fbpx

5 Manfaat Mengikuti Kegiatan Volunteer Saat Kuliah

Dear, Kawan Rantau! Apabila kamu ingin mendapatkan pengalaman selama kuliah tapi tidak dengan jalur internship, maka memilih untuk mengikuti kegiatan volunteer bisa menjadi pilihan. Terkadang, masih banyak pelajar yang memandang sebelah mata mengenai kegiatan ini. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengikuti kegiatan volunteer saat kuliah?

Berikut 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengikuti kegiatan volunteer.

Menambah pengalaman

Sumber: pexels.com

Salah satu manfaat yang paling terasa adalah menambah pengalaman kamu. Dalam hal ini, maka catatan dalam CV kamu bukan sekadar tetang pengalaman kerja sebagai intern, tapi juga volunteer.

Dengan mengikuti kegiatan volunteer, maka pihak perusahaan akan melihat kamu sebagai sosok yang peduli terhadap sekitar. Selain itu, melalui kegiatan ini, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda ketika berada di kelas.

Memperluas jejaring

Tak ada salahnya untuk mulai memperluas jejaring dari awal. Seorang pelajar yang melakukan kegiatan volunteer di satu bidang tertentu bisa jadi mendapat jejaring untuk jenjang karir mereka nantinya.

Hal ini akan berguna ketika kamu ingin melanjutkan karir di bidang yang sama. Kamu bisa meminta referensi dari supervisor selama melakukan volunteering kamu untuk mendapat pekerjaan.

Menjadi lebih bahagia

Sumber: pexels.com

Berdasarkan hasil studi, orang-orang yang senang membantu orang lain cenderung menjadi lebih bahagia. Dengan demikia, melalui kegiatan volunteering, kamu bisa sedikit melepas stres dan menjadi lebih bahagia.

Ketika kamu berhasil membantu orang di sekitarmu, meski hanya dalam bentuk yang sederhana, hal tersebut akan sedikit meringatkan perasaan kamu. Bukankah melihat orang lain tersenyum karena bantuanmu bisa membuat mood kamu membaik?

Mempelajari skill baru

Manfaat yang satu ini bisa menjadi salah satu manfaat yang berguna bagi karir kamu ke depannya. Akan ada banyak skill yang bisa kamu pelajari selama mengikuti kegiatan volunteer. Sebagai contoh, kamu bisa belajar mengembangkan skill komunikasi kamu karena kamu harus beraktivitas dengan banyak orang setiap menghadiri kegiatan volunteering.

Lalu, apabila kamu melakukan volunteer sebagai pengajar, kamu akan belajar memahami bagaimana cara mengajar yang baik. Selain itu, kamu juga bisa belajar memahami pola pikir anak-anak

Meningkatkan kesehatan

Sumber: pexels.com

Percaya atau tidak, berdasarkan studi terbaru, para volunteer mendapatkan banyak manfaat secara kesehatan. Dibandingkan dengan orang-orang yang tidak menjadi volunteer, para volunteer lebih mudah menghadapi depresi. Bahkan, memiliki tingkat mortalitas yang rendah.

Para pelajar yang menjadi volunteer cenderung tidak lebih mudah sakit. Maka dari itu, meluangkan waktu sejenak untuk melakukan kegiatan volunteer akan sangat bermanfaat.

Demikianlah 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengikuti kegiatan volunteer waktu kuliah. Apakah kamu tertarik untuk melakukannya, Kawan Rantau?

Baca juga kisah Krisna yang mengungkap pentingnya saling membantu saat kuliah di luar negeri.

For Your Information

Mengapa penting melakukan kegiatan volunteer?

Melalui kegiatan ini, kamu bisa mendapat pengalaman yang berbeda dari perkuliahan dan juga internship. Selain itu, banyak pula manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Mengapa ikut kegiatan volunteer dapat bermanfaat dalam mencari pekerjaan?

Salah satunya karena kemudahan untuk berjejaring dengan kawan sesama volunteer dan koordinator.

Apa saja manfaat mengikuti kegiatan volunteer?

Baca pembahasan kami melalui artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?