fbpx

Administrasi Sosial, Jurusan Unik di Universiti Malaya

Halo, Anak Rantau! Setelah sebelumnya kami membahas perbedaan jurusan Sosiologi dan Pekerja Sosial, maka sekarang kami akan membahas jurusan Administrasi Sosial. Jurusan satu ini menjadi unik karena merupakan campuran dari berbagai disiplin ilmu. Salah satu universitas yang menyediakan jurusan ini adalah Universiti Malaya, Malaysia.

Apa itu jurusan Administrasi Sosial?

Jurusan administrasi sosial
Sumber: abouthealthykids.ca

Jurusan Administrasi Sosial atau Social Administrations merupakan salah satu program yang ditawarkan oleh Universiti Malaya dan berada di bawah naungan Faculty of Arts and Social Science.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jurusan ini merupakan campuran dari berbagai disiplin ilmu, mulai dari Kebijakan Sosial (Social Policy), Kesejahteraan dan Pekerja Sosial (Social Welfare and Social Work), Hukum Sosial (Social Law), serta Manajemen Publik dan Sosial (Public and Social Management). 

Jurusan ini dipandang penting karena secara akurat dapat merefleksikan kebutuhan suatu negara dalam menghadapi tahapan pembangunan ekonomi dan sosial.

Memangnya bisa jadi apa nantinya setelah lulus?

Berhubung jurusan ini sangat luas cakupuannya, maka karir yang bisa kamu jalani pun bisa sangat beragam. Beberapa di antaranya adalah: perencana sosial, pekerja sosial, peneliti pasar (market researcher), manajer kebijakan sosial, advokat hak sosial, pengusaha sosial/bisnis, serta konsultas perencanaan.

Jurusan Administrasi Sosial, Universiti Malaya

jurusan administrasi sosial
Sumber: fass.um.edu.my

Untuk jenjang Sarjana dari jurusan ini, kamu diharuskan menempuh 121 sks yang terdiri dari kelas wajib dan pilihan. Sebagai pelajar asing, ada beberapa mata kuliah wajib universitas yang harus kamu ambil di Universiti Malaya, yakni: Basic Entrepreneurship Culture, Information Literacy, Social Engagement, Introduction to Malaysia, Communication English,  dan Basic Malay Language.

Untuk mata kuliah wajib dari jurusan ini, terddiri dari berbagai mata kuliah yang berhubungan dengan dinamika sosial, kesejahteraan, manajamen sumber daya manusia, dan lainnya. Untuk mengetahui secara lengkap mata kuliah apa saja yang akan dipelajari di jurusan ini, kamu bisa mengunjungi tautan berikut ini, struktur perkuliahan jurusan Administrasi Sosial, Universiti Malaya.

Bagaimana cara mendaftar?

Untuk pendaftaran jenjang sarjana di Universiti Malaya, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi. Pertama, memiliki nilai akhir yang baik ketika SMA atau gelar diploma dengan IPK minimal 3.00; Kedua, memiliki kemampuan berbahasa Inggris baik dengan minimal nilai TOEFL PBT 550, CBT 173, atau IBT 60. Untuk nilai IELTS, minimal kamu memiliki skor 5.0-6.5.

Apabila kamu ingin mendaftar di Universiti Malaya, kamu bisa langsung mengunjungi halaman pendaftaran berikut ini.

Nah, demikianlah penjelasan tentang jurusan Administrasi Sosial di Universiti Malaya, Malaysia. Baca juga hal-hal yang tidak seharusnya kamu lakukan ketika berkunjung di Malaysia. Supaya ketika kamu berkuliah di Universiti Malaya kamu akan lebih diterima oleh masyarakat lokal.

Jadi, yuk, semangat mencari jurusan yang tepat untuk kuliah di luar negeri ya Anak Rantau!

For Your Information

Apa itu jurusan Administrasi Sosial atau Social Administration?

Jurusan Administrasi Sosial merupakan campuran dari berbagai disiplin ilmu, mulai dari Kebijakan Sosial (Social Policy), Kesejahteraan dan Pekerja Sosial (Social Welfare and Social Work), Hukum Sosial (Social Law), serta Manajemen Publik dan Sosial (Public and Social Management). 

Di mana saya bisa kuliah jurusan Administrasi Sosial?

Salah satu universitas yang menawarkan jurusan Administrasi Sosial adalah Universiti Malaya, Malaysia.

Apa saja yang dapat saya pelajari di jurusan Administrasi Sosial?

Kamu bisa mempelajari berbagai hal di jurusan Administrasi Sosial, mulai dari kebijakan sosial, pengantar kesejahteraan sosial, hingga manajemen kebijakan publik dan sosial.

Ingin mengetahui cerita lain di Kuala Lumpur?