5 Beasiswa Pertukaran Pelajar Musim Gugur dan Dingin 2020

Halo pembaca anak rantau! Tidak terasa kita sudah memasuki masa-masa di penghujung tahun. Jika resolusi untuk pergi ke luar negeri belum tercapai, tampaknya kamu harus kebut atau menunda dan menyusun rencana untuk pergi belajar di tahun depan. Apapun pilihanmu, semoga kamu selalu mendapatkan kesempatan terbaik, ya! Biar study plan semakin mantap, kamu bisa mengikuti beragam pertukaran pelajar musim gugur dan dingin yang akan datang. Simak ulasannya!

Asia

1. Beasiswa Budaya Winter Japan Culture Camp 2020

Sumber: togethertowherever.com

Beasiswa pertukaran pelajar ini merupakan kerjasama ASEAN Youth Friendship Network (AYFN) dengan Japan Culture Camp 2020. Program ini menyasar milenial Indonesia berusia 18 tahun ke atas untuk ikut camp budaya musim dingin di Jepang. Peserta akan tinggal di Osaka dan Kyoto selama 5 hari unthk belajar budaya, menikmati pengalaman musim dingin, dan mencoba transportasi umum. Meskipun singkat, kamu tetap bisa mempelajari budaya Jepang secara rinci. Enaknya lagi, semua gratis dan kamu akan mendapatkan sertifikat elektronik ketika pulang ke Indonesia.

Kamu dapat mengikuti seleksi beasiswa ini pada pertengahan tahun sekitar Agustus hingga September. Calon peserta bisa saja bergabung tanpa seleksi, tapi harus mampu secara finansial untuk membayar biaya program sebesar 550 dollar AS (bukan anggota AYFN) dan 475 dollar AS (anggota AYFN). Pun, peserta mandiri juga harus menanggung semua biaya perintilan seperti tiket, makanan, dan penginapan.

2. Hanyang International Winter School

Sumber: www.hanyang.ac.kr

Program pertukaran pelajar ini akan membawamu mempelajari suasana belajar di Korea Selatan selama 2 minggu. Program ini terdiri dari dua gelombang, yaitu session A dan session B. Sesi pertama akan berlangsung dari tanggal 26 Desember hingga 11 Januari. Lalu sesi kedua akan dimulai tanggal 31 Januari hingga 14 Februari. Pendaftaran kelas musim dingin untuk tahun ini sudah dibuka hingga 15 November 2019 jam 17.00 KST (15.00 WIB). Demi menikmati salju di negeri ginseng, kamu harus rela mengeluarkan biaya 1,6 juta won hingga 2,6 juta won untuk mengikuti kelas internasional ini. Jangan lupa cek websitenya!

3. Beasiswa Fujitsu

Autumn foliage, University of Tokyo, campus Hongo

Beasiswa Fujitsu adalah Beasiswa Pertukaran Mahasiswa ke Jepang yang dilaksanakan pada musim gugur dengan durasi 3 setengah bulan. Program beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa dari berbagai negara termasuk Indonesia. Tujuan dari beasiswa ini tidak lain adalah untuk memberikan kesempatan kepada penerima beasiswa untuk mengasah kemampuan diri sebagai bekal untuk berkontribusi untuk  kemajuan masyarakat di daerahnya masing-masing setelah program ini selesai.

Berkaca pada pembukaan 2019, program ini biasanya membuka pendaftaran pada Desember. Nah, berhubung sebentar lagi kita sampai di penghujung tahun, tidak ada salahnya mulai menyiapkan berkas-berkas untuk pendaftaran 2020. Supaya tidak ketinggalan info, cek pranala ini!

Eropa

4. Beasiswa StuNed

Sumber: paradise-found.de

Beasiswa StuNed program kursus singkat juga memberikan kesempatan bagi para pekerja profesional untuk mengembangkan bakat di negeri kincir angin. Beasiswa penuh ini merupakan program prestisius dari pemerintah Belanda untuk warga negara Indonesia yang ingin mendalami bidang Transport, (Agro)logistic and Infrastructure, Security and Rule of Law, dan International Trade, Finance, and Economics. Selama 2 hingga 12 minggu, peserta akan diberi pengetahuan demi meningkatkan kontribusi kerjanya sepulang dari Belanda. Pendaftarannya sebentar lagi dibuka, loh!

Amerika

5. Amerika The Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD Program)

Sumber: assets.simpleviewinc.com

Jika kamu minat menghabiskan waktu belajar di Amerika, maka program prestisius ini patut dicoba. Beasiswa pertukaran pelajar ini dibuka untuk mahasiswa yang telah duduk di bangku kuliah minimal 1 semester dan maksimal 1 semester sebelum lulus. Kamu akan belajar secara formal dan non formal selama 1 semester di kampus mitra secara gratis. Selain itu, kamu juga bisa bertemu mahasisea internasional lainnya untuk bertukar pendapat dan pemikiran. Pendaftarannya dibuka sebentar lagi, yaitu 1 November hingga 31 Desember jam 5.00 sore waktu Amerika.

Demikian 5 beasiswa pertukaran pelajar saat musim gugur dan dingin yang dapat kamu coba. Coba sesekali pergi ke luar negeri untuk tujuan edukasi supaya kamu mendapatkan ilmu yang tidak ada di sini. Terus semangat menggapai impian belajar ke luar negeri. Tetap semangat!