fbpx

Ada 450 Kursus Daring dari Ivy League yang Dapat Kamu Manfaatkan

Dengan adanya imbauan untuk tetap berada di rumah, asrama, atau dorm masing-masing, maka kamu harus bisa menemukan cara memanfaatkan waktu supaya lebih produktif. Salah satunya adalah memperbanyak mengambil kursus daring. Kabar baiknya, ada sekitar 450 kursus daring yang diselenggarakan oleh kampus-kampus Ivy League.

Kabar baiknya, seluruh kursus tersebut tersedia secara gratis dan tentunya kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Tentang Ivy League

Sumber: cornellsun.com

Ivy Lague merupakan julukan bagi sejumlah universitas paling prestisius di Amerika Serikat. Menjadi mahasiswa Ivy League bisa menjadi mimpi dari jutaan orang di dunia. Apalagi, kedelapan kampus yang termasuk ke dalam kelompok ini merupakan kampus-kampus yang memiliki sejarah yang menarik dan penting dalam pendidikan tinggi di Amerika.

Kedelapan universitas yang dimaksud adalah:

  1. Harvard University, Massachusetts
  2. Yale University, Connecticut
  3. Princeton University, New Jersey
  4. Columbia University, New York
  5. Brown University, Rhode Island
  6. Dartmouth College, New Hampshire
  7. University of Pennsylvania, Pennsylvania
  8. Cornell University, New York

Kursus daring gratis yang ditawarkan

Sumber: cholaryoa.com

Seluruh kampus yang termasuk di dalam Ivy League menawarkan banyak sekali kursus daring gratis yang dapat diakses melalui berbagai platform seperti Edx dan Courserra.

Setidaknya, ada 450 kelas yang masih aktif hingga sekarang. Kabar baiknya lagi, kursus-kursus yang ditawarkan berasal dari berbagai disiplin ilmu. Berikut sejumlah kategori dari kelas daring yang ditawarkan oleh Ivy League.

  1. Ilmu komputer
  2. Ilmu data
  3. Programming
  4. Humaniora
  5. Bisnis
  6. Seni dan desain
  7. Sains
  8. Ilmu Sosial
  9. Kesehatan dan kedokteran
  10. Teknik
  11. Matematika
  12. Pendidikan dan pengajaran
  13. Pengambangan personal

Dengan berbagai kebijakan menganai lockdown suatu wilayah akibat dampak dari penyebaran COVID-19, memanfaatkan waktu sebaik mungkin bisa menjadi hal terbaik yang bisa kamu lakukan. Kamu tentu bisa memanfaatkan kursus daring gratis yang disediakan oleh Ivy League ini.

Coursera ikut andil

Sumber: muckrock.com

Coursera, salah satu platform pebelajaran daring yang banyak digunakan para mahasiswa juga telah mengusahakan untuk memberikan kursus-kursus gratis di tengah pelaksanaan kebijakan lockdown COVID-19.

Hal ini bisa diusahakan oleh pihak kampus. Nantinya, para mahasiswa dapat menyelesaikan kursus di Courserra hingga 30 September 2020.

Jadi, manfaatkan waktu kamu di rumah, asrama, atau dorm sebaik mungkin ya, Kawan Rantau. Sebisa mungkin tetap berhubungan dengan teman atau keluarga apabila kamu betul-betul sendirian di luar negeri. Usahakan tetap jaga kesehatan saat kebijakan lockdown diterapkan.

Kamu juga bisa membaca tentang kuliah daring yang menjadi solusi universitas di China hadapi COVID-19.

For Your Information

Apa itu Ivy League?

Ivy Lague merupakan julukan bagi sejumlah universitas paling prestisius di Amerika Serikat. Kedelapan kampus yang termasuk ke dalam kelompok ini merupakan kampus-kampus yang memiliki sejarah yang menarik dan penting dalam pendidikan tinggi di Amerika.

Apakah MIT dan Stanford University termasuk dalam Ivy League?

Silakan baca artikel ini untuk tahu jawabannya.

Kursus daring dari Ivy League apa saja yang dapat saya ambil?

Kamu bisa menemukan kursus daring gratis dari berbagai disiplin ilmu. Silakan baca informasi lengkapnya di artikel ini.