fbpx

Apakah Universitas di Amerika Serikat Ramah untuk Disabilitas?

Amerika Serikat menjadi salah satu negara pusat pendidikan dunia. Sejumlah universitas terbaik di dunia ada di Negara Paman Sam ini. Lalu, yang menjadi pertanyaan, apakah universitas-universitas di Amerika Serikat ramah untuk penyandang disabilitas?

Mengapa penting?

Dewasa ini, dengan semakin meningkatnya kesadaran bahwa setiap orang berhak mendapatkan pendidikan, bagaimanapun kondisinya, maka wajar apabila universitas-universitas di dunia mencoba untuk memfasilitasi para penyandang disabilitas.

Universitas Ramah Disabilitas
Sumber: apa.org

Sebagai seorang calon mahasiswa, tentu para siswa akan mencoba memilih universitas yang memiliki reputasi akademik baik dan juga biaya terjangkau.

Akan tetapi, bagi para penyandang disabilitas, hal tersebut tidaklah cukup. Mereka juga harus mempertimbangkan faktor aksesibilitas dari universitas yang mereka pilih. Tujuannya, supaya mereka bisa mencapai kualitas hidup yang baik selama berkuliah.

Maka dari itu, banyak universitas-universitas di Amerika Serikat menyadari kebutuhan layanan serta fasilitas yang dapat mengakomodasi para siswa penyandang disabilitas.

Apa saja yang disediakan?

Banyak sekali fasilitas yang disediakan oleh universitas-universitas ini. Mulai dari fasilitas-fasilitas mendasar yang mudah diakses oleh para penyandang disabilitas, seperti jalanan melandai, lift khusus, maupun bangku dan meja khusus, hingga pusat kajian disabilitas yang membantu para penyandang disabilitas lebih jauh.

Berikut merupakan sejumlah universitas di Amerika Serikat yang telah menaruh perhatian khusus pada para penyandang disabilitas.

University of Arizona

Universitas Ramah Disabilitas
Para siswa penyandang disabilitas di University of Arizona. Sumber: drc.arizona.edu

Satu pusat fitness khusus disediakan oleh University of Arizona untuk siswa penyandang disabilitas. Berbagai peralatan di pusat fitness tersebut telah dimodifikasi sehingga mudah digunakan oleh para pengguna kursi roda.

Kemudian, ada juga Disability Resouce Center (DRC) yang membantu para siswa untuk mendapatkan tempat tinggal dan lainnya.

University of Illinois at Urbana-Champaign

Universitas Ramah Disabilitas
Sumber: special-education-degree.net

Sebagai rumah dari para alumni yang memenangkan medali emas dalam ajang paralympic, University of Illinois memberikan bantuan bagi siswa penyandang disabilitas melalui Disability Resources and Educational Services (DRES).

Sejumlah teknologi yang dapat memudahkan aktivitas para penyandang disabilitas juga telah disedikan di seluruh kampus. Rute-rute yang aksesibel juga telah diperhitungkan supaya para pemakai kursi roda menjadi lebih nyaman ketika berada di perpustakaan dan laboratorium.

University of California at Berkeley

Universitas Ramah Disabilitas
Sumber: financialaid.berkley.edu

UC Berkeley akan membantu para siswa berkebutuhan khusus untuk segal hal yang mereka butuhkan, mulai dari tempat tinggal hingga rute perjalanan.

Kemudian, UC Berkeley juga berupaya menyediakan mentor, konselor, tutor, dan juga bantuan finansial bagi para siswa untuk membantu mereka menyesuaikan kehidupan kuliah mereka. Hal ini akan mendorong para siswa sukses secara akademis maupun sosial.

Memungkinkan pendidikan bagi siapa saja merupakan hal yang sangat penting dewasa ini. Bagaimanapun, pendidikan haruslah aksesibel bagi siapa saja. Tentu saja hal inilah yang membuat universitas-universitas di Amerika Serikat berupaya menciptakan suasana kampus yang ramah disabilitas.

Kamu juga bisa membaca universitas-universitas favorit di Jepang yang dihususkan bagi perempuan.

For Your Information

Apakah kuliah di luar negeri ramah untuk para penyandang disabilitas?

Dewasa ini, para penyandang disabilitas telah dihargai sedemikian rupa. Sejumlah universitas di luar negeri telah menyediakan fasilitas yang ramah bagi para penyandang disabilitas.

Apakah penyandang disabilitas bisa kuliah di luar negeri?

Tentu bisa. Batasan fisik tidak akan menghalangi seseornag untuk meraih pendidikan setinggi-tingginya.

Universitas mana saja yang ramah terhadap disabilitas?

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut, cobalah baca artikel berikut ini untuk mengetahui beberapa di antaranya.

Ingin mengetahui cerita lain di San Francisco?