fbpx

Alasan Mengapa Filipina Jadi Pilihan untuk Lanjut Kuliah

Negara-negara di Asia Tenggara memiliki reputasi masing-masing yang tidak bisa begitu saja dilewatkan. Singapura dengan Nanyang Technological University (NTU) dan National University of Singapore (NUS) menjadi bukti bahwa kampus di Asia bisa bersaing dengan kampus lainnya di dunia. Lalu, bagaimana dengan negara lainnya? Filipina sebagai negara yang cukup dekat dengan Indonesia. Berikut merupakan alasan kuliah di Filipina bisa menjadi pilihan buatmu.

Tidak ada batasan komunikasi

anakrantau-alasan-kuliah-filipna.png
Sumber: dlsud.edu.ph

Meskipun orang Filipina menggunakan bahasa Tagalog, nyatanya bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa resmi dari negara kepulauan ini. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kalau tidak bisa berbahasa Tagalog. Cukup dengan bahasa Inggris kamu bisa hidup tenang di Filipina. Mungkin, yang menjadi batasan adalah aksen yang dimiliki oleh orang-orang Filipina. Terkadang, akan sedikit sulit bagimu untuk memahami apa yang diucapkan oleh mereka. Akan tetapi, lama-lama kamu akan terbiasa, kok.

Universitas di Filipina telah diakui secara internasional

Mayoritas universitas-universitas di Filipina telah menjadi universitas terbaik yang menghasilkan mahasiswa sukses tiap tahunnya. Terdapat Big 4 universities di Filipina yang harus banget kamu beri perhatian lebih, yakni University of the Philippines, De La Salle University, Ateneo de Manila University, dan University of Santo Tomas. Keempatnya telah memiliki reputasi yang mumpuni dan menawarkan berbagai program studi yang dapat menarik minatmu.

anakrantau-alasan-kuliah-filipina-2.jpg
Sumber: ateneo.edu

Kebanyakan, universitas-universitas yang populer di negara ini terletak di Manila. Akan tetapi, ada juga yang terletak di kota-kota lain, tergantung dari subjek yang diajarkan. Apabila kamu telah diterima di salah satu universitas, maka akan mudah bagimu untuk mendapatkan visa pelajar di Filipina. Pemerintah Filipina memang terbuka terhadap masuknya pelajar asing. Jadi, tidak akan memakan waktu terlalu lama bagimu untuk mengurus persyaratan administrasi masuk universitas.

Biaya hidup yang murah

Tidak seperti di Singapura maupun Australia, biaya hidup di Filipina relatif lebih rendah. Kamu bisa menyewa kamar asrama atau apartemen dengan harga USD 5 per bulannya. Belum lagi, makanan-makanan di Filipina tergolong murah. Setidaknya, tidak terlalu jauh berbeda dengan kehidupan kamu di Indonesia.

Negara yang aman bagi pelajar asing

Pemerintah Filipina ternyata berusaha sebisa mungkin menciptakan kondisi serta lingkungan yang aman bagi para pelajar asing. Hal ini dapat dilihat dari fasilitas keamanan 24 jam untuk menjamin keamanan di wilayah kampus.

Negara yang multikultur

anakrantau-alasan-kuliah-filipina-3.jpg
Sumber: pinterest.com

Sama seperti Singapura, Filipina juga dikenal sebagai negara yang multikultur. Hal ini disebabkan banyaknya orang dari berbagai latar belakang yang tinggal di negara ini, mulai dari yang beragama Kristen, Islam, Hindu, maupun Buddha. Otomatis, kamu bisa merasakan keberagaman yang nyata di sini.

Iklim tropis dan pemandangan yang indah

Berhubung Filipina masih sama-sama berada di Kawasan Asia Tenggara dan tidak jauh dari Khatuslistiwa, maka otomatis negara ini memiliki iklim yang sama dengan Indonesia. Jadi, kamu tidak akan mengalami perubahan yang drastis.

Kemudian, karena iklimnya yang mendukung tersebut, tidak heran apabila Filipina memiliki banyak sekali destinasi wisata yang luar biasa. Mulai dari pantai yang disertai dengan terumbu karang, berbagai air terjun, hingga hutan hujan yang menyajikan pemandangan alam yang indah. Yang pasti, kamu tidak akan menyesal ketika tinggal di sini.

Nah, itulah beberapa alasan kuliah di Filipina bisa kamu pertimbangkan untuk menjadi pilihan. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Indonesia serta bukanlah pilihan yang mainstream, bisa menjadi daya tarik tersendiri, bukan?


Ingin mengetahui cerita lain di Manila?