fbpx

Apa Perbedaan dari Jurusan Ilmu Geologi dan Geografi?

Banyak orang yang kebingungan mengenai perbedaan dari ilmu geologi dan geografi. Sama-sama membahas tentang bumi, banyak yang mengira bahwa kedua jurusan ini merupakan jurusan yang sama. Padahal, Kawan Rantau, geologi bukanlah geografi, begitu juga sebaliknya. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat kesamaan dan hubungan di atara keduanya.

Apa itu geologi?

Sumber: unsplash.com

Geologi merupakan kajian mengenai sejarah dan komposisi bumi. Dengan demikian, dalam geologi kamu akan mempelajari proses yang terjadi di bumi, termasuk masa depan dari bumi. Akan tetapi, kamu tidak hanya akan mempelajari planet bumi saja, lho. Dalam geologi, kamu juga akan mempelajari satelit alam lainnya seperti bulan.

Kajian geologi terkadang bersinggungan dengan ilmu bumi seperti hidrologi dan ilmu atmosferik. Jadi, tak heran apabila geologi dianggap sebagai salah satu aspek penting dalam ilmu planet dan juga bumi.

Salah satu aspek penting dari geologi adalah, memahami struktur yang ada di bumi beserta segala hal yang berada di bawah permukaannya, termasuk proses apa saja yang terjadi.

Jurusan geologi terbaik di dunia

Sumber: spacewatch.global

Apabila kamu tertarik untuk mempelajari geografi lebih lanjut, maka kamu bisa memilih universitas terbaik berikut ini:

  1. ETH Zurich, Swiss
  2. University of Oxford, Inggris
  3. Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat
  4. Australian National University, Australia
  5. Utrecht University, Belanda
  6. University of Tokyo, Jepang
  7. University of Toronto, Kanada

Apa itu geografi?

Sumber: unsplash.com

Di sisi lain, geografi merupakan kajian mengenai sifat-sifat fisik yang ada di permukaan bumi, beserta dengan interaksi yang terjadi antara lingkungan dan manusia. Dalam geografi, kamu akan mempelajari budaya manusia dan hubungannya dengan lingkungan. Dengan demikian, kamu juga akan mempelajari bagaimana suatu lokasi atau tempat dapat memberikan dampak terhadap masyarakat.

Dalam geografi, terdapat dua cabang, yakni geografi manusia dan fisik. Kedua cabang ini tentu saling berhubungan meskipun fokus pembahasannya berbeda. Geografi manusia lebih banyak membahas pola-pola maupun hubungan yang terjadi antara manusia dan tempat yang mereka tinggali, hingga saling ketergantungan secara budaya maupun ekonomi dalam sistem dunia.

Sedangkan, dalam geografi fisik, kamu akan lebih banyak mempelajari kajian mengenai cuaca dan iklim, sumber daya alam, dampak lingkungan fisik terhadap tingkah laku manusia, dan juga bagaimana tingkah laku manusia mempengaruhi alam.

Jurusan geografi terbaik di dunia

Sumber: majalah1000guru.net

Nah, kalau kamu yang lebih tertarik untuk kuliah geografi, maka kamu bisa memilih salah satu dari universitas terbaik berikut ini:

  1. University of Oxford, Inggris
  2. University of California, Berkeley (UCB), Amerika Serikat
  3. University of British Columbia, Kanada
  4. National University of Singapore (NUS), Singapura
  5. University of Hong Kong, Hong Kong
  6. Peking University, China
  7. University of Sydney, Australia

Demikianlah sedikit perbedaan antara jurusan geologi dan geografi, Kawan Rantau. Kalau kamu, lebih tertarik untuk mengambil jurusan yang mana?

Baca juga perbedaan antara jurusan ilmu hubungan internasional dan politik berikut ini, Kawan Rantau.

For Your Information

Apakah geologi dan geografi merupakan jurusan yang sama?

Tidak, Kawan Rantau. Fokus dari kedua kajian tersebut berbeda.

Apa perbedaan di antara ilmu geologi dan geografi?

Temukan jawabannya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Oxford?