fbpx

Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Hukum di Belanda

Belanda memiliki keterkaitan historis yang sangat kuat dengan Indonesia. Dengan berkuasanya Belanda di Indonesia selama ratusan tahun, membuat berbagai macam aspek kehidupan yang ada di Indonesia dipengaruhi dengan begitu kuat oleh Belanda. Mulai dari bahasa, budaya, hingga hukum. Tak heran apabila program studi hukum di Negeri Kincir Angin itu menarik minat dari para pelajar Indonesia. Berikut merupakan alasan menggapa kamu harus belajar hukum di Belanda.

Rumah bagi institusi hukum internasional

The Hague merupakan sebuah kota yang terletak di dataran sebelah barat dari Belanda. Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di Belanda setelah Amsterdan dan Rotterdam. Yang menarik, The Hague dikenal sebagai the legal  capital of the world. Hal ini disebabkan banyaknya intitusi hukum internasional yang berada di kota ini.

anakrantau-belajar-hukum-di-belanda.jpg
International Court of Justice, pengadilan internasional tertinggi. Sumber: britannica.com

Setidaknya, ada 7 pengadilan internasional yang ada di kota ini, mulai dari International Court of Justice; the Permanent Court of Arbitration; the Yugoslavia War Crimes Tribunal; the Special Tribunal for Lebanon; the European Judicial and Police Organizations Eurojust and Europol; the Organization for the Prohibition of Chemical Weapons (OPCW); dan the International Criminal Court. 

Perkuliahan menggunakan bahasa Inggris

Apabila kamu memang berminat belajar hukum di Belanda, maka kamu tidak harus lho menguasai bahasa Belanda. Kecuali kalau kamu memang ingin bekerja di sana. Iya, kebanyakan perkuliahan di universitas-universitas yang ada di Belanda menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar, sebagai contoh perkuliahan hukum di University of Groningen dan juga Leiden University.

Akses yang mudah

Berhubung Belanda terletak di daratan Eropa, maka akan lebih mudah bagi kamu karena transportasi umum di sana sudah sangat maju. Kamu akan menjadi lebih mudah untuk bepergian ke negara-negara lain di Eropa menggunakan mobil ataupun kereta.

Kemudian, Bandara Schiphol pun juga termasuk bandara yang ramai. Jadi kamu tidak perlu takut kesulitan akses ke negara ini.

anakrantau-belajar-hukum-di-belanda-2.jpg
Bandara Schiphol. Sumber: internationalairportreview.com

Jurusan yang beragam

Universitas-universitas di Belanda menawarkan berbagai macam spesialisasi untuk program studi hukumnya. Topik-topik yang menekankan pada unsur internasional menjadi jurusan yang cukup populer, sebagai contoh ada International Commercial Law, International Human Rights Law, Energy Law, European Law, dan lainnya.

Memiliki sejarah yang panjang

Banyak universitas di Belanda yang telah memiliki sejarah panjang dalam pengajaran hukum. Hal ini membuat universitas-universitas ini memiliki perangkan yang tinggi dan mendapatkan pengakuan dari berbagai tempat di dunia. Contohnya, Leiden Law School telah berdiri sejak tahun 1575, University of Amsterdam pada tahun 1632, dan juga University of Groningen yang telah mengajarkan ilmu hukum sejak tahun 1614.

Universitas terbaik untuk belajar hukum

anakrantau-belajar-hukum-di-belanda-3.jpg
Sumber: uva.nl

Kebanyakan sekolah hukum di Belanda termasuk ke dalam Top 300 sekolah hukum terbaik versi QS Worldwide Ranking. Beberapa universitas tersebut adalah, University of Amsterdam Law School. Erasmus University Rotterdam School of Law, Leiden University Faculty of Law, Maastricht University Faculty of Law, Radbound University Nijmegen Faculty of Law, Tilburg University Faculty of Law, University of Groningen Faculty of Law, Utrecht University Faculty of Law, dan Vrije University Amsterdam Faculty of Law.

Nah, itulah alasan mengapa kamu harus belajar hukum di Belanda. Reputasi yang mumpuni serta pilihan jurusan yang beragam dapat memenuhi kebutuhan kamu yang ingin menjadi pakam hukur terbaik. Setuju, tidak?


Ingin mengetahui cerita lain di Amsterdam?