fbpx

Adaptasi Mahasiswa Baru di Amerika Serikat Saat Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 di Amerika Serikat membuat sejumlah kegiatan pendidikan mengalami adaptasi, salah satunya orientasi mahasiswa baru. Demi mencegah penularan, maka cara yang paling aman ialah menghindari kerumunan. Mahasiswa baru pun dituntut untuk bisa cepat adaptasi dengan sejumlah kebiasaan baru, seperti orientasi mahasiswa baru melalui daring.

Sumber: Pexels

Sejumlah universitas, seperti University of Winconsin sudah menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan orientasi mahasiswa baru secara virtual. Persiapan tersebut mencakup live presentation calendar, affinity spaces, pre-recorded campus meet & greet videos, orientation leader office hours, new panther newslatter, dan health and well-being resources.

Dilansir dari The Signal, sejumlah kampus di Amerika Serikat juga telah menyusun format orientasi daring yang mencakup pembahasan konsep-konsep penting, seperti kehidupan siswa, keuangan, kesehatan, keselamatan dan inisiatif keberhasilan.

Sumber; Pexels

Selain modul, siswa akan berpartisipasi dalam sesi orientasi virtual selama dua jam. Kelompok-kelompok kecil akan difasilitasi oleh pemimpin orientasi dan penasihat akademik. Mereka wajib menggunakan panggilan video call selama masa orientasi mahasiswa baru. Lalu, para orang tua juga diajak untuk memantau perkembangan mahasiswa melalui portal yang dibuat oleh universitas di Amerika Serikat.

Bagaimana Antusias Mahasiswa Baru di Amerika Serikat ketika Orientasi Daring?

Sumber: Pexels

Pengalaman orientasi virtual memiliki sejumlah perbedaan untuk mahasiswa tahun pertama dan transfer, seperti mereka terpaksa melewatkan pengalaman bermalam di asrama dan menjelajahi kampus. The Daily Tar Heel menyebutkan bahwa sejumlah mahasiswa mengakui menyayangkan situasi ketidakpastian ini, akan tetapi kesehatan dan keselamatan menjadi prioritas saat ini. Meskipun begitu, pihak kampus dan panitia mahasiswa baru berkomitmen untuk tetap memberikan pengalaman terbaik bagi para mahasiswa baru saat mengenal kampusnya.

“Kesehatan dan keselamatan untuk semua orang adalah prioritas utama, dan kami ingin melakukan bagian kami dalam mencegah penyebaran COVID-19,” Anna Wakita, seorang mahasiswa tahun pertama jurusan manajemen kebijakan kesehatan, sekaligus pemimpin orientasi mahasiswa baru.

Memulai sesuatu yang baru sangat sulit, seperti transisi dari siswa menjadi mahasiswa merupakan tahap yang tidak dapat dibilang mudah. Pihak kampus juga berusaha meyakinkan mahasiswa bahwa mereka dapat mengatasi rasa ketidakpastian di tengah pandemi ini. Wakita, selaku pemimpin ospek mengatakan bahwa panitia dapat menjadi jembatan untuk menghubungkan komunikasi antara mahasiswa baru dan kampus.

Jika kamu termasuk mahasiswa baru dan sedang kebingungan dalam memulai kehidupan kuliah, ingatlah bahwa kamu tidak sendiri. Cobalah untuk menjalin pertemanan secara daring dengan teman angkatan. Gunakan kegiatan orientasi mahasiswa baru secara daring sebagai distraksi, sehingga kamu tidak bosan untuk belajar di rumah. Stay safe and stay healthy!

Baca juga: Inilah Perbedaan Masa Pengenalan Kampus di Luar Negeri dengan Indonesia.

For Your Information

Apakah tetap ada ospek selama pandemi Covid-19?

Ada, akan tetapi bukan ospek secara berkumpul, melainkan secara daring.

Bagaimana adaptasi mahasiswa baru selama pandemi covid-19?

Dilansir dari The Signal, sejumlah kampus di Amerika Serikat telah menyusun format orientasi daring yang mencakup pembahasan konsep-konsep penting, seperti kehidupan siswa, keuangan, kesehatan, keselamatan dan inisiatif keberhasilan. Semua aktivitas dilakukan secara daring.

Apakah sulit menjalani ospek daring?

Jika kamu termasuk mahasiswa baru dan sedang kebingungan dalam memulai kehidupan kuliah, ingatlah bahwa kamu tidak sendiri. Cobalah untuk menjalin pertemanan secara daring dengan teman angkatan. Gunakan kegiatan orientasi mahasiswa baru secara daring sebagai distraksi, sehingga kamu tidak bosan untuk belajar di rumah.

Ingin mengetahui cerita lain di Boston?