fbpx

Rilis! 5 Kota Pelajar Terbaik Tahun 2019

Di penghujung Juli 2019, QS World Rankings merilis daftar kota pelajar terbaik tahun 2019, salah satunya adalah kota terbaik menurut survey yang dilakukan terhadap 87.000 pelajar serta lulusan baru. Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbagan para pelajar; kemudahan sarana transportasi publik, keterjangkauan biaya hidup, keberagaman serta toleransi, unsur seni dan budaya yang dimiliki, kehidupan malam, keramahan penduduk lokal, dan peluang memperoleh pekerjaan setelah lulus. Berikut urutannya!

5. Amsterdam

Sumber: http://www.timeout.com

Banyak istilah yang disematkan untuk kota yang satu ini. Negeri keju, negeri tulip hingga kota sepeda karena tatanan kotanya yang bersih dan teratur maka tak jarang berkendara sepeda dijadikan sebagai moda transportasi utama untuk jarak dekat dan menengah. Setiap sudut kotanya adalah perpaduan arsitektur abad ke-17 dan era modern menjadikan Amsterdam terlihat sangat menyenangkan. Berada Dalam urutan ke-5 tervavorit, Amsterdam hampir memenuhi semua indikator keinginan dan kebutuhan pelajar, baik dari lokal maupun mancanegara.

4. Berlin

Berlin merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di Jerman dengan jumlah universitas dan institusi penelitian paling banyak. Selain melimpahnya sumber pengetahuan akademis, kota yang satu ini juga dihadiri oleh beragam museum, seperti Neues Museum, Bauhaus Archives, Topography of Terror, dan lain-lain. Berdasarkan hasil survey, Berlin memenuhi indikator ‘stay after university’ yang menunjukkan daya tarik ekonomi hingga memiliki prospek kerja yang besar bagi lulusan.

3. Melbourne

Dikenal sebagai ibukota budaya Australia, Melbourne dipenuhi oleh beragam kegiatan seni dan budaya. Banyaknya transportasi kota yang gratis dan aman, membuat pelajar menyebut Melbourne sebagai kota dengan sudut-sudut yang indah. Kota ini memenuhi indikator beragam pelajar yang berarti rumah bagi komunitas pelajar dari berbagai negara dengan kehangatan sikap penduduk lokalnya. Setiap pelajar diberikan kesempatan untuk menjelajahi kota yang padat dan sibuk sembari memperoleh pendidikan berkualitas.

2. Montreal

Sumber: DMI

Para pelajar yang mendiami negara Kanada, terutama kota Montreal sebagai salah satu tempat dengan sarana transpotasi publik terbaik yang memudahkan untuk berkeliling dari satu tempat ke tempat lain. Montreal menawarkan hampir keseluruhan indikator yang dibutuhkan pelajar, mulai dari suasana yang ramah dan inklusif, tempat hiburan malam, hingga kehidupan setelah perkuliahan selesai.

1. Munich

Sumber: Muenchen.de

Menempati posisi pertama sebagai kota pelajat terbaik, Munich digadang-gadang sebagai kota yang paling aman dan bersih menurut para pelajar. Keberadaan universitas dan pengembangan karir yang luar biasa membuat para pelajar memutuskan untuk tetap bertahan di kota ini setelah menyelesaikan perkuliahan. Secara keseluruhan, Munich menempati semua indikator yang dibutuhkan para pelajar.

Mennuntut ilmu bisa di kota manapun sebenarnya, tapi tidak ada salahnya kamu memilih kota terbaik yang sudah direkomendasikan para mahasiswa sebelumnya. Point pentingnya, jangan lupa gali informasi selengkap-lengkapnya tentang kota tujuan kamu!


Ingin mengetahui cerita lain di Amsterdam?