fbpx

5 Langkah Persiapan Untuk Kuliah Ke Luar Negeri

Kuliah di luar negeri itu mungkin terdengar sedikit mengintimidasi, tetapi sebenarnya sangat memungkinkan bila dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Berikut adalah 5 hal secara umum yang harus dicatat untuk persiapan kuliah merantau ke luar negeri.

5. Belajar bahasa asing

Ini hal yang paling mendasar bila ingin pergi ke luar negeri — pelajari bahasa negara destinasi tersebut. Bila kamu tidak bisa berbicara secara fasih, pelajari ucapan dasar untuk bisa melakukan rutinitas sehari-hari seperti: konsumsi makanan, tanya jalan, tanya harga, dan introduksi diri.

Bila kamu masih kesulitan belajar bahasa asing yang sulit seperti Perancis, Mandarin atau Jerman, setidaknya kuasailah bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Ini harus kamu pelajari informasi bahasa nya yang juga termasuk dalam langkah selanjutnya.

4. Informasi program kuliah dan kredit kelas

Ada banyak macam program kuliah di luar negeri di seluruh dunia, dengan tingkat kesulitan dan durasi yang berbeda-beda. Sebagian besar program disampaikan dalam Bahasa Inggris, bahkan di Jerman sekalipun, banyak program kuliah S1 dan S2 yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Ada juga program kuliah yang  memungkinkan kamu untuk mendapatkan gelar dari dua lembaga pendidikan sekaligus (misalnya twinning programme di Malaysia).

Belum memenuhi persyaratan masuk? Bukan berarti kamu tidak bisa kuliah di luar negeri. Kamu bisa mengambil program persiapan/foundation terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke program gelar (S1/S2). Istilah untuk program persiapan ini bervariasi. Malaysia menyebutnya dengan istilah pre-university, dan negara-negara lain memberikan sebutan lain, seperti pathway programme atau bridging programme.

Mahasiswa bisa mentransfer kredit, misalnya belajar selama satu semester di kampus asing. Dengan demikian, walau kuliah di Indonesia, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman dan ilmu dari kampus-kampus ternama di dunia. Menurut Kemenristek Dikti, di tahun 2015 sudah ada 700 mahasiswa yang mengikuti program transfer kredit selama satu semester. Untuk kedepannya, Dikti menargetkan 1.000 peserta.

3. Informasi biaya kuliah dan hidup rantau

Kuliah di luar negeri tidak selalu sangat mahal. Buktinya, kuliah S1 di Jerman lebih murah dibandingkan dari kuliah di universitas-universitas elit di Indonesia. Biaya kuliah di Eropa relatif lebih murah jika dibandingkan dengan negara lainnya.

Di Inggris, kamu dapat menyelesaikan program master/S2 dalam satu tahun sementara di negara lain butuh 2 tahun. Di University of Cambridge, gelar MBA dapat diselesaikan dalam 12 bulan dengan biaya £49.000 (Rp958 juta). Sedangkan butuh biaya dua kali lipat untuk menyelesaikan gelar MBA di Harvard University di Amerika.

Perlu juga menyiapkan anggaran untuk biaya hidup. Biaya hidup ini dapat diringankan oleh penghasilan dari pekerjaan part-time, selama tidak mengganggu studi kamu. Sebelumnya, pelajari dahulu peraturan dan ketentuan untuk kuliah sambil part-time/kerja sambilan di luar negeri. Supaya memiliki gambaran, kisaran biaya hidup di luar negeri dapat dibaca di sini.

2. Asuransi kesehatan

Inggris, Amerika dan Australia mewajibkan mahasiswa internasional untuk memiliki asuransi kesehatan. Biasanya universitas akan merekomendasikan asuransi mahasiswa. Tetapi jika kamu telah memiliki pilihan sendiri, dan asuransi tersebut dapat digunakan di luar negeri, kamu tidak perlu membeli asuransi lainnya.

1. Manfaatkan teknologi

Belajar di luar negeri sekarang ini sangat berbeda dari 20 tahun lalu — sekarang jauh lebih mudah untuk tetap berhubungan. Sekarang ada berbagai home device yang dapat menghubungkan kamu semakin dekat dengan teman dan keluarga, seperti Google Home dan Amazon Alexa.

Orang tua tentunya akan merasa khawatir dan memikirkan anak yang tinggal jauh di rumah. Akan tetapi tidak disarankan terlalu mengikat anak. Bagaimanapun juga mereka perlu dilepas untuk menjadi dewasa. Anak perlu didorong untuk berbaur dengan kehidupan lokal, mengenal teman baru, merasakan hal-hal baru dan menambah wawasan.

Baca Juga 5 Universitas Gratis di Luar Negeri


Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?