fbpx

5 Hal Dasar yang Harus Kamu Pahami untuk Belajar Bahasa Inggris

Mempelajari hal baru tentunya harus dimulai dari dasar. Hal itu berlaku juga untuk belajar Bahasa Inggris. Jika kamu belajar tanpa pemahaman dasar yang baik, bisa jadi kamu akan kesulitan belajar bahasa Inggris ke tahap selanjutnya. Untuk mengetahui hal-hal dasar apa saja yang perlu kamu pelajari dalam belajar bahasa Inggris, yuk simak artikel seputar 5 hal dasar yang harus kamu pahami untuk belajar bahasa Inggris berikut ini.

1. Bentuk Kata (Tenses)

Sumber: https://unsplash.com/@ilumire

Tenses adalah bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang berguna menunjukkan kondisi waktu terjadinya suatu peristiwa.

Dalam bahasa Inggris, konsep waktu terbagi menjadi empat, yaitu present (sekarang), past (masa lalu), future (masa depan), dan past future (rencana di masa lalu). Sedangkan peristiwa terbagi menjadi empat, yaitu simple (aktivitas sederhana), continuous (aktivitas yang sedang berlangsung), perfect (aktivitas yang telah usai), dan perfect continous (aktivitas yang sedang berlangsung dengan durasi waktu).

2. Mendengarkan (Listening)

Sumber: https://unsplash.com/@mohammadmetri

Dengan mendengarkan, secara tidak langsung kamu akan terbiasa dengan istilah-istilah bahasa Inggris dan memahami apa yang orang lain katakan jika berbicara dalam bahasa inggris.

Salah satu cara cepat belajar bahasa Inggris adalah dengan membiasakan diri mendengarkan kata-kata bahasa Inggris dalam lagu maupun menonton film. Semakin kamu familiar dengan kosakata yang didengarkan, maka kamu akan semakin mudah mempelajarinya.

3. Membaca (Reading)

Sumber: https://unsplash.com/@sincerelymedia

Dengan membaca, kamu akan lebih peka terhadap struktur kata yang terbentuk dalam bahasa Inggris. Kamu pun akan mendapatkan kosakata baru dan mendapatkan referensi dalam menulis maupun mengoreksi kalimat dalam bahasa Inggris.

Sesekali kamu bisa meluangkan waktu untuk membaca. Jika artikel dan koran masih terlalu sulit, kamu bisa belajar dari buku anak-anak karena kosakata dan bentuk kalimatnya masih mudah untuk dipahami. Kamu juga dapat membaca lirik lagu kesukaan kamu sambil mendengarkan lagunya, maka kamu akan melatih 2 kemampuan sekaligus yaitu listening dan reading.

4. Menulis (Writing)

Sumber: https://unsplash.com/@craftedbygc

Menulis akan membuat kamu memahami sejauh mana kemampuan bahasa Inggrismu melalui tata bahasa maupun kosakata. Hal ini dikarenakan writing merupakan penerapan dari tiga skill sebelumnya. Kamu sudah memahami tenses, mendengarkan dan membaca kalimat dalam bahasa Inggris, lalu mempraktekkannya dalam tulisan. 

5. Berbicara (Speaking)

Sumber: https://unsplash.com/@lunarts

Dengan berbicara bahasa Inggris, kamu akan terbiasa dengan kata-kata asing yang mungkin terasa sulit diucapkan oleh orang awam. Jika sering dilatih meskipun perlahan, hal itu dapat mengasah kemampuan speaking kamu.

Kamu dapat mencari teman untuk berbincang dalam bahasa Inggris atau menggunakan media daring untuk berlatih. Satu hal yang terpenting, kamu harus tetap percaya diri dan jangan takut salah karena dari kesalahan itu kamu dapat belajar kan?

Bagi kamu yang tertarik belajar bahasa Inggris untuk bisa bersekolah di luar negeri, kamu juga bisa menyimak artikel seputar perbedaan tes TOEFL, IETLS, dan TOEIC, Kawan Rantau!

Itu dia 5 hal dasar yang perlu kamu pelajari ketika belajar bahasa Inggris sebagai pemula. Bagi kamu yang berminat, Cakap menyediakan kelas khusus untuk belajar bahasa Inggris secara online bersama tutor-tutor pilihan! Kawan Rantau juga berkesempatan mendapatkan diskon 10% untuk mengikuti kelas tersebut! Semoga berhasil!

For Your Information

Apa saja hal dasar yang perlu dipelajari untuk menguasai bahasa Inggris?

Setidaknya, ada 5 hal dasar yang perlu kamu pelajari untuk bisa menguasai bahasa Inggris, antara lain bentuk kata, mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara.

Bagaimana caranya menguasai bahasa Inggris?

Untuk mengetahui bagaimana caranya menguasai bahasa Inggris, simak dulu artikel ini ya, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?