fbpx

7 Tips Manajemen Waktu yang Efektif Selama Jalani Kuliah Daring

Akibat pandemi COVID-19, sebagian besar pelajar menjalani perkuliahan secara daring. Bahkan, menurut hasil studi, satu per tiga pelajar di seluruh dunia menjalani setidaknya satu kelas daring. Tentunya, menjalani kuliah daring membutuhkan konsentrasi tersendiri. Maka dari itu, berikut kami akan mengulas tips manajemen waktu yang efektif bagi kamu yang menjalani kuliah daring.

Pentingnya manajemen waktu bagi pelajar

Manajemen waktu yang efektif merupakan salah satu skill yang dapat kamu latih selama menjalani perkuliahan daring. Semakin baik kamu mengatur waktu, maka akan lebih mudah bagimu untuk mencapai tujuanmu.

Pada dasarnya, setiap orang sama-sama memiliki 24 jam setiap harinya. Akan tetapi, bagaimana kamu menggunakan waktumu itulah yang akan membuat kedudukanmu berbeda dengan orang lain.

Kemudian, ketika kamu bisa mengatur waktu dengan efektif, kamu bisa menjadi lebih produktif dalam belajar ataupun melakukan aktivitas lainnya. 

Tips manajemen waktu yang efektif selama kuliah daring

1. Kenali mana distraksi yang mengganggu waktumu

Sumber: cnbc.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa seseorang dapat mudah terdistraksi saat menjalani perkuliahan daring. Maka dari itu, kamu harus mengenali hambatan-hambatan apa saja yang bisa kamu temui selama menjalani kuliah daring. Apakah media sosial? Aplikasi chatting? Atau kebiasaan kamu curi-curi menonton film di Netflix? 

Setelah kamu mengenali distraksi tersebut, kamu akan memahami bahwa terkadang kamu menghabiskan waktu untuk sesuatu hal yang tidak penting. Jadi, hindarilah untuk melakukan hal-hal tersebut dan cobalah untuk fokus dengan apa yang kamu hadapi sekarang.

2. Buat rencana ke depan

Menjalani perkuliahan daring terkadang membuat waktumu menjadi lebih fleksibel. Apalagi, kamu bisa memotong waktu yang kamu habiskan dalam perjalanan. Nah, salah satu hal penting yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat rencana ke depan.

Rencana di sini bisa berbentuk rencana kamu setiap hari maupun rencana jangka panjang.

Perhatikan kelas apa saja yang harus kamu jalani setiap hari. Kemudian, perhatikan juga jadwal pengumpulan tugas dari masing-masing mata kuliah. Buatlah catatan mengenai tugas yang harus kamu lakukan dan siapkan bahan-bahan bacaan yang kamu perlukan untuk menyelesaikan tugas tersebut.

3. Hindari multitasking

Sumber: lifehack.org

Terkadang, melakukan dua hal secara bersamaan bisa menjadi kemampuan seseorang. Akan tetapi, akan lebih baik apabila kamu fokus dengan kelas daring yang kamu jalani. Hal ini penting supaya kamu bisa secara maksimal menyerap materi yang diberikan.

Apabila kamu merasa kesulitan untuk memfokuskan diri, kamu bisa membuat daftar prioritas hal apa saja yang akan kamu lakukan. Kamu tentunya juga perlu mendaftar tugas apa saja yang harus kerjakan, bukan? 

Usahakan untuk menyediakan waktu yang cukup untuk mengerjakan satu tugas tertentu. Hal ini akan membuat kamu untuk bisa menyelesaikan tugas perkuliahan lebih efisien.

4. Hindari menunda pekerjaan

Berada di rumah dan menjalani perkuliahan di kamar terkadang membuat seorang pelajar gemar menunda pekerjaan. Memang, sih, ada banyak jenis prokrastinator yang ada dan hal tersebut telah menjadi ciri dari para pelajar. Akan tetapi, lebih baik kamu menghindarinya, Kawan Rantau.

Dengan menunda pekerjaan, kamu bisa mengakibatkan daftar prioritas kamu terganggu. Pada akhirnya, ketika tenggat waktu pengerjaan tugas kuliahmu tinggal tersisa sedikit, kamu hanya akan terburu-buru dan tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Bertanya pada teman

Sumber: elements.envanto.com

Pada dasarnya, terkadang kita memiliki teman yang memiliki manajemen waktu yang lebih baik dari kita. Nah, bukan suatu hal yang salah, kok, apabila kamu bertanya pada mereka.

Apabila kamu merasa manajemen waktu yang diterapkan oleh temanmu itu cocok denganmu, tidak ada salahnya untuk ikut menerapkannya.

6. Hadiahi diri sendiri

Manajemen waktu yang efektif biasanya juga merupakan hasil dari respons kamu terhadap keadaan yang cukup melelahkan. Apabila kamu merasa stres atau bosan, kamu bisa sedikit mengambil jeda dan menghadiahi diri kamu sendiri.

Hal ini bisa menaikkan mood kamu untuk melanjutkan perkuliahan kamu. Kemudian, ingatlah motivasi kamu selama menjalani perkuliahan daring, Kawan Rantau. Tidak semua orang mendapat kesempatan untuk tetap berkuliah di masa pandemi seperti ini. Jadi, manfaatkan kesempatan yang kamu miliki sebaik-baiknya.

7. Jaga kesehatan diri

Sumber: health.usnews.com

Untuk bisa menjalani manajemen waktu yang efektif dan berakhir produktif, maka kamu harus terlebih dahulu mampu menjaga kesehatan diri. Pastikan kamu mendapat tidur yang cukup, olahraga yang baik, dan juga makan makanan bergizi.

Pastikan tubuh kamu dalam keadaan sehat untuk bisa bekerja secara maksimal.

Nah, demikianlah tips manajemen waktu yang efektif bagi kamu yang menjalani kuliah daring, Kawan Rantau. Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu tertarik untuk mengikutinya?Baca juga tips work from home dan study from home supaya produktif.

For Your Information

Mengapa manajemen waktu penting bagi pelajar?

Manajemen waktu yang efektif merupakan salah satu skill yang dapat kamu latih selama menjalani perkuliahan daring. Semakin baik kamu mengatur waktu, maka akan lebih mudah bagimu untuk mencapai tujuanmu.

Bagaimana cara mengatur waktu dengan efektif?

Baca pembahasannya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?