fbpx

Ampère Scholarships of Excellence: Beasiswa S2 di ENS Lyon, Perancis

Ecole normale superieure de Lyon merupakan sekolah pascasarjana negeri yang berada di Perancis. Universitas satu ini terdiri dua unit akademis, yakni seni dan sains dan terletak di dekat Sungai Rhone dan Saone. Setiap tahunnya, ENS Lyon menawarkan beasiswa bagi para mahasiswa S2, salah satunya adalah Ampère Scholarship for Excellence.

Mengapa harus kuliah di ENS Lyon?

Sumber: nigerianscholars.com

Tentunya, banyak sekali alasan mengapa kamu harus kuliah ENS de Lyon. Dalam pemeringkatan THE World University Rankings 2020, terungkap bahwa ENS de Lyon termasuk ke dalam daftar 10 universitas kecil terbaik di dunia.

Salah satu misi dari ENS Lyon adalah untuk mendidik para mahasiswa mampu menanyakan pertanyaan yang tepat serta memiliki jawaban yang inovatif.

Sekarang ini, ENS Lyon memiliki inovator start-up bisnisnya secara mandiri dan telah berkecimpung di berbagai bidang seperti teknologi, ilmu komputer, dan geografi. Salah satu proyek yang pernah dikembangkan oleh ENS Lyon adalah teknologi super komputer yang mampu secara efektif memprediksi aktivitas seismik. Tentunya, pengembangan tersebut sangat penting untuk penanggulangan gempa bumi.

ENS pertama kali didirikan setelah Revolusi Perancis dan telah menghasilkan sejumlah pemikir genius seperti Louis Pasteur, Jean-Paul Sartre, dan SImone Weil.

Tentang Ampère Scholarship for Excellence

Bagi seluruh mahasiswa S2 di ENS de Lyon, kamu berhak untuk mendaftar beasiswa Ampère Scholarship for Excellence. Beasiswa satu ini ditujukan bagi pelajar internasional yang mengambil program S2 di bidang Ilmu Eksakta, Seni, dan juga Ilmu Sosial dan Humaniora. Pengecualian berlaku bagi kamu yang mengambil program Professional Masters in teaching.

Apabila kamu mendapatkan beasiswa ini, maka kamu bisa mendapatkan uang saku sebesar €1.000 per bulan selama satu tahun.

Apa saja persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini?

Sumber: ens-lyon.fr

Persyaratan utama untuk bisa mendaftar beasiswa ini adalah, kamu harus merupakan warga negara non Perancis. Jadi, kamu sebagai warga negara Indonesia berhak mendaftar beasiswa ini, Kawan Rantau.

Kemudian, kamu haruslah merupakan pelajar yang belum menjalani penelitian di luar negeri atau menjalani internship di laboratorium di luar pengawasan ENS Lyon. Selain itu, kamu tidak diperkenankan untuk menerima beasiswa di luar Ampère Scholarship for Excellence.

Bagaimana cara mendaftar?

Yang harus kamu lakukan untuk mendaftar beasiswa ini adalah dengan menyerahkan formulir pendaftaran daring melalui sistem yang ada. Sejumlah dokumen yang harus kamu lampirkan adalah sebagai berikut:

  1. Surat referensi dari profesor yang mengenal kamu dengan baik
  2. Motivation Letter
  3. CV
  4. Ijazah S1
  5. Transkrip nilai di universitas
  6. Apabila kamu mendaftar di program S2 Seni, Humaniora, Bahasa, atau Ilmu Sosial, maka kamu harus melampirkan ringkasan proyek penelitian dalam Bahasa Perancis sepanjang 3 halaman.
  7. Sertifikat kecakapan berbahasa Perancis menggunakan DALF, DELF, atau TCF.

Seluruh proses pendaftaran akan dibuka mulai akhir November dan ditutup pada awal Januari. Jadi, perhatikan baik-baik linimasa pendaftaran beasiswa satu ini. Apabila kamu tertarik, kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi dari ENS Lyon berikut ini, Kawan Rantau.

Baca juga France Excellence, beasiswa untuk kuliah S2 di Perancis.

For Your Information

Apa itu ENS Lyon?

Ecole normale superieure de Lyon merupakan sekolah pascasarjana negeri yang berada di Perancis. Universitas satu ini terdiri dua unit akademis, yakni seni dan sains dan terletak di dekat Sungai Rhone dan Saone.

Apa itu Ampere Scholarship for Excellence?

Ampere Scholarship for Excellence merupakan beasiswa S2 untuk pelajar internasional di ENS Lyon.

Apa persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Lyon?