Apa yang dimaksud dengan Program Dual Degree?

Pada dasarnya, ketika kamu melihat berbagai program perkuliahan di luar negeri, akan ada banyak program yang kamu temui. Salah satunya adalah program dual degree. Mungkin kamu akan bertanya-tanya, apa sih sebetulnya maksud dari program yang satu ini?

Beruntunglah kamu yang mengunjungi laman ini karena kami akan membahas lebih jauh tentang program dual degree di sini.

Apa itu program dual degree?

Mahasiswa-mahasiswi Sciences Po. Sumber: anewfuture.co.uk

Program dual degree atau juga bisa disebut sebagai program double degree merupakan program khusus yang membuat seorang mahasiswa bisa mendapatkan dua gelar secara paralel. Gelar tersebut dapat memiliki fokus yang sama sekali berbeda. Bahkan, bisa juga didapatkan dari dua institusi yang berbeda.

Sebagai conoh, kamu mempelajari ilmu politik dan administrasi bisnis dalam skema program dual degree, maka nantinya kamu akan lulus dengan kedua gelar tersebut. Bachelor of Arts (BA) in Political Science dan Bachelor of Business Administration (BBA).

Untuk program dual degree tentunya akan membutuhkan lebih banyak kredit daripada jenjang perkuliahan biasa. Hal ini didasarkan oleh aturan masing-masing universitas. Kemudian, waktu perkuliahanmu akan menjadi lebih lama dibandingkan dengan program single degree.

Program Dual Degree Science Po dan London School of Economics (LSE) sebagai contoh

Mahasisiw LSE. Sumber: info.lse.ac.uk

Sciences Po dan LSE menyediakan salah satu program dual degree yang menarik. Maka daritu, terdapat dua jenis program yang ditawarkan oleh kedua universitas ini, yakni:

  1. Double Degree in International Affairs. Apabila kamu memilih program ini, nantinya kamu bisa mendapatkan gelar master dari Paris School of International Affairs, Sciences Po dan MSc in International Relations atau MSc in International Political Economy dari Departemen Hubungan Internasional, LSE.
  2. Double Degree in the Political Economy of Development. Program ini merupakan program baru yang ditawarkan, yakni baru ada untuk tahun 2020 ini. Dengan memilih program ini, maka kamu bisa mendapatkan gelar master dari Paris School od International Affairs, Sciences Po dan MSc in Development Management dari Departemen Pembangunan Internasional, LSE.

Kedua program tersebut akan memberikan mahasiswa pengalaman yang tak ada duanya. Biasanya, Sciences Po akan menjadi tempat para mahasiswa mendapatkan pengalaman serta insight secara praktis, sedangkan di LSE, tradisi keilmuan lebih ditekankan.

Bagaimana stuktur perkuliahan yang dijalani oleh mahasiswa program dual degree?

Dalam contoh kali ini, struktur perkuliahan yang harus dijalani oleh para mahasiswa adalah masa perkuliahan selama dua tahun, yakni satu tahun di Paris School of International Affairs, Sciences Po, dan satu tahun lagi di LSE, baik di Departemen Hubungan Internasional atau Pembangunan Internasional.

Mahasiswa yang mendaftar program ini akan terdaftar di kedua institusi selama masa program. Jadi, mereka akan mendapatkan keuntungan dari kedua universitas. Wah, menarik, bukan?

Bagaimana dengan biaya perkuliahan?

Untuk biaya perkuliahan, mahasiswa memang diharuskan untuk membayar tuition fee di kedua universitas. Akan tetapi, tenang saja, Anak Rantau, akan ada skema beasiswa yang tersedia. Ada bantuan finansial yang ditawarkan oleh salah satu universitas, hingga kedunya. Jadi, masih banyak kesempatan menarik yang bisa kamu dapatkan dengan menjalani program ini.

Kabar baiknya, kamu tidak perlu mengerjakan tugas akhir atau tesis di kedua universitas, hanya di satu universitas saja. Akan tetapi ini akan sangat bergantung pada kebijakan dari masing-masing program

Baca juga tentang beasiswa Emile-Boutmy yang diberikan langsung oleh Sciences Po, Perancis. Mungkin saja beasiswa ini bisa menjawab kegalauanmu membayar biaya kuliahmu di negeri penuh cinta itu.

Apa itu program dual degree?

Program dual degree adalah program perkuliahan untuk mendapatkan dua gelar dalam waktu yang bersamaan atau paralel.

Apakah saya bisa mendapatkan dua gelar berbeda di program dual degree?

Tentu bisa. Pada dasarnya, itulah yang menjadi tujuan utama dari program dual degree.

Program dual degree apa yang bisa saya coba?

Tentu banyak sekali. Salah satu contohnya bisa kamu baca di artikel ini.