yang notabene berada di Australia berhasil mengungguli Harvard University. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi?

Terbaik di Australia dan masuk 5 besar dunia

Sydney university employability rankings
Sumber: ican-education.com

Setelah dirilis, maka resmilah status University of Sydney sebagai universitas yang paling banyak menghasilkan lulusan siap kerja di Australia. Pencapaian tersebut juga membuat University of Sydney masuk ke dalam jajaran 5 besar dunia.

Saat ini, University of Sydney berhasil menduduki posisi ke-4 dunia setelah Massachusetts Institute of Technology (MIT), Stanford University, dan University of California Los Angeles. Dengan demikian, University of Sydney dapat sedikit berbangga hati karena bisa mengungguli Harvard University.

Nah, yang harus kamu tahu, Kawan Rantau, posisi University of Sydney sebagai universitas terbaik di Australia dalam hal employability ranking telah berjalan selama lima tahun berturut-turut.

University of Sydney dan QS Graduate Employability Rankings

Pada dasarnya, QS Graduate Employability Rankings merupakan pemeringkatan yang menggambarkan sejauh mana universitas dapat mempersiapkan lulusannya untuk masuk ke dunia kerja. Terdapat lima indikator yang digunakan untuk pemeringkatan ini, mulai dari employer reputation, alumni outcomes, kemitraan antar pekerja, jejaring pekerja/siswa, dan tingkat lulusan siap kerja.

Di University of Sydney, kamu bisa menjalani proyek nyata secara langsung. Nah, proyek-proyek ini berjalan atas kerja sama antara University of Sydney dengan lebih dari 45 organisasi yang ada di dalam maupun luar Australia. Kemudian, organisasi tersebut terdiri dari industri, komunitas, hingga pemerintahan.

Para mahasiswa S1 di University of Sydney diberikan kesempatan untuk bekerja dalam proyek dengan berbagai mitra industri, seperti Accenture, Adobe, Ernst and Young, Herbert Smith Freehills, MS Research, Westpac, dan lainnya.

Lalu, University of Sydney merupakan satu-satunya universitas di Australia yang tergabung dalam Airbus Global University Partner Program. Melalui program ini, para siswa bisa mendapat kesempatan untuk bepergian ke luar negeri untuk bekerja secara langsung dalam proyek Airbus di Inggris.

Nilai-nilai di University of Sydney

Sydney university employability rankings
Sumber: sydney.edu.au

Pencapaian dari University of Sydney tersebut pada dasarnya merefleksikan dedikasi dari University of Sydney untuk mempersiapkan lulusannya masuk dunia kerja. Setidaknya, ada tiga nilai utama yang diupayakan oleh University of Sydney untuk terus meningkatkan reputasinya dalam graduate employability rankings.

1. Student entrepreneurship

University of Sydney selalu berupaya untuk mengumpulkan para pemimpin dan juga inisiator. Melalui program-program seperti Sydney Genesis dan INCUBATE, University of Sydney mendorong mahasiswa untuk menciptakan usaha secara mandiri. 

Upaya penciptaan tersebut bisa berada pada tahapan yang berbeda-beda. Otomatis, para mahasiswa dipacu untuk senantiasa inovatif.

Kemudian, University of Sydney juga menyediakan fasilitas seperti ThinkSpace yang memungkinkan mahasiswa menciptakan suatu hal yang menarik menggunakan teknologi baru.

2. Learn by doing

Merasakan langsung pengalaman kerja selama kuliah? Dengan berbagai proyek yang merupakan hasil kerja sama dengan 45 lebih organisasi, para mahasiswa University of Sydney mampu belajar secara langsung dari keterlibatan mereka.

Dalam sejumlah proyek, para mahasiswa akan bekerja sama dengan mahasiswa lainnya dari program yang berbeda dan juga para pemimpin bisnis untuk mencari solusi terbaik dari permasalahan yang nyata.

3. Career support

Pusat pengembangan karir dari University of Sydney berupaya selalu menyediakan layanan konsultasi dan sumber daya lainnya yang dapat membantu mahasiswa mendapatkan pilihan karir terbaik di akhir masa studi mereka.

Demikianlah sejumlah hal yang menguatkan posisi University of Sydney dalam QS Graduate Employability Rankings 2020. Bagaimana menurut kamu, Kawan Rantau? Menarik bukan untuk memilih University of Sydney sebagai universitas tujuanmu?

Baca juga pilihan universitas terbaik di Australia tahun 2021.

For Your Information

Apa keunggulan dari University of Sydney?

Setelah QS Graduate Employability Rankings 2020? dirilis, maka resmilah status University of Sydney sebagai universitas yang paling banyak menghasilkan lulusan siap kerja di Australia. Pencapaian tersebut juga membuat University of Sydney masuk ke dalam jajaran 5 besar dunia.

Bagaimana University of Sydney ungguli Harvard University?

Baca artikel ini untuk temukan ulasan kami.

Ingin mengetahui cerita lain di Sydney?