fbpx

Apakah Biaya Kuliah di Hong Kong Lebih Terjangkau?

Akibat pandemi COVID-19, banyak pelajar internasional yang mempertimbangkan kembali pilihan negara tujuan mereka. Apakah memungkinkan untuk melanjutkan kuliah di Asia pada tahun 2020? Meskipun masih banyak ketidakpastian yang ada, para pelajar internasional sekarang ini telah mulai melihat negara-negara di Asia sebagai pilihan mereka. Selain China dan Jepang, Hong Kong juga menjadi negara favorit para pelajar. Pertanyaannya, seberapa terjangkau biaya untuk kuliah di Hong Kong?

Penasaran? Berikut ulasan lengkap kami mengenai biaya kuliah di Hong Kong yang harus kamu tahu.

Keistimewaan Hong Kong

Sumber: cruztrav.com

Tidak mengherankan apabila para pelajar internasional mulai mempertimbangkan Hong Kong sebagai negara tujuan mereka. Pada dasarnya, negara satu ini menawarkan berbagai hal yang menguntungkan bagi pelajar internasional.

Seperti yang telah diketahui, biaya perkuliahan di Kawasan Asia memang cenderung lebih terjangkau dibandingkan di Amerika dan Eropa. Keterjangkauan biaya tersebut tidak membuat peringkat universitas-universitas di Asia, termasuk Hong Kong, berbeda jauh dari universitas terbaik dunia lainnya.

Faktanya, universitas-universitas di Hong Kong sama mendominasinya dengan universitas China untuk universitas terbaik di Asia.

Kemudian, institusi-institusi yang ada di Hong Kong terus meningkatkan kemitraan dan hubungan mereka dengan industri. Bagaimanapun, Hong Kong merupakan salah satu pusat keuangan internasional yang sangat penting. 

Dengan demikian, Hong Kong menjadi negara yang tepat bagi kamu untuk memahami pertemuan budaya barat dan timur secara langsung.

Biaya perkuliahan

Sumber: twitter.com

Kualitas pendidikan di Hong Kong telah diakui secara internasional. Kabar baiknya, biaya perkuliahan di negara ini, seperti yang telah disinggung sebelumnya, lebih terjangkau dibandingkan di Amerika dan Eropa.

Sebagai contoh, pelajar internasional di Amerika Serikat rata-rata harus membayar biaya perkuliahan sebesar US$26.690 (Rp394.059.167,-) untuk biaya kuliah S1 pada tahun 2018/19. Hal ini berdasarkan dari data yang dihimpun oleh National Center of Education Statistics. Yang perlu kalian sadari, besaran tersebut cenderung naik tiap tahunnya.

Lalu, apabila dibandingkan, biaya perkuliahan di Chinese University of Hong Kong (CUHK) untuk pelajar internasional rata-rata mencapai HK$145.000 (Rp276.228.144,-) per tahunnya. Sedangkan, biaya perkuliahan di University of Hong Kong rata-rata mencapai HK$171.000 (Rp325.758.707,-).

Kedua universitas tersebut termasuk ke dalam daftar 10 besar THE Asian University Rankings 2020. Jadi, memilih Hong Kong sebagai negara tujuanmu merupakan keputusan yang tepat, Kawan Rantau.

Biaya Hidup

Sumber: uc.cuhk.edu.hk

Tidak dapat dipungkiri bahwa biaya hidup di Hong Kong memang lumayan tinggi. Apalagi untuk biaya sewa tempat tinggal. Akan tetapi, banyak sekali cara untuk tetap hidup hemat di Hong Kong. Study in Hong Kong menyebutkan bahwa pelajar di Hong Kong bisa mendapatkan potongan harga untuk sejumlah layanan esensial di Hong Kong, termasuk transportasi dan berbagai pertunjukan seni dan budaya.

Diperkirakan, biaya akomodasi di Hong Kong mencapai HK$5.000 (Rp9.525.108,-) hingga HK$15.000 (Rp28.575.325,-) per semester. Lalu, biaya hidup lainnya yang mencakup makan, transportasi, dan biaya lainnya, setidaknya mencapai HK$30.000-50.000 (Rp57.150.650,- hingga Rp95.251.084,-) per tahun.

Sebagai perbandingan, biaya akomodasi di Amerika Serikat mencapai US$5.304 hingga US$8.161 (Rp78.309.847,- hingga Rp120.491.452,-). Tentu biaya hidup di Hong Kong jauh lebih murah dibandingkan di Amerika. 

Yang juga harus kamu garis bawahi, biaya yang disebutkan di atas merupakan biaya perkiraan. Apabila kamu memiliki gaya hidup hemat dan berhasil memilih akomodasi yang tepat, maka kamu bisa menekan biaya yang harus kamu keluarkan saat berkuliah di Hong Kong.

Baca juga pilihan kuliner di Hong Kong yang sesuai untuk kantong pelajar.

For Your Information

Apa keistimewaan dari Hong Kong?

Kamu bisa mendapatkan pendidikan bertaraf internasional dengan biaya yang lebih terjangkau.

Seberapa terjangkau biaya kuliah di Hong Kong?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Hong Kong?