fbpx

Apakah Perlu Membayar Biaya Perkuliahan Penuh untuk Kelas Daring?

Akibat pandemi COVID-19, perkuliahan di berbagai belahan dunia diselenggarakan secara daring. Akan tetapi, apakah mahasiswa perlu membayar biaya perkuliahan penuh untuk menjalani kelas daring?

Hal inilah yang sekarang menjadi pertanyaan bagi bayak pelajar. Apalagi banyak halangan yang dihadapi oleh para siswa. Khususnya bagi mereka yang tidak mampu mengakses pendidikan secara keseluruhan melalui kelas daring.

Tidak semua jurusan bisa memakai metode kelas daring

Sumber: news.virginia.edu

Bagi jurusan ilmu sosial dan humaniora, pelaksanaan kelas daring tentu tidak akan terlalu berdampak. Meski pelaksanaan penelitian secara langsung tidak dapat dilakukan.

Yang menjadi permasalahan adalah banyak mahasiswa jurusan STEM yang tidak bisa menjalankan kuliah sepenuhnya dengan metode kelas daring. Bagaimanapun, banyak penelitian laboratorium yang seharusnya mereka lakukan. Sayangnya, hal tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan di tengah kebijakan lockdown seperti ini.

Pada akhirnya, para mahasiswa memiliki kekhawatiran bahwa masa perkuliahan mereka akan tertunda. Kalaupun tetap bisa dilaksanakan, mereka tidak yakin akan kualitas pengajaran yang mereka dapatkan.

Apakah perlu membayar biaya kuliah penuh untuk kelas daring?

Michelle Donelan. Sumber: telegraph.co.uk

Dengan demikian, banyak pertanyaan mengenai perlunya membayar biaya perkuliahan secara penuh atau tidak di masa pandemi. “Kami mengharapkan biaya perkuliahan penuh dikenakan apabila kualitas dari perkuliahan sangat baik, sesuai dengan tujuan pengajaran, dan membantu mahasiswa mendapatkan kualifikasi yang seharusnya,” ujar Michelle Donelan, selaku Minister of State for Universities at the Department of Education, Inggris.

“Apabila pihak universitas ingin mengenakan biaya penuh, maka mereka harus memastikan bahwa kualitas pendidikan yang baik betul-betul ada. Para mahasiswa merasa khawatir mereka tidak bisa mendapatkan kualitas pengajaran yang baik sebaiknya membicarakan hal ini kepada pihak universitas.”

Akan tetapi, menurut National Union of Student, ada sekitar 40% course di perguruan tinggi di Inggris tidak cocok dilakukan secara daring.

Mempengaruhi keputusan calon mahasiswa

Sumber: exeter.ac.uk

Pertimbangan soal biaya perkuliahan penuh untuk kelas daring ini pada akhirnya dapat memengaruhi keputusan calom mahasiswa, khususnya mahasiswa internasional. Bagaimanapun, uang merupakan hal yang sangat sensitif bagi mereka. Permintaan informasi mengenai beasiswa dan bantuan finansial lainnya sangat dibutuhkan oleh para calon mahasiswa.

Kemudian, para calon mahasiswa ini akan menimbang apakah nilai uang yang mereka keluarkan akan sesuai dengan keuntungan dari pengalaman pembelajaran daring yang mereka dapatkan.

Hal inilah yang membuat universitas-universitas di berbagai negara kemungkinan bisa mengalami kerugian. Ketidakpastian mengenai pandemi COVID-19 pada akhirnya akan terus hadir dan membuat semua pihak harus terus waspada.

Baca juga penurunan jumlah mahasiswa internasional akibat COVID-19.

For Your Information

Apakah siswa perlu membayar biaya perkuliahan secara penuh di tengah pandemi?

Banyak yang merasa pelaksanaan kuliah daring tidaklah maksimal sehingga banyak pula yang mempertanyakan apakah perlu untuk membayar perkuliahan secaraa penuh.

Bagaimana pihak universitas mengambil keputusan?

Baca artikel ini untuk tahu jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di London?