fbpx

Apa yang Membedakan Tsinghua dan Peking University?

Times Higher Education (THE) Asia University Rankings 2020 baru saja dirilis. Dua universitas top di China, yakni Tsinghua dan Peking University menduduki dua posisi teratas. Sama-sama terletak di Beijing, tampaknya kedua universitas terus berkembang dan menjadi institusi pendidikan tinggi terbaik di kawasan.

Akan tetapi, apa sebetulnya yang membedakan antara Tsinghua dan Peking University? Bukankah dua-duanya memiliki ciri khas yang hampir sama? Kali ini, kami akan membahas perbedaan dari kedua universitas tersebut lebih dalam.

Perbedaan budaya

Perbedaan Tsinghua dan Peking University
Sumber: lib.pku.edu.cn

Pada dasarnya, baik Tsinghua maupun Peking University berupaya untuk mengombinasikan budaya China dengan barat. Hal ini ditunjukkan oleh arsitektur dan metode pengajaran dari kedua universitas. Akan tetapi, secara budaya pengajaran, akan terlihat perbedaan dari kedua universitas ini.

Program bahasa Mandarin menjadi salah satu program yang paling populer di Tsinghua dan Peking. Untuk program ini, Tsinghua menawarkan program yang bisa menampung sekitar 400 siswa. Sedangkan, Peking University menawarkan kuota yang lebih sedikit, yakni untuk 100 siswa.

Kemudian, meskipun kedua universitas sama-sama menawarkan program yang komprehensif, keduanya memiliki budaya yang berbeda. Hal ini dapat dilihat dari latar belakang mereka. Peking University lebih berfokus pada bidang liberal arts. Sedangkan, Tsinghua lebih berfokus pada bidang teknik dan teknologi. Pada akhirnya, banyak yang membandingkan keduanya dengan Harvard dan MIT.

Program-program terbaik di Tsinghua University

Perbedaan Tsinghua dan Peking University
Sumber: unsplash.com

Tsinghua University telah berdiri sejak tahun 1911 dengan nama Tsinghua Xuetang. Sejak saat itu, Tsinghua terus berkembang dan menjadi institusi pendidikan paling prestisius di China daratan. Pencapaian terbaik Tsinghua dapat dilihat dalam THE Asian University Rankings 2020. Selama dua tahun berturut-turut, Tsinghua berhasil mempertahankan posisinya di peringkat pertama.

Sejumlah program terbaik di Tsinghua yang bisa kamu pertimbangkan adalah sebagai berikut.

  1. Arsitektur
  2. Teknik kimia
  3. Teknik sipil
  4. Ilmu lingkungan
  5. Ilmu komputer

Program-program terbaik di Peking University

Sumber: maldiinfo.eu

Peking Universiy dapat dikatakan memiliki program yang baik di seluruh bidang–kecuali bidang teknik dan teknologi. Universitas terbaik kedua di China ini telah menjadi pioner bagi inovasi dan pembangunan di China.

Sejumlah program terbaik di Peking University yang bisa kamu pertimbangkan adalah sebagai berikut:

  1. Modern languages
  2. Geografi
  3. Akuntansi dan keuangan
  4. Hukum
  5. Sosiologi

Melihat dari program-program yang ditawarkan, pada dasarnya kedudukan dari Tsinghua dan Peking University kurang lebih sama dengan Harvard dan Stanford. Di satu sisi, Tsinghua sangat kuat di bidang teknik dan hal berbau praktik. Sedangkan, Peking lebih memimpin di bidang ilmu sosial.

Jadi, universitas manakah yang ingin kamu pilih untuk melanjutkan kuliah di China? Jangan lupa untuk membaca daftar 10 universitas terbaik di China yang bisa kamu pertimbangkan.

For Your Information

Apa universitas terbaik di China?

Times Higher Education (THE) Asia University Rankings 2020 baru saja dirilis. Dua universitas top di China, yakni Tsinghua dan Peking University menduduki dua posisi teratas.

Manakah yang paling baik di antara Tsinghua dan Peking University?

Hal ini tergantung dari progra apa yang kamu pilih untuk melanjutkan kuliah karena kedua universitas memiliki budaya pengajaran yang berbeda.

Apa yang membedakan Tsinghua dan Peking University?

Baca artikel ini untuk tahu perbedaannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?