fbpx

Aturan Pengajuan Visa Pelajar bagi Pelajar Internasional di Jerman

Jerman menyatakan pihaknya tidak akan mengeluarkan visa pelajar bagi pelajar internasional yang melaksanakan perkuliahan secara daring untuk tahun ini. Akan tetapi, bagi pelajaran internasional yang menjalani perkuliahan secara tatap muka tidak akan terpengaruh oleh aturan ini.

Menteri Pendidikan Jerman, Anja Karliczek menyatakn bahwa para pelajar internasional yang dapat membuktikan bahwa perkuliahan mereka tidak bisa dilakukan sepenuhnya di negara asal, diperbolehkan untuk masuk ke Jerman. Akan tetapi, untuk para pelajar yang menjalani perkuliahan sepenuhnya secara daring, mereka tidak diperbolehkan untuk masuk ke Jerman.

Para pelajar yang berasal dari luar Uni Eropa haruslah menerima certificate of presence dari universitas mereka untuk bisa mengajukan visa pelajar Jerman. Langkah Jerman ini sedikit mirip dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Amerika Serikat pada awal tahun lalu. Kala itu, Pemerintah Amerika Serikat melarang pelajar internasional yang menjalani perkuliahan secara daring untuk masuk atau tinggal di Amerika Serikat. Kebijakan ini mendapat kecaman dan berakhir dibatalkan.

Anja Karliczek. Sumber: bmbf.de

Visa pelajar disetujui untuk pembelajaran hybrid

Akan tetapi, Kawan Rantau, kamu tidak perlu terlalu khawatir. Mengapa? Karena kamu tetap bisa mengajukan visa pelajar apabila universitasmu menyelenggakan sistem pembelajaran secara hybrid.

Michael Flacke dari German Academic Exchange Service memberitahu Schengen Visa Info bahwa untuk semester musim dingin, universitas-universitas di Jerman merencanakan pelaksanaan perkuliahan secara campuran. Dengan demikian, para pelajar internasional dari luar Uni Eropa diperbolehkan untuk masuk ke Jerman.

DW melaporkan bahwa lebih dari 80.000 pelajar internasional telah meninggalkan Jerman pada bulan April akibat kebijakan lockdown dan penutupan kampus. Memang banyak para pelajar yang kecewa akan kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Jerman. Akan tetapi, perlu digarisbawahi bahwa bepergian ke luar negeri pada saat seperti ini bukanlah suatu hal yang bijak. Bahkan, di negara-negara seperti Selandia Baru dan Australia telah ditemukan kasus COVID-19 baru.

Jadi, pertimbangkan baik-baik keputusanmu dalam melaksanakan perkuliahan tahun ini, Kawan Rantau.

Baca juga popularitas Jerman yang meningkat di mata pelajar internasional.

For Your Information

Apakah saya bisa mengajukan visa pelajar di Jerman?

Untuk saat ini, apabila perkuliahan kamu diselenggarakan secara daring sepenuhnya, maka kamu tidak bisa mengajukan visa pelajar.

Bagaimana dengan pelajar yang menjalani perkuliahan hybrid?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel berikut ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Berlin?