fbpx

Apa yang Dimaksud Dengan Jurusan Sejarah Klasik dan Kuno?

Halo, Kawan Rantau! Apakah kamu tertarik untuk melanjutkan studi di jurusan ilmu sejarah? Kalau iya, kamu harus tahu bahwa jurusan ilmu sejarah memiliki dua cabang, yakni ilmu sejarah modern dan sejarah klasik dan kuno. Nah, bagi kamu yang penasaran, berikut kami akan membahas lebih lanjut mengenai jurusan sejarah klasik dan kuno. Apa sih perbedaannya dari ilmu sejarah? Mari simak pembahasannya berikut ini.

Apa itu sejarah klasik dan kuno?

Sumber: pinterest.com

Dengan memilih jurusan satu ini, maka kamu akan diajak untuk memahami kajian-kajian masa lalu mengenai bahasa, sejarah, budaya, dan sastra dari dua peradaban besar dunia, yakni Yunani dan Romawi.

Periode yang biasa dipelajari biasanya dimulai dari kedatangan penutur bahasa Yunani di tanah utama Yunani, hingga akhir dari Kerajaan Romawi pada abad ke-5 Masehi.

Apa yang akan kamu pelajari nantinya akan tergantung dari jurusan dan universitas yang kamu pilih. Akan tetapi, biasanya sejumlah mata kuliah yang akan selalu ada adalah kajian peradaban Yunani dan Romawi Kuno, bahasa latin, hingga arkeologi.

Selama perkuliahan, bisa saja kamu mempelajari drama Euripides, puisi dari Homer dan Virgil, sejarah Kerajaan Athena dan Persia, maupun seni dan arkeologi dari Kerajaan Romawi.

Yang perlu digarisbawahi, banyak universitas yang mengajarkan lebih dari peradaban Yunani dan Romawi. Bisa saja kamu mempelajari peradaban-peradaban kuno di India, Amerika, maupun Mesir.

Dengan mempelajari sejarah kuno dan klasik, diharapkan kamu dapat memahami sejumlah praktik serta nilai-nilai yang berlaku sekarang ini berasal dari peradaban kuno di dunia.

Apa yang bisa saya lakukan setelah lulus?

Banyak lulusan dari jurusan ini yang memutuskan untuk menjadi guru, kurator museum, pustakawan, maupun arsiparis.

Kemudian, banyak juga lulusan jurusan ini yang mencari karir di bidang legal, komunikasi, layanan publik, jurnalistik, penerbitan, maupun di non-governmental organization.

Apa kualifikasi yang harus saya penuhi?

University of Oxford. Sumber: roadtripdreamer.com

Biasanya, tidak ada persyaratan khusus untuk bisa mendaftar jurusan ini. Akan tetapi, sejumlah universitas mensyaratkan supaya pendaftar memiliki kemampuan berbahasa Latin atau Yunani.

Lalu, akan sangat berguna apabila kamu telah mempelajari sejarah sebelumnya dan terbiasa membuat esai mengenai sejarah klasik ataupun modern languages

Tentunya, persyaratan lainnya berbeda-beda, tergantung dari universitas yang kamu daftar.

Jurusan-jurusan sejarah klasik dan kuno terbaik 

Apabila kamu siap untuk memilih jurusan ini, maka kamu bisa memilih universitas-universitas berikut ini:

  1. University of Oxford, Inggris
  2. Sapienza University of Rome, Italia
  3. Ruprecht-Karls-Universit├Ąt Heidelberg, Jerman
  4. Leiden University, Belanda
  5. Harvard University, Amerika Serikat
  6. Sorbonne University, Perancis
  7. Aristotle University of Thessaloniki, Yunani
  8. University of Zurich, Swiss
  9. University of Vienna, Austria
  10. KU Leuven, Belgia

Apabila kamu ingin mendalami jurusan ini di Asia, maka kamu bisa memilih Waseda University (Jepang) atau Fudan University (China). Yang pasti, jurusan satu ini memang menjadi salah satu jurusan yang sangat unik, Kawan Rantau. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba mendalami jurusan sejarah klasik dan kuno?

Baca juga kisah Genichi Mitsuhashi yang mendapatkan gelar ilmu ninja pertama di dunia.

For Your Information

Apa itu sejarah kuno dan klasik?

Jurusan satu ini merupakan sejarah yang membahas peradaban masa lalu. Biasanya berfokus pada peradaban besar dunia seperti Yunani dan juga Romawi.

Apa saja yang dipelajari di jurusan ini?

Sangat beragam, Kawan Rantau. Baca informasi lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Boston?