fbpx

Apakah Perlu Mengambil Tes SAT Pada Tahun 2020?

Tes Scholastic Aptitude Test (SAT) merupakan salah satu ujian terstandar yang biasanya disyaratkan untuk masuk universitas, khususnya universitas di Amerika Serikat. Untuk tahun ini, akibat dari COVID-19, pelaksanaan Tes SAT pun dibatalkan. Yang menjadi pertanyaan, apakah perlu untuk mengambil tes SAT pada tahun 2020?

Banyak universitas tangguhkan persyaratan SAT

Sumber: chicagobusiness.com

Dengan situasi yang tidak menentu seperti sekarang, banyak universitas di Amerika Serikat yang menangguhkan persyaratan hasil tes SAT untuk pendaftaran 2020.

Dalam pernyataan resmi, University of Illinois menyebutkan, “Dengan pandemi virus Corona membuat sulitnya mengambil tes terstandar, University of Illinois bermaksud membatalkan persyaratan skor ACT atau SAT untuk semester musim gugur 2021.”

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pelaksanaan tes SAT di berbagai tempat di dunia telah dibatalkan. Memang, The College Board sebagai pelaksana dari tes SAT telah mengumumkan adanya mekanisme pengambilan tes secara daring. Akan tetapi kemudian mekanisme tersebut dihapus karena kendala teknologi.

Selain itu, pengambilan tes secara daring dipandang kurang menguntungkan bagi para pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Langkah University of Illinois diikuti oleh universitas lainnya

Harvard University. Sumber: 2U.com

Langkah dari University of Illinois yang membatalkan persyaratan skor tes SAT tersebut pada akhirnya juga diikuti oleh universitas lainnya. Bahkan oleh sebagian besar intitusi Ivy League.

Dilansir dari situs resmi Harvard, pihak universitas menyatakan bahwa, “Kami memahami bahwa pandemi COVID-19 telah menciptakan tantangan yang tidak dapat diatasi dalam hal penjadwalan tes untuk semua siswa, terutama bagi siswa yang berasal dari latar belakang kurang mampu. Kami percaya perubahan sementara ini dapat mengatasi tantangan yang ada.”

Pada akhirnya, pandemi COVID-19 membuat sejumlah universitas menangguhkan persyaratan skor tes SAT atau ACT untuk pendaftaran 2020/2021. Akan tetapi, ada juga beberapa universitas yang berencana untuk menghapuskan persyaratan ini untuk beberapa tahun ke depan.

Apa artinya untuk pelajar internasional?

Sumber: howardacademy.com

Bagi kamu yang berencana untuk melanjutkan studi di Amerika Serikat atau negara lainnya, mengumpulkan skor tes SAT untuk tahun ini tidak menjadi kewajiban. Hal ini tentu tergantung dari kebijakan yang berlaku di setiap universitas. Dengan demikian, kamu tidak harus mengambil tes SAT pada tahun 2020 ini.

Meskipun demikian, kamu tetap harus melengkapi dokumen pendukung lainnya saat mendaftar untuk membuktikan pencapaian akademismu. Sebagai contoh, ijazah dan juga transkrip nilai sekolah menengahmu.

Bagi kamu yang sudah mengambil tes SAT sebelum pandemi, kamu tetap bisa melampirkan hasil skor tes tersebut sebagai salah satu pertimbangan aplikasi pendaftaranmu.

Yang paling penting, kamu harus memerhatikan persyaratan pendaftaran lainnya supaya upayamu tidak sia-sia. Persiapkan baik-baik surat rekomendasi, surat motivasi, maupun skor TOEFL-mu untuk memperbesar peluang kamu untuk diterima. Terus semangat, Kawan Rantau!

Baca juga tips jitu untuk lulus tes TOEFL dengan skor yang memuaskan.

For Your Information

Apa itu tes SAT?

Tes Scholastic Aptitude Test (SAT) merupakan salah satu ujian terstandar yang biasanya disyaratkan untuk masuk universitas, khususnya universitas di Amerika Serikat.

Bagaimana COVID-19 memengaruhi tes SAT?

Untuk tahun ini, akibat dari COVID-19, pelaksanaan Tes SAT di berbagai tempat pun dibatalkan.

Apakah saya harus mengambil tes SAT pada tahun 2020?

Baca pembahasan kami selengkapnya melalui artikel berikut ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Chicago?