fbpx

Apakah Memungkinkan Melanjutkan Kuliah di Asia Pada Tahun 2020?

Berdasarkan pemeringkatan Times Higher Education (THE) Asia University Rankings 2020, sepuluh universitas terbaik di Asia dapat ditemukan di lima negara. Kelima negara tersebut adalah China, Singapura, Hong Kong, Jepang dan Korea Selatan. Pada dasarnya melanjutkan kuliah di Asia jadi impian banyak pelajar, mulai dari pelajar Asia sendiri maupun dari luar.

Akan tetapi, salah satu pertanyaan yang muncul adalah, apakah memungkinkan untuk melanjutkan kuliah di Asia pada tahun 2020 ini? Bagaimanapun, dampak dari pandemi COVID-19 masih sungguh terasa.

Berikut akan kami bahas perkembangan terakhir dari kelima negara tempat 10 universitas terbaik di Asia berada.

China

Sumber: pexels.com

Kali ini, Tsinghua University menduduki posisi pertama dalam pemeringkatan THE tersebut. Posisi Tsinghua tersebut kemudian diikuti oleh Peking University di peringkat kedua. Sedangkan, University of Science and Technology in China menempati peringkat kesepuluh.

Saat ini, China secara perlahan mulai membuka kembali universitas-universitas yang ada di Hubei. Sejak 8 Juni, sejumlah universitas di Beijing dan Hubei telah menyambut kembali mahasiswa tahun terakhir ke kampus.

Akan tetapi, mekanisme pencegahan masih diberlakukan. Kemudian, untuk pembatasan penerbangan juga masih berlaku. Jadi, hingga sekarang pelajar internasional kemungkinan masih belum bisa kembali atau datang ke China.

Singapura

Sumber: pexels.com

National University of Singapore (NUS) berhasil menduduki posisi ketiga, sedangkan Nanyang Technological University (NTU) berada di posisi keenam.

Dalam hal COVID-19, Singapura termasuk salah satu negara terdampak paling parah. Akan tetapi, untuk sekarang ini kebijakan yang diterapkan telah dilonggarkan. Mulai awal bulan Juni, banyak pelajar yang sudah diperbolehkan untuk kembali ke sekolah.

Untuk universitas, kebanyakan dari mereka masih menjalani masa liburan. Jadi, kampus seperti NUS dan NTU baru akan mulai buka pada Agustus atau September. Meskipun demikian, diperkirakan bahwa pelaksanaan perkuliahan masih akan dilaksanakan secara daring.

Hong Kong

Sumber: pexels.com

Hong Kong menjadi negara dengan jumlah universitas terbanyak yang masuk dalam pemeringkatan THE. Ada tiga universitas yang masuk ke dalam 10 besar, yakni University of Hongkong (keempat), Hong Kong University of Science and Technologi (kelima), dan Chinese University of Hong Kong (kedelapan).

Pada dasarnya, universitas-universitas di Hong Kong baru saja bangkit dari aksi protes ketika COVID-19 melanda. Dengan demikian, sejumlah kebijakan pembatasan penerbangan masih diberlakukan.

Jepang

Sumber: pexels.com

University of Tokyo sebagai universitas terbaik di Jepang berhasil menduduki posisi ketujuh.

Saat ini, Jepang sudah mulai membuka perbatasan kembali. Keadaan gawat darurat pun sudah diangkat sejak pertangahan bulan Mei. Untuk musim panad mendatang, kemungkinan para pebisnis dan peneliti sudah diperbolehkan untuk masuk ke Jepang. Para pelajar internasional bisa jadi juga akan diperbolehkan.

Korea Selatan

Sumber: pexels.com

Korea Selatan sempat mengalami keadaan yang cukup unik. Sebelumnya, pada bulan Mei, pelaksanaan kelas tatap muka sudah mulai dilakukan. Akan tetapi, jumlah kasus di Korea Selatan meningkat kembali. Pada akhirnya, kebijakan lockdown pun kembali dilakukan.

Pembatasan perjalanan masih terus diterapkan di Korea Selatan. Untuk pelaksanaan perkuliahan, kemungkinan akan dilakukan secara hybrid. Jadi, bersiap-siaplah untuk melakukan pembelajaran jarak jauh untuk tahun ajaran kali ini.

Dengan demikian, untuk tahun ajaran 2020, kebanyakan pelaksanaan perkuliahan di universitas di Kawasan Asia masih belum menemui kepastian. Kemungkinan untuk melaksanakan pembelajaran secara daring masih menjadi opsi utama.

Baca juga perdebatan pemberian bantuan bagi pelajar internasional di Jepang.

For Your Information

Di mana universitas terbaik di Asia berada?

Merujuk THE Asian Rankings 2020, sepuluh universitas terbaik di Asia dapat ditemukan di lima negara. Kelima negara tersebut adalah China, Singapura, Hong Kong, Jepang dan Korea Selatan.

Apakah memungkinkan untuk melanjutkan kuliah di Asia tahun 2020?

Baca pembahasan kami selengkapnya di artikel ini

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?