fbpx

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Memilih Kuliah Jurusan Teknik

Jurusan teknik masih menjadi primadona bagi sebagian besar orang. Jenis jurusan yang beragam membuat jurusan ini menarik untuk dipilih. Kamu bisa memilih jurusan teknik mesin, teknik sipil, teknik kimia, ataupun teknik elektro. Tentu hal ini tergantung dari minatmu. Sebelum kamu memutuskan untuk memilih kuliah jurusan teknik, berikut sejumlah hal yang harus kamu ketahui:

Tidak Ada yang Namanya Pertanyaan Bodoh

Sumber: edutopia.org

Masih ingat pepatah, “malu bertanya sesat di jalan”? Nah, pepatah tersebut berlaku bagimu sebagai mahasiswa jurusan teknik. Mengapa?

Pada dasarnya, setiap orang memiliki kapasitas dan kemampuan berbeda-beda. Ketika kamu masuk jurusan ini, kamu tidak dituntut untuk mengetahui segalanya. Maka dari itu, akan sangat baik apabila kamu tidak segan bertanya pada saat perkuliahan berjalan.

Tidak Semua Hal yang Kamu Pelajari akan Digunakan

Selama masa perkuliahan, kamu akan mendapat banyak sekali pelajaran. Terkadang, berbagai informasi seolah membanjiri otakmu tanpa jeda. Kemudian, kamu pun mulai bertanya-tanya, apakah seluruh informasi tersebut akan berguna?

Pada dasarnya, tidak semua pekerjaan yang kamu lakukan di masa depan akan membutuhkan seluruh pengetahuan yang kamu dapatkan di universitas. Akan tetapi, bukan berarti kamu bisa melewatkan pelajaran tersebut karena merasa tidak perlu.

Kamu harus memahami bahwa seluruh hal yang kamu pelajari pada dasarnya bisa menjadi kerangka dasar saat kamu bekerja. Meskipun tidak digunakan secara nyata, pengetahuan yang kamu dapatkan tetap bersifat esensial.

Jangan Membatasi Kemampuan Diri

Sumber: australiandebtsolvers.com.au

Ketika kamu kuliah jurusan teknik, sebaiknya jangan hanya fokus pada kemampuan kamu di bidang teknik saja. Ketika kamu bekerja nantinya, kamu harus bisa menguasai kemampuan lainnya.

Sebagai contoh, dalam pekerjaan, akan sangat normal kalau kamu berhadapan dengan urusan administrasi. Meskipun, terlihat sederhana, urusan satu ini membutuhkan kemampuan khusus yang tidak semua orang menguasainya.

Tidak Ada Jaminan Langsung Mendapat Pekerjaan Setelah Lulus

Bidang STEM memang jauh lebih stabil dibandingkan bidang lainnya. Akan tetapi, bukan berarti kamu mendapat jaminan langsung mendapat pekerjaan setelah lulus.

Banyaknya lulusan jurusan teknik membuat semua orang saling berkompetisi. Maka dari itu, buatlah dirimu menjadi lulusan yang punya nilai tambah. Hal ini menjadi penting untuk membedakan kamu dengan lulusan jurusan teknik lainnya.

Lalu, satu hal yang penting, jangan memilih kuliah jurusan teknik karena berpikir bisa mudah mendapat pekerjaan. Pilih jurusan ini apabila kamu memang betul-betul berminat mempelajarinya.

Tidak Hanya Tentang IPK yang Baik

Sumber: pexels.com

Ketika kamu menjalani kuliah jurusan teknik, memiliki IPK yang baik tentu penting. Akan tetapi, yang harus kamu garis bawahi, nilai sempurna bukanlah segalanya. Setelah lulus, para pencari kerja lebih tertarik dengan proyek yang pernah kamu lakukan dan tentunya kemampuan praktis yang kamu miliki.

Dengan demikian, memiliki kegiatan di luar perkuliahan juga penting selama kamu kuliah kuliah. Ambillah kesempatan yang ada untuk terus mengembangkan diri.

Baca juga tips untuk mempersiapkan diri sebelum daftar magang di luar negeri.

For Your Information

Apa hal yang harus saya tahu sebelum memilih jurusan teknik untuk kuliah?

Bacalah artikel ini untuk mencari tahu jawaban lengkapnya.

Apakah saya bisa langsung mendapat pekerjaan setelah lulus jurusan teknik?

Kalau kamu tidak memiliki kelebihan yang lain dibanding teman-temanmu, tidak ada jaminan kamu bisa langsung mendapat pekerjaan setelah lulus.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?