fbpx

Apa yang Membedakan University of Oxford dan Cambridge?

Oxbridge merupakan julukan bagi dua universitas tertua dan terkenal di Inggris, yakni University of Oxford dan University of Cambridge. Kedua universitas ini dikenal sebagai penghasil banyak sekali ilmuwan, penulis, maupun politisi. Banyak yang mengatakan bahwa kedua institusi ini memiliki kesamaan.

Akan tetapi, apa yang sebetulnya membedakan University of Oxford dan Cambridge? Berikut pembahasan kami selengkapnya.

Oxford lebih besar dibandingkan dengan Cambridge

Oxford. Sumber unsplash.com

Oxford dan Cambridge sama-sama merupakan kota kecil yang bisa kamu jangkau dengan bersepeda. Akan tetapi, secara luas wilayah, Oxford lebih besar dibandingkan dengan Cambridge. Oxford memiliki populasi kurang-lebih 150.000 orang, sedangkan populasi di Cambridge mencapai 124.000.

Cambridge. Sumber: unsplash.com

Salah satu hal yang cukup membedakan di antara kedua kota ini adalah, pada saat malam hari, Cambridge jauh lebih sepi dibandingkan dengan Oxford. Tidak banyak siswa yang keluar pada malam hari. Bagaimanapun, siswa menjadi populasi utama di Cambridge.

Perbedaan jurusan yang ditawarkan

Sumber: hospitalvet.cam.ac.uk

Kedua universitas ini memang tidak menawarkan jurusan yang betul-betul berbeda. Akan tetapi, ada sejumlah jurusan yang ditawarkan di Oxford, tapi tidak di Cambridge. Begitu pula sebaliknya. Sebagai contoh, kamu bisa menemukan jurusan arsitektur di Cambridge, tapi tidak di Oxford. Kemudian, kamu bisa menemukan jurusan seni rupa di Oxford, tapi tidak di Cambridge.

Jurusan ilmu alam di Cambridge sangatlah beragam dan kamu bisa memilih spesialisasi nantinya. Sedangkan, di Oxford, kamu harus memilih spesialisasimu di awal perkuliahan. Apabila kamu ingin mendalami jurusan kedokteran hewan, maka silakan pilih Cambridge karena Oxford tidak menawarkan jurusan tersebut.

Meskipun kedua universitas menawarkan jurusan yang sama, bukan berarti metode pengajaran yang diterapkan sama. Di Oxford, pembahasan mengenai sastra abad pertengahan masih cukup umum. Sedangkan, di Cambridge, akan ada pembagian lebih jauh mengenai materi tersebut.

Jadi, lebih baik kamu mencari tahu lebih jauh informasi dari masing-masing jurusan di kedua universitas ini.

Oxford sedikit lebih tradisional

Sub fusc Oxford. Sumber: pinterest.com

Setiap universitas di Inggris cenderung memiliki tradisi yang tidak biasa, tak terkecuali di University of Oxford dan Cambridge. Kedua universitas memilik banyak sekali upacara, menggunakan jubah saat makan, hingga kompetisi olahraga. Akan tetapi, apabila dibandingkan, University of Oxford bisa dibilang sedikit lebih tradisional dibandingkan dengan Cambridge.

Salah satu tradisi di Oxford yang tidak ada di Cambridge adalah penggunaan sub fusc, semacam seragam yang terdiri dari setelan warna hitam, atasan putih, dan juga jubah berwarna hitam. Kemudian, siswa juga harus menggunakan dasi ataupun pita.

Memang di kedua universitas, para siswa diwajibkan memakai sub fusc pada saat acara tertentu. Akan tetapi, ketika kamu berkuliah di Oxford, kamu juga akan diminta untuk menggunakan pakaian ini pada saat ujian. Jadi, jelas bahwa kamu akan melihat lebih banyak orang menggunakan sub fusc di Oxford dibandingkan di Cambridge.

Perbedaan lainnya dari kedua universitas ini yang cukup signifikan adalah, kebanyakan jurusan ilmu sosial menjadi andalan dari University of Oxford. Sebagai contoh adalah jurusan Politics, Philosophy, and Economics (PPE). Sedangkan, Cambridge lebih kuat di bidang ilmu alam. Jurusan ilmu alam di Cambridge dianggap unik karena menggunakan mekanisme pengajaran A-Level.

Jadi, pada dasarnya kamu bisa memilih di antara kedua universitas ini tergantung dari kebutuhan kamu. Tentu akan jauh lebih baik apabila kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu terhadap jurusan yang kami impikan. Bandingkan detail jurusan tersebut dari kedua universitas ini.

For Your Information

Apa universitas terbaik di Inggris?

Oxbridge, alias University of Oxford dan Cambridge merupakan dua universitas tertua dan terbaik di Inggris.

Manakah yang paling baik di antara University of Oxford dan Cambridge?

Hal ini tergantung dari kualitas apa yang kamu cari dari kedua universitas.

Apa yang membedakan University of Oxford dan Cambridge?

Baca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Cambridge?