fbpx

Apa Itu Kampus Ivy League?

Banyak referensi film-film Hollywood dengan latar belakang kehidupan mahasiswa seperti Legally Blonde, menunjukkan sang protagonis belajar dengan tekun untuk bisa masuk ke Harvard Law School. Hal tersebut memang tidaklah mudah. Bagaimanapun, Harvard University merupakan bagian dari kampus Ivy Leagues. Memangnya, apa itu kampus Ivy League?

Tentang Ivy League

Kampus Ivy Leagues - Harvard University
Harvard University. Sumber: aamc.org

Ivy League merupakan sebutan bagi sejumlah universitas paling prestisius di Amerika Serikat. Semua universitas yang termasuk dalam kelompok ini memiliki sejarah yang menarik dan juga penting dalam pendidikan tinggi di Amerika Serikat.

Universitas-universitas yang termasuk dalam Ivy Leagues

Kampus Ivy Leagues - Yale University
Yale University. Sumber: theshopsatyale.com

Terdapat 8 universitas yang termasuk ke dalam Ivy Leagues. Kedelapan universitas ini awalnya merupakan universitas-universitas yang kompetitif di bidang atletik. Berikut kedelapan universitasnya:

  1. Harvard University, Massachusetts
  2. Yale University, Connecticut
  3. Princeton University, New Jersey
  4. Columbia University, New York
  5. Brown University, Rhode Island
  6. Dartmouth College, New Hampshire
  7. University of Pennsylvania, Pennsylvania
  8. Cornell University, New York

Awalnya memang hanya sekadar tentang tim atletik. Akan tetapi, kemudian popularitas dari kedelapan universitas ini terus meningkat. Hal ini mengakibatkan standar dari performa para mahasiswa serta pendaftaran dari universitas ini meningkat dengan pesat.

Kampus Ivy Leagues - Princeton University
Princeton University. Sumber: radio.com

Apa akibatnya? Akibatnya, sejak tahun 1960-an, Ivy League telah mendapatkan reputasi sebagai universitas terbaik dengan performa akademis tertinggi, prestise sosial, dan juga masa depan karir yang menjajikan.

Otomatis, seluruh universitas Ivy Leagues bersaing dengan universitas terbaik lainnya di Amerika Serikat seperti Stanford University dan MIT.

Mengapa Ivy League begitu istimewa?

Columbia University
Columbia University. Sumber: thebestschools.org

Ketika mencari informasi mengenai universitas terbaik di Amerika Serikat, tak heran apabila universitas-universitas Ivy Leagues menjadi pilihan. Bahkan, menjadi tujuan bagi sebagian besar orang. Hal ini tidak mengherankan karena memang universitas ini banyak menarik perhatian.

Tak dapat dipungkiri bahwa universitas-universitas di Ivy Leagues menggunakan banyak sekali sumber daya untuk menarik minat para pelajar yang pandai, pekerja keras, dan juga yang mencari karir yang menjanjikan.

Kampus Ivy Leagues - Brown University
Brown University. Sumber: brown.edu

Hal tersebut didorong oleh fakta bahwa banyak sekali bidang yang didominasi oleh Ivy League, mulai dari hukum, kesehatan, teknik elektro, hingga bisnis. Jadi, apabila kamu mendapatkan kesempatan untuk mengeyam pendidikan di salah satu universitas ini, maka pintu karir kamu akan terbuka lebar di masa depan.

Tak mudah ditembus

Dartmouth College
Dartmouth College. Sumber: thefire.org

Proses pendaftaran di universitas-universitas elit ini sangatlah kompetitif. Menjadi baik saja tidak cukup. Kamu harus jadi yang terbaik dari yang terbaik karena kamu harus mampu memenuhi standar yang begitu tinggi di sini. Alhasil, tingkat penerimaan di Ivy League pada tahun 2019 berada di bawah 20%.

Kemudian, pintar secara akademis pun tidak cukup. Memiliki rekomendasi, segudang pengalaman ekstrakurikuler, serta pencapaian non-akademik lainnya sangatlah berharga untuk bisa lolos seleksi masuk Ivy Leagues.

University of Pennsylvania
University of Pennsylvania. Sumber: collegeconsensus.com

Selain itu, yang harus kamu pertimbangkan untuk memilih Ivy Leagues sebagai tempat kuliahmu adalah biaya kuliah. Iya, universitas-universitas Ivy Leagues termasuk sekolah paling mahal di Amerika Serikat dengan biaya kuliah rata-rata $55,000 sampai $60,000 per tahunnya, atau sekitar 750-800 juta rupiah. Sungguh biaya kuliah yang cukup fantastis, bukan?

Meskipun demikian, kamu tak harus berkecil hati karena ada banyak beasiswa yang ditawarkan oleh pihak universitas. Siapa tahu, kamu beruntung mendapatkannya dan tetap bisa menjalani perkuliahan di Ivy Leagues.

Cornell University
Cornell University. Sumber: twitter.com

Apakah kamu tertarik untuk masuk salah satu universitas Ivy Leagues, Kawan Rantau? Bila iya, kamu harus mampu menjadi yang terbaik dari yang terbaik. Semangat, ya!

Kamu juga bisa mencari tahu tentang Ivy League Asia, deretan kampus ternama di Asia.

For Your Information

Apa itu kampus Ivy Leagues?

Ivy Leagues merupakan sebutan bagi sejumlah universitas paling prestisius di Amerika Serikat. Semua universitas yang termasuk dalam kelompok ini memiliki sejarah yang menarik dan juga penting dalam pendidikan tinggi di Amerika Serikat.

Universitas mana saja yang termasuk ke dalam Ivy Leagues?

Terdapat 8 universitas yang termasuk ke dalam Ivy Leagues. Kedelapan universitas ini awalnya merupakan universitas-universitas yang kompetitif di bidang atletik. Berikut kedelapan universitasnya:
1. Harvard University, Massachusetts
2. Yale University, Connecticut
3. Princeton University, New Jersey
4. Columbia University, New York
5. Brown University, Rhode Island
6. Dartmouth College, New Hampshire
7. University of Pennsylvania, Pennsylvania
8. Cornell University, New York

Apa keistimewaan dari kampus Ivy Leagues?

Pembahasan lengkapnya ada di artikel ini. Silakan baca dan ketahui sendiri.