fbpx

Anti Stres! 3 Tips Belajar untuk Mahasiswa Jurusan Keuangan

Pernah merasa bingung saat menghadapi persoalan perpajakan? Tidak bisa membedakan antara makro dan mikroekonomi? Well, pada dasarnya jurusan keuangan merupakan salah satu jurusan yang sangat kompleks karena melibatkan banyak sekali subjek lainnya seperti matematika, akuntansi, bisnis, ekonomi, komunikasi, bahkan ilmu data. Maka dari itu, kami akan membahas mengenai tips belajar untuk mahasiswa jurusan keuangan. Bagaimana ya, kira-kira?

Kelola catatan

Sumber: iversity.org

Saat menjalani perkuliahan di jurusan keuangan, maka kamu akan menemukan banyak sekali konsep keuangan, mulai dari manajemen bisnis hingga model keuangan.

Ketika kamu akan menjalani ujian, maka catatan yang berantakan dan berada di mana-mana akan membuat kamu malah tambah stres dan tidak termotivasi. Maka dari itu, kamu harus mampu mengelola catatan kamu dengan baik.

Robert Palasik, lulusan dari MSC Finance & Economics dari Warwick Business School mengatakan, “Menjalani ujian yang berisikan kurang-lebih 40 materi perkuliahan per semesternya akan terasa sangat melelahkan. Akan tetapi, semua itu menjadi lebih mudah apabila kamu mengumpulkan dan membuat catatan terpisah setelah kelas selesai.

“Dengan demikian, saat waktu ujian datang, kamu bisa langsung membaca kumpulan catatan kamu tersebut untuk belajar. Lalu, catatan yang rapi juga akan membuat kamu lebih mudah dalam mengingat sejumlah topik yang diujikan.”

Kebiasaan mengelola catatan dengan rapi ini pada dasarnya akan sangat membantu kamu di dunia kerja, Kawan Rantau. Mengapa? Karena pekerjaan di bidang keuangan terkadang membutuhkan kamu mengerjakan berbagai tugas dalam satu hari. Jadi sangat penting untuk membuat catatan apa saja yang harus kamu kerjakan berdasarkan prioritas.

Kurangi distraksi

Ketika kamu masuk dunia kerja, kamu harus mampu mengatur jadwalmu seefektif dan seefisien mungkin. Tentunya, ada banyak hal yang harus kamu kerjakan saat bekerja. Mulai dari rapat, pertemuan dengan klien, ataupun lainnya.

Nah, tentunya mengatur jadwal ini betul-betul bisa dilaksanakan apabila kamu tidak mendapat distraksi saat mengerjakan pekerjaan, bukan?

Kamu bisa mulai belajar untuk mengurangi distraksi sejak di perkuliahan, Kawan Rantau. Jauhkan ponsel dan juga tutup situs-situs yang kemungkinan dapat mengganggu konsentrasimu.

Jangan pakai sistem kebut semalam (SKS)

Sumber: studentbrands.co.za

Well, tips yang satu ini tentu berlaku untuk seluruh jurusan. Apabila kamu memakai sistem kebut semalam, maka kamu akan kelelahan sendiri. Materi yang sangat banyak tidak akan bisa kamu cerna dalam satu hari saja.

Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah membuat jadwal belajar yang efektif dan anti stres. Dengan menjalani jadwal tersebut, maka produktivitas kamu akan meningkat.

Nah, itulah 3 tips belajar untuk mahasiswa keuangan, Kawan Rantau. Pada dasarnya, seluruh tips ini bisa berlaku bagi siapa saja. Semoga bermanfaat, ya.

Baca juga alasan mengapa kamu harus kuliah jurusan akuntansi.

For Your Information

Mengapa jurusan keuangan sangatlah kompleks?

Well, pada dasarnya jurusan keuangan merupakan salah satu jurusan yang sangat kompleks karena melibatkan banyak sekali subjek lainnya seperti matematika, akuntansi, bisnis, ekonomi, komunikasi, bahkan ilmu data.

Apa saja tips belajar untuk mahasiswa jurusan keuangan?

Bacalah artikel ini untuk tahu jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?