fbpx

Alasan Mengapa Kamu Harus Kuliah Seni dan Desain

Dulu, dibandingkan dengan jurusan STEM, jurusan seni dan desain selalu dipandang sebelah mata. Padahal, di bidang ini ada banyak sekali hal yang bisa kamu pelajari, termasuk fotografi, videografi, seni pertunjukan, film, seni visual, desain fashion, desain interior, desain multimedia, dan lainnya. Jadi, berikut akan kami bahas alasan mengapa kamu harus kuliah seni dan desain.

Mendapatkan kemampuan yang berguna di banyak bidang

Sumber: unsplash.com

Selain kreativitas, mempelajari seni dan desain akan membuat kamu terbekali oleh berbagai kemampuan yang berguna di banyak bidang. Dengan demikian, kamu bisa bekerja di bidang dan industri apa saja.

Sejumlah kemampuan yang bisa kamu dapatkan selama berkuliah seni dan desain adalah, kemampuan menyelesaikan masalah, berpikir kritis, berkomunikasi, bekerja dalam tim, dan kemampuan lainnya. Hal ini tentu menjadi salah satu alasan kuat mengapa kamu harus mencoba untuk kuliah seni dan desain.

Berjibaku dengan teknologi

Sumber: unsplash.com

Bidang seni dan desain nyatanya dekat dengan perkembangan teknologi. Tak heran apabila mahasiswa seni dan desain akan banyak sekali berjibaku dengan teknologi terbaru seperti kecerdasan artifisial, percetakan 3D, hingga robotika.

Ada banyak sekali program yang memungkinkan siswa bekerja menggunakan teknologi terbaru. Baik untuk mengembangkan video games, aplikasi, situs, maupun produk digital lainnya.

Mata kuliah yang beragam

Sumber: unsplash.com

Pada dasarnya, mata kuliah yang diajarkan di bidang seni dan desain sangatlah beragam. Kamu bisa mempelajari seni, sejarah, desain fashion, fotografi, lainnya ketika kamu menjalani kuliah ini.

Jadi, dapat dipastikan kamu bisa mempelajari banyak hal. Bahkan, bisa jadi kamu bisa menemukan passion baru ketika mempelajari mata kuliah tersebut.

Jurusan-jurusan seni dan desain terbaik di dunia

Sumber: rca.ac.uk

Apabila kamu tertarik dengan jurusan yang satu ini, maka berikut jurusan-jurusan seni dan desain terbaik di dunia versi QS World University Rankings by Subject 2020.

  1. Royal College of Art, Inggris
  2. Parsons School of Design at The New School, Amerika Serikat
  3. Politecnico di Milano, Italia
  4. Aalto University, Finlandia
  5. RMIT University, Australia
  6. Tongji University, China
  7. The Hong Kong Polytechnic University, Hong Kong
  8. Design Academy Eindhoven, Belanda
  9. The Royal Danish Academy of Fine Arts (KADK), Denmark
  10. National University of Singapore, Singapura

Demikianlah sejumlah alasan mengapa kamu harus kuliah seni dan desain. Apakah kamu tertarik untuk mengambil jurusan yang satu ini, Kawan Rantau?

Baca juga kampus musik dan seni unggulan versi QS WUR 2020.

For Your Information

Apa saja yang termasuk ke dalam bidang seni dan desain?

Beberapa jurusan yang masuk ke dalam bidang ini adalah sebagai berikut: fotografi, videografi, seni pertunjukan, film, seni visual, desain fashion, desain interior, desain multimedia, dan lainnya.

Apa keuntungan mengambil kuliah jurusan seni dan desain?

Baca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Eindhoven?