fbpx

Mengenal 5 Kursus Antropologi Unik yang Ada di Dunia

Antropologi merupakan disiplin ilmu yang memungkinkan kamu untuk belajar mengenai kebudayaan di masa lampau. Mulai dari evolusi yang terjadi pada sebuah bahasa, hingga apa penyebab suatu kelompok tertentu melakukan perpindahan. Maka dari itu, banyak sekali jenis course unik yang ditawarkan di bidang antropologi dan bisa kamu pelajari.

Kira-kira, apa sajakah course-course yang bisa membuat kamu bertanya-tanya? Simak pembahasannya berikut ini ya, Kawan Rantau.

Event, Time, Memory – Harvard University

Sumber: unsplash.com/Kevin Ku

Course Event, Time, Memory yang diselenggarakan oleh Harvard University ini, akan mengajak kamu melihat bagaimana cara antropologi melihat waktu. Baik secara teoretis maupun etnografis.

Hal ini bermula dengan bagaimana suatu kebudayaan berbeda dan diklasifikasikan berdasarkan waktu. Kemudian, antropologi akan melihat kejadian-kejadian apa saja yang terjadi di antara waktu tadi.

Kerangka ketiga yang digunakan dalam kajian ini adalah “memory” atau ingatan. Nantinya, mahasiswa tidak hanya akan mempelajari antropologi, tapi juga historiografi dan juga filsafat. Ketiganya digunakan untuk memahami lebih lanjut makna dari kejadian, waktu, dan juga ingatan.

Social Animals – Australian National University

Sumber: unsplash.com/Alvan Nae

Salah satu course yang cukup menarik dari Australian National University adalah Social Animals: Anthropological Perspective on Animal-human Relationship. Dalam course ini, kamu akan mempelajari berbagai hubungan yang terjadi antara manusia dan hewan, mulai dari hewan peliharaan, makanan, teman, musuh, makhluk yang memiliki hak, dan lainnya.

Ternyata, ada sejumlah antropologis yang memfokuskan diri pada hubungan yang terjalin antara manusia dan hewan. Memahami secara langsung bagaimana kehidupan hewan sepenuhnya sangatlah penting bagi kehidupan sosial manusia.

Children and Youth In Contemporary Ethnography – London School of Economics and Political Science

Sumber: unsplash.com/Daiki Sagiyama

Selama ini, kajian ilmu antropologi nampaknya tidak memberikan perhatian yang lebih terhadap anak. Akan tetapi, beberapa tahun terakhir, ada sejumlah keinginan utuk mempelajari masa kanak-kana melalui konstruksi historis dan sosial. Lalu, ada juga keinginan untuk melihat bagaimana keterikatan anak-anak dengan dunia sosial mereka sendiri.

Course Children and Youth in Contemporary Ethnography akan mengenalkan kamu pada studi etnografi yang membahas anak-anak dan pemuda. Studi etnografi akan memungkinkan kamu mempelajari banyak sekali masyarakat dari berbagai tempat, mulai dari Inggris hingga Amerika Serikat.

Material and Visual Culture: Critical and practical anthropological approaches to museums and heritage – Copenghagen University

Sumber: unsplash.com/Igor Miske

Dewasa ini, banyak sekali lulusan antropologi yang bekerja di museum dan juga situs bersejarah lainnya. Maka dari itu, mereka membutuhkan pendekatan untuk menghubah hasil studi etnografi mereka menjadi bentuk yang non-tekstual, seperti pameran, buku, video, maupun podcast.

Dalam course Material and Visual Culture, kamu bisa mempelajari pendekatan antroplogi kritis mengenai karya-karya kontemporer yang berhubungan dengan museum. Maupun situs bersejarah lainnya. Dengan demikian, nantinya kamu diharapkan bisa menghasilkan sebuah karya visual yang sesuai dengan kebutuhan dari museum dan tempat lainnya.

The Anthropology of Food – University of Oslo

Sumber: usplash.com/Dan Gold

Dalam the anthropology of food, kamu akan mempelajari pengenalan dasar mengenai perspektif antropologi untuk sistem pangan, baik di tingkat lokal maupun global. Di sini, kamu akan membahas konsepsi yang berbeda atas pangan dan juga kehdiupan manusia, sembari mempelajari perspektif pangan secara sosial, simbolis, maupun ekonomi-politik.

Hal-hal yang akan kamu pelajari contohnya adalah, isu kosumsi yang terjadi sehari-hari, pertukarang pangan dan hubungan sosial.

Itulah 5 course unik di bidang antropologi yang ditawarkan di beberapa universitas di dunia. Bagaimana menurut kamu, Kawan Rantau? Ilmu antropologi memang memiliki banyak sekali pengembangan. Maka dari itu, course-course di atas bisa muncul dan dipelajari.

Kamu juga bisa membaca perbedaan dari jurusan antropologi dan arekologi.

For Your Information

Apa itu antropologi?

Antropologi merupakan disiplin ilmu yang memungkinkan kamu untuk belajar mengenai kebudayaan di masa lampau. Mulai dari evolusi yang terjadi pada sebuah bahasa, hingga apa penyebab suatu kelompok tertentu melakukan perpindahan.

Apakah saya bisa kuliah jurusan antropologi di luar negeri?

Tentu bisa, Kawan Rantau. Banyak sekali universitas-universitas di dunia yang menawarkan jurusan ini. Mulai dari Harvard University, ANU, LSE, sampai University of Oslo.

Apa course unik yang dapat saya pelajari di jurusan antropologi?

Kamu bisa mempelajari hewan, pangan, hingga waktu. Detail lebih lanjutnya bisa kamu temukan di artikel ini.