fbpx

Antara MIT dan Caltech, Mana yang Harus Saya Pilih?

Apabila kamu ingin menempuh studi di salah satu sekolah berbasis teknologi terbaik di Amerika Serikat, maka kamu akan dihadapkan dengan pilihan antara Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan California Institute of Technology (Caltech). Mulai dari mempelajari fisika kuantum, super komputer, hingga reaktor nuklir, MIT dan Caltech merupakan tempat yang tempat bagimu. Pertanyaannya, manakah yang paling baik di antara keduanya?

Pemeringkatan QS

MIT. Sumber: clickondetroit.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa MIT merupakan universitas paling sempurna versi QS. Dalam sejumlah pemeringkatan, mulai dari QS World University Rankings hingga QS Graduate Employability Rankings, MIT berhasil menduduki peringkat pertama. Posisi tersebut pada dasarnya berhasil dipertahankan oleh MIT selama delapan tahun terakhir.

Meskipun demikian, reputasi dari Caltech juga tidak kalah dari MIT. Berdasarkan pemeringkatan yang sama, Caltech berhasil meraih peringkat ke-5 di dunia dan mengungguli sejumlah sekolah berbasis teknologi lainnya seperti ETH Zurich.

Salah satu hal yang cukup membedakan antara MIT dan Caltech adalah persentase jumlah pelajar internasional yang ada. Akan tetapi, hal ini disebabkan oleh ukuran MIT yang memang merupakan universitas besar. Sedangkan, Caltech dalam pemeringkatan THE termasuk ke dalam universitas kecil, yakni dengan jumlah mahasiswa kurang dari 5.000 orang.

Kelebihan jurusan

Baik MIT maupun Caltech dikenal sebagai sekolah teknologi. Keduanya sama-sama kuat di bidang sains dan teknologi. Akan tetapi, berhubung MIT memiliki Sloan School of Management, universitas terbaik di Amerika Serikat dan Dunia ini juga memiliki reputasi yang baik di bidang ilmu sosial dan bisnis.

Berikut merupakan sejumlah jurusan terbaik yang ada di MIT:

  1. Kimia
  2. Teknik Kimia
  3. Teknik Sipil
  4. Teknik Elektro Teknik Mesin
  5. Linguistik

Sedangkan, jurusan-jurusan terbaik yang ada di Caltech adalah sebagai berikut:

  1. Ilmu bumi dan kelautan
  2. Ilmu biologi
  3. Ilmu komputer dan sistem informasi
  4. Ilmu lingkungan
  5. Matematika

Lokasi

Caltech. Sumber: iapplyschool.com

Kedua universitas teknik terbaik ini berada dekat dengan kota besar di Amerika. MIT berlokasi di Cambridge, Massachusetts, sebuah kota universitas yang ditinggali oleh 150.000 orang. Kota tersebut juga merupakan lokasi dari Harvard University berbeda. Alhasil, Cambridge dikenal sebagai salah satu pusat akademis dan penelitian paling prestisius di dunia.

Sedangkan, Caltech berada di Pasadena, California, sebuah kota universitas yang mirip dengan Cambridge. Kota satu ini berada tidak jauh dari kota terbesar kedua di Amerika Serikat, yakni Los Angeles.

Salah satu kelebihan dari Caltech dalam hal lokasi adalah iklim mereka yang jauh lebih bersahabat. Di California bagian selatan, kamu bisa menikmati sinar matahari sepanjang tahun. Sedangkan, apabila kamu berada di Cambridge, iklim di sana lumayan tidak bersahabat karena kamu harus bertemu dengan matahari yang terik pada musim panas dan iklim yang membekukan saat musim dingin.

Akan tetapi, keputusan terakhir berada di tanganmu, Kawan Rantau. Apakah kamu lebih nyaman tinggal di California atau Massachusetts? 

Pada dasarnya, kedua universitas ini memang memiliki ciri khas tersendiri meskipun sama-sama merupakan sekolah teknologi terbaik di dunia. Apabila kamu ingin berkuliah di kampus yang lebih besar, maka MIT bisa menjadi jawabanmu. Akan tetapi, kalau kamu lebih nyaman dengan universitas kecil, maka kamu bisa memilih Caltech, Kawan Rantau.

Baca juga hal-hal yang membedakan Harvard dan Stanford University.

For Your Information

Apa perbedaan utama dari MIT dan Caltech?

Pada dasarnya, Caltech merupakan universitas terkecil berdasarkan pemeringkatan QS. Berbeda dengan MIT yang memang merupakan kampus berukuran besar dengan puluhan ribu mahasiswa.

Apa yang membedakan MIT dengan Caltech?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Boston?