fbpx

Alternatif Pilihan Akomodasi untuk Pelajar Internasional di Selandia Baru

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Navitas, Selandia Baru menjadi salah satu negara yang paling diminati oleh para pelajar internasional. Cara Pemerintah Selandia Baru menangani COVID-19 menjadi salah satu faktor penentu utama. Apabila kamu sudah mantap memutuskan untuk melanjutkan studi di negara satu ini, maka berikut alternatif pilihan akomodasi yang bisa kamu temukan di Selandia Baru.

1. Asrama mahasiswa

Pilihan akomodasi pelajar internasional di Selandia Baru - asrama
Sumber: yha.co.nz

Apabila kamu mencari tempat tinggal yang inklusif dan mudah diakses dari kampus, maka asrama mahasiswa bisa menjadi tempat yang tepat untukmu. Biasanya, gedung-gedung asrama mahasiswa hanya berjarak beberapa kilometer saja dari kampus. Bahkan, ada juga sejumlah asrama yang berada di lingkungan kampus.

Dengan memilih asrama mahasiswa, maka kamu bisa memilih fasilitas kamar pribadi atau berbagi dengan temanmu. Tentunya perbedaan fasilitas bisa mempengaruhi biaya yang perlu kamu bayarkan.

Rata-rata, biaya tinggal di asrama mahasiswa di Selandia Baru mencapai NZ $393-482 per minggu. Akan tetapi, tenang saja, Kawan Rantau. Di sejumlah universitas, harga tersebut bisa kamu tawar supaya lebih terjangkau.

2. Homestay

Pilihan akomodasi pelajar internasional di Selandia Baru - Homestay
Sumber: sacredheart.school.nz

Salah satu alternatif pilihan akomodasi yang dipilih pelajar internasional di Selandia Baru adalah homestay. Dengan memilih jenis akomodasi ini, maka kamu bisa tinggal bersama dengan host family yang bersedia menampungmu. Memang terkesan opsi ini mengurangi ruang privasi yang kamu miliki, akan tetapi kamu dijamin berada di tempat yang aman.

Kemudian, ketika kamu memilih opsi satu ini, maka kamu harus mampu menghargai aturan dari host family-mu. Bagaimanapun, mereka akan menjadi sosok yang paling dekat denganmu selama kamu tinggal di Selandia Baru.

Biasanya, ketika kamu tinggal di homestay, kamu tidak hanya mendapat tempat tinggal, tapi juga makan tiga kali sehari, listrik, dan juga internet. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk menikmati pilihan akomodasi ini berkisar pada NZ $180-240 per minggu.

3. Akomodasi pribadi

Pilihan akomodasi pelajar internasional di Selandia Baru - akomodasi pribadi
Sumber: canterbury.ac.nz

Secara sederhana, akomodasi pribadi berarti tempat yang bisa kamu sewa bukan dari pihak yang berafiliasi dengan universitas. Dengan demikian, kamu lebih punya kuasa akan pilihan dan anggaran yang tersedia. Apabila kamu terampil dalam mengatur keuangan, maka pilihan akomodasi satu ini bisa menjadi yang terbaik.

Pada dasarnya, pilihan akomodasi ini bisa menjadi yang termurah. Akan tetapi hal tersebut akan tergantung pada banyak faktor eksternal. Jadi, pertimbangkan baik-baik apabila kamu ingin mengambil alternatif satu ini.

Demikianlah pembahasan alternatif pilihan akomodasi pelajar internasional di Selandia Baru. Apabila kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Negeri Kiwi ini, pastikan kamu telah melakukan riiset secara menyeluruh. Semoga beruntung!

Baca juga kisah Joko Pamungkas yang menempuh studi S3 di University of Auckland, Selandia Baru.

For Your Information

Apa saja pilihan akomodasi untuk pelajar internasional di Selandia Baru?

Tentu beragam, Kawan Rantau. Beberapa di antaranya bisa kamu temukan di artikel ini.

Apa keuntungan tinggal di asrama mahasiswa?

Tentunya jarak yang dekat dengan kampus menjadi keuntungan tersendiri.

Ingin mengetahui cerita lain di Auckland?