fbpx

Arti Kemenangan Joe Biden Bagi Pelajar Internasional di Amerika Serikat

Setelah melewati masa-masa yang melelahkan selama periode pemilihan presiden di Amerika Serikat, akhirnya Joe Biden dan wakil presidennya, Kamala Harris dinyatakan berhasil mengungguli Donald Trump. Dilansir dari Al Jazeera, Biden berhasil memiliki 290 electoral votes, melebihi syarat untuk memenangkan pilpres AS, yaitu 270 EC. Lalu, apakah ada arti kemenangan dari Joe Biden bagi pelajar internasional di Amerika Serikat?

Tidak dapat dipungkiri bahwa pada masa pemerintahan Trump, para pelajar internasional cukup kesulitan untuk memilih Amerika sebagai negara tujuan mereka. Mulai dari pandemi yang melanda, hingga kebijakan imigrasi yang tak ramah. Pada akhirnya, kemenangan Biden ini bisa memberikan sedikit angin segar bagi pelajar internasional.

Berikut merupakan sejumlah perubahan yang dapat dilakukan oleh Joe Biden untuk mendukung kesejahteraan pelajar internasional.

Mendukung pelajar dari negara mayoritas Islam untuk kuliah di AS

Salah satu hal yang akan diubah oleh Biden adalah, larangan bagi para warga yang berasal dari negara mayoritas beragama Islam untuk masuk ke Amerika Serikat. Biden menyatakan bahwa kebijakan yang diterapkan oleh Trump tersebut salah secara moral. Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa dengan memberlakukan kebijakan tersebut, maka Amerika menjadi lebih aman.

Biden melihat bahwa pemberlakuan kebijakan ini hanyalah bentuk penyalahgunaan power dan Pemerintahan Trump dan ditujukan bagi para imigran.

Perubahan aturan visa

arti kemenangan joe biden bagi pelajar internasional
Joe Biden dan Kamala Harris. Sumber: phillyvoice.com

Pada masa pemerintahan Trump, terdapat pengajuan aturan mengenai batasan waktu seorang pelajar internasional dapat tinggal di Amerika. Hal ini bergantung dari kewarganegaraan dari pelajar tersebut. Dengan demikian, visa para pelajar dapat kadaluarsa setelah empat atau dua tahun dari tanggal pembuatan.

Stephen Yale-Loehr, profesor praktik hukum imigrasi dari Cornell University menyatakan bahwa Biden berkesempatan untuk menggagalkan pengajuan aturan ini.

Meningkatkan bantuan bagi pelajar internasional di AS selama pandemi

Saat ini, para pelajar internasional di AS tidak bisa mendapatkan bantuan pendanaan COVID-19. Pada bulan Maret, Kongres meluncurkan Coronavirus Aid, Relief and Economic Security (CARES) Act, dan menyisihkan dana sebesar US$ 6 Miliar bagi pelajar. Sayangnya, para pelajar internasional tidak berhak untuk mendapatkan dana tersebut.

Yale-Loehr menyatakan bahwa Biden bisa merombak aturan ini. Apalagi dengan adanya komitmen Biden terhadap penanggulangan COVID-19, maka para pelajar internasional bisa mendapatkan harapan. Dengan demikian, para pelajar internasional yang sedang berada di Amerika bisa sedikit bernapas lega.

Kemenangan Joe Biden pada dasarnya bisa membuka harapan bagi pelajar internasional. Apalagi, sosok Kamala Harris yang menjadi pendamping dari Biden juga bisa menjadi sosok yang mendukung keberadaan dari minoritas. Jadi, mari kita berharap kemenangan dari Joe Biden dalam pilpres AS ini betul-betul bisa memberikan perubahan bagi para pelajar internasional.

Baca juga hal-hal sederhana yang bisa membantu kamu mewujudkan perubahan sosial.

For Your Information

Apa arti kemenangan Joe Biden bagi pelajar internasional di Amerika?

Ada banyak aturan yang dapat berubah karena Joe Biden memiliki visi-misi tersendiri. Hal ini diharapkan mampu mendukung keberadaan pelajar internasional di Amerika.

Ingin mengetahui cerita lain di Washington DC?