fbpx

Aturan Pemerintah Kanada bagi Pelajar Internasional yang Kembali Selama COVID-19

Apabila kamu termasuk pelajar internasional yang akan kembali ke Kanada, maka kamu bisa menyimak sejumlah aturan dari pemerintah Kanada berikut ini. Tentunya, aturan-aturan ini berlaku bagi para pelajar internasional yang akan masuk kembali ke Kanada di tengah pandemi COVID-19.

Setelah mengumumkan bahwa para pelajar telah boleh kembali ke Kanada setelah 20 Oktober 2020, sekarang pemerintah memastikan bahwa seluruh aturan kesehatan telah diikuti oleh seluruh pelajar. Apabila kamu akan kembali ke Kanada, berikut sejumlah aturan untuk pelajar internasional yang harus kamu ketahui:

1. Institusi tujuanmu telah mendapatkan persetujuan dari pemerintah

Berdasarkan aturan yang ada, hanya pelajar yang berasal dari institusi yang telah mendapatkan persetujuan perencanaan kesiapan COVID-19 yang dapat kembali ke Kanada. Kamu bisa memastikan universitasmu berada dalam daftar melalui tautan berikut ini.

2. Izin perjalanan akan berbeda dari izin belajar

Sumber: capebretonpost.com

Ketika kamu telah memiliki izin belajar, hal tersebut bukan berarti kamu berhak untuk bisa langsung pergi ke Kanada. Immigration, refugees and Citizenship Canada (IRCC) akan menghubungi kamu apabila izin perjalananmu telah disetujui.

Perlu digarisbawahi bahwa izin tersebut dapat dicabut kapan saja, tergantung dari situasi sekolah, provinsi, maupun wilayah tujuanmu berada.

3. Bebas dari gejala COVID-19

Persyaratan utama untuk bisa kembali ke Kanada adalah kamu memiliki keadaan tubuh yang baik. Setiap pelajar yang menunjukkan gejala COVID-19 ketika akan kembali Kanada, tidak diperbolehkan untuk berangkat.

Apabila mereka terdeteksi pada saat telah sampai, maka kamu akan dikirim langsung ke rumah sakit terdekat untuk menjalani pemeriksaan. Dengan demikian, sebelum berangkat, pastikan kamu mendapatkan surat keterangan sehat dan jagua jaminan asuransi kesehatan.

4. Membuktikan kebutuhan untuk masuk ke Kanada

Ketika kamu sampai di Kanada, kamu harus mampu menunjukkan bukti bahwa kamu akan melanjutkan studi di salah satu institusi terkait di Kanada. Jadi, pastikan seluruh dokumen perizinanmu telah siap kamu tunjukkan ke petugas imigrasi.

5. Harus memiliki asuransi kesehatan

Para pelajar internasional haruslah memiliki asuransi kesehatan. Pastikan bahwa asuransi tersebut melingkupi penanganan COVID-19 juga sebelum kamu kembali ke Kanada.

6. Siap menjalani karantina

Sumber: thejakartapost.com

Seluruh pelajar yang kembali ke Kanada harus bersiap menjalani masa karantina selama 14 haris. Sebelumnya, kamu diwajibkan menggunakan masker selama perjalanan. 

Sayangnya, untuk masa karantina ini, kamu harus bertanggung jawab secara mandiri. Kamu disilakan untuk menyewa akomodasi seperti hotel dan lainnya, atau jenis karantina mandiri lainnya.

Itulah sejumlah aturan yang harus ditaati oleh pelajar internasional yang akan kembali ke Kanada. Apabila kam memang harus kembali ke Kanada, pastikan kamu telah mengikuti seluruh aturan yang ada.

Baca juga keuntungan-keuntungan yang bisa kamu dapatkan selama berkuliah di Kanada.

For Your Information

Apakah pelajar bisa kembali ke Kanada?

Bisa apabila mereka memenuhi sejumlah persyaratan yang ada.

Apa saja hal yang harus dipenuhi pelajar internasional yang kembali ke Kanada selama COVID-19?

Temukan pembahasan lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Montreal?