fbpx

Asian Future Leaders Scholarship Program (AFLSP): Beasiswa Kuliah di Asia Timur

Asian Future Leaders Scholarship Program (AFLSP) memberikan 105 beasiswa tiap tahunnya bagi para pelajar yang berasal dari kawasan di Asia untuk melanjutkan kuliah di universitas-universitas ternama di Asia Timur.

Program ini memiliki misi untuk memungkinkan para pelajar untuk berkuliah di salah satu universitas mitra dari AFLSP yang berada di 5 kota di Kawasan Asia Timur. Melalui beasiswa AFLSP ini, para penerima beasiswa bisa melanjutkan kuliah S1, S2, maupun S3 di program yang ditawarkan oleh masing-masing universitas. 

Apabila kamu menjadi penerima beasiswa AFLSP, maka kamu akan mendapatkan dana beasiswa hingga US$25.000 per tahun, atau sebesar US$50.000 per siswa yang bisa digunakan untuk membayar biaya kuliah, tempat tinggal, dan juga biaya hidup.

Universitas mitra dan program yang ditawarkan oleh Asian Future Leaders Scholarship Program (AFLSP)

Hitotsubashi University. Sumber: hit-u.ac.jp

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Asian Future Leaders Scholarship Program (AFLSP) memiliki universitas mitra yang berada di 5 kota di Kawasan Asia Timur. Program yang ditawarkan sangatlah beragam, tergantung dari masing-masing universitas.

Berikut merupakan detail mengenai universitas mitra dari AFLSP dan program yang ditawarkan:

Universitas mitraProgram yang ditawarkan
Hitotsubashi UniversityProgram MBA di School of International Corporate Strategy (Hitotsubashi ICS), Hitotsubashi University Business School
Kyoto UniversitySeluruh program S2 di Kyoto University
Peking UniversityProgram S2 Chinese Studies di Yenching AcademySeluruh program S1 dan S2 yang telah ditunjuk (khusus untuk pelajar dari Jepang)
Shanghai Jiao Tong UniversityProgram S1 dan S2 yang telah ditunuk
Hong Kong University of Science and TechnologySeluruh program S2 di HKUST
Waseda UniversityProgram S1 Double Degree dan Program berbasis Bahasa Inggris di School of Political Science and Economics (SPSE)

Siapa yang bisa mendaftar?

Pesta penyambutan pelajar internasional di Kyoto University. Sumber: kyoto-u-ac.jp

Seluruh pelajar di Kawasan Asia yang berminat untuk menempuh studi penuh-waktu di salah satu universitas mitra berhak mendaftar beasiswa AFLSP. Perlu dicatat, masing-masing universitas mitra memiliki proses seleksi masing-masing.

Sebagai contoh, berikut kami lampirkan persyaratan pendaftaran beasiswa AFLSP di Kyoto University:

  1. Mendukung tujuan dari AFLSP, memiliki integritas personal yang kuat, tertarik dalam pemahaman internasional dan interkultural, serta siap berkontribusi pada masyarakat internasional.
  2. Merupakan warga negara di Kawasan Asia selain Jepang.
  3. Berusia tidak lebih dari 35 tahun saat mendaftar.
  4. Memiliki kecakapan berbahasa Inggris yang baik, minimal 90 untuk TOEFL iBT.
  5. Menyelesaikan gelar sarjana di institusi yang telah dipilih oleh Kyoto University. Untuk Indonesia, Kyoto University memilih lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan IPB University sebagai kandidat yang berhak mendaftar beasiswa AFLSP.
  6. Bermaksud mendaftar di salah satu program S2 di Graduate School dari Kyoto University.
  7. Direkomendasikan oleh profesor pembimbing di universitas.
  8. Belum pernah menerima beasiswa AFLSP sebelumnya.
  9. Membutuhkan bantuan finansial.
  10. Memiliki keadaan fisik dan mental yang baik
  11. Tidak sedang menerima beasiswa lainnya.
  12. Tidak sedang bekerja penuh waktu maupun paruh waktu saat mendaftar di Kyoto University.

Kewajiban penerima beasiswa

BXAI Summer Program 2019. Sumber: Facebook/Bai Xian Institute

Pada dasarnya, program Asian Future Leaders Scholarship Program (AFLSP) ini telah ada sejak tahun 2014. Sampai sekarang, pengelolaan beasiswa ini dipegang oleh Bai Xian Asia Institute (BXAI)

 Nah, apabila kamu menerima beasiswa ini, maka kamu harus memenuhi sejumlah kewajiban yang diberikan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Berpartisipasi dalam BXAI Summer Program. Seluruh penerima beasiswa diminta untuk mengikuti BXAI Summer Program tahunan yang biasanya diadakan pada bulan Agustus dan berlangsung selama tiga minggu.
  2. Tetap terdaftar sebagai mahasiswa penuh waktu di program yang telah dipilih di universitas mitra. 
  3. Terbuka pada BXAI dan universitas terkait apabila penerima beasiswa menerima beasiswa atau bentuk bantuan pendanaan lainnya dari pihak ketiga. Dalam hal ini, BXAI memiliki hak untuk meninjau penawaran beasiswa yang didapat tersebut.

Untuk proses pendaftaran dan seleksi dari program ini akan bergantung dari masing-masing universitas, Kawan Rantau. Jadi, silakan untuk mengunjungi situs-situs masing universitas untuk mengetahui proses pendaftaran beasiswa AFLSP ini lebih lanjut. 

Biasanya, pendaftaran beasiswa ini dibuka untuk tahun ajaran yang dimulai pada bulan April dan Oktober setiap tahunnya. Proses pendaftaran biasanya dibuka tiga bulan sebelum perkuliahan dimulai.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk kuliah dengan beasiswa AFLSP, Kawan Rantau? Kalau iya, siapkan diri kamu baik-baik untuk bisa berkuliah di salah satu universitas paling bergengsi di Asia Timur tersebut.

Baca juga penjelasan mengenai beasiswa Monbukagakusho atau MEXT untuk kuliah gratis di Jepang.

For Your Information

Apa itu Asian Future Leaders Scholarship Program?

Asian Future Leaders Scholarship Program (AFLSP) memberikan 105 beasiswa tiap tahunnya bagi para pelajar yang berasal dari kawasan di Asia untuk melanjutkan kuliah di universitas-universitas ternama di Asia Timur.

Siapa saja universitas mitra dalam AFLSP?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, AFLSP memiliki universitas mitra yang berada di 5 kota di Kawasan Asia Timur, yakni Hitotsubashi University, Kyoto University, Peking University, Shanghai Jiao Tong University, Hong Kong University of Science and Technology, dan Waseda University.

Siapa yang bisa mendaftar program AFLSP?

Temukan jawabannya dengan membaca artikel berikut ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?