5 Beasiswa Internasional Khusus Perempuan 2020

Kuliah ke luar negeri merupakan kesempatan yang dapat digapai oleh siapapun selama mau berusaha dan jago melihat peluang. Bagi pemburu beasiswa, penghujung tahun merupakan waktu emas untuk mengincar kuliah gratis karena banyak beasiswa yang dibuka saat itu, seperti beasiswa internasional yang ditujukan khusus untuk perempuan. Jika kamu para perempuan tertarik dengan isu perempuan dan kesetaraan gender, maka wajib mengikuti ulasan tentang beasiswa internasional untuk perempuan di bawah ini!

1. International Scholarship for Women (ISW)

DSC_0438

Beasiswa ini ditujukan khusus perempuan yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang S1 hingga S3 di Amerika. Program ini khusus untuk perempuan yang dapat membuktikan dedikasinya di bidang pemberdayaan perempuan, baik tingkat profesional, komunitas, maupun sipil. Cakupan beasiswanya pun sangat menjanjikan, yaitu asuransi kesehatan SunLife, tiket penerbangan, biaya hidup, buku, dan kuliah. Perlu diperhatikan bahwa setiap jenjang memiliki daftar biaya yang berbeda. Supaya beasiswa dapat digunakan secara maksimal, peserta harus mempertimbangkan persyaratan umum seperti memiliki KTP, diterima atau sedang kuliah di kampus Amerika, memiliki TOEFL/IELTS minimal 6, serta wajib kembali ke negara asal dan bekerja sesuai bidangnya.

Pihak beasiswa memberikan banyak sekali kesempatan untuk program 2020 dengan membuka dua kali pendaftaran. Gelombang pertama dibuka saat ini hingga 30 April 2020 dan gelombang kedua hingga 30 Juni 2020. Mumpung masih banyak sekali waktu, kamu bisa mempersiapkan motivation letter serta printilannya sebaik dan serapih mungkin sebelum dikirim ke e-mail aid@shebegan.com. Supaya tidak ketinggalan informasi, rajinlah memantau situsnya di tautan ini, ya!

2. American Association of University Women (AAUW)

Sumber: http://www.aauw-issaquah.org

Beasiswa AAUW memiliki 7 program dan ditujukan untuk wanita yang bukan berkewarganegaraan Amerika. Beasiswa khusus perempuan ini dibuka oleh American Association of University Women (AAUW), sebuah organisasi non profit aktif menyuarakan kesetaraan dan pendidikan perempuan sejak 1881. Organisasi ini memberikan kesempatan bagi wanita internasional untuk mengenyam pendidikan pascasarjana dan postdoctoral di kampus-kampus Amerika Serikat.

Demi kehidupan pelajar yang lebih baik, AAUW membuka pendaftaran beasiswa 2020 hingga 15 November 2019 via situs resmi. Lalu, hasil akan diumumkan pada tanggal 15 April 2020. Jaraknya cukup jauh, sehingga kamu dapat mempersiapkan ancang-ancang untuk beasiswa lainnya. Jika lolos, maka dana beasiswa akan berjalan selama setahun mulai 1 Juli 2020 hingga 30 Juni 2021. Bagi kamu yang masih bingung atau ingin menyiapkan diri sedini mungkin untuk kesempatan selanjutnya, maka kontak saja melalui e-mail aauw@applyist.com.

3. Google Women Techmakers Scholars Program

Sumber: https://www.thestar.com/

Pekerjaan yang berhubungan dengan Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM) masih didominasi oleh laki-laki, padahal bidang tersebut juga terbuka untuk perempuan. Jika kamu perempuan merasa “salah minat”, barangkali beasiswa khusus perempuan dari Google ini dapat menumbuhkan kembali harapanmu untuk bekerja di bidang STEM. Program ini memberikan dana bantuan sebesar US$ 10.000 kepada wanita terpilih di seluruh dunia yang sedang kuliah di bidang ilmu dan teknologi komputer tingkat sarjana atau pascasarjana. Serunya lagi, pelamar yang lolos akan diundang ke kantor regional Google untuk menjadi pembicara, lokakarya, dan kegiatan sosial.

Penilaian seleksi dilihat dari latar belakang akademis dan kepemimpinan mereka. Maka dari itu, perbanyak kegiatan sosial yang valuable dan impactful supaya terpilih. Pendaftaran dibuka secara online dengan klik tautan ini, lalu log in terlebih dahulu dengan akun Google, kemudian jawab pertanyaan singkat, terakhir cantumkan PDF resume, PDF transkrip terakhir, dan PDF jawaban pelamar dari Google Form (G-Form). Deadline pendaftaran hingga 5 Desember 2019 jam 23.59 (malam) PST.

4. FINCAD Women in Finance Scholarship

perempuan melempar topi wisuda - beasiswa internasional untuk perempuan
Sumber: Pexels

FINCAD adalah beasiswa tahunan khusus perempuan yang memiliki minat di bidang keuangan, capital markets, dan manajemen risiko keuangan. Beasiswa ini memberikan dana sebesar US$ 20.000 untuk mahasiswa perempuan di seluruh dunia yang sedang kuliah finance di jenjang sarjana dan pascasarjana. Dilansir dari situs resmi, pendaftaran 2020 baru dibuka saat musim semi, berarti sekitar April 2020 hingga Juni 2020.

5. Margaret McNamara Education Grants

guru wanita mengjar - beasiswa internasional untuk perempuan anak rantau
Sumber: https://study.com/

Beasiswa internasional ini ditujukan untuk perempuan yang memiliki keinginan dan komitmen kuat dalam memperbaiki kehidupan perempuan dan anak-anak dari negara berkembang. Setiap tahunnya program ini memberika bantuan dana kepada 25 wanita terpilih dari negara berkembang untuk menempuh studi di negara yang telah ditentukan, yaitu Amerika, Kanada, Afrika Selatan, dan Amerika Latin. Beasiswa khusus perempuan ini memang memiliki empat program unggulan, yaitu US & Canada Program, Trinity Washington University Program, South Africa Program, dan Latin America Program.

Persyaratan umumnya yaitu memiliki kewarganegaraan yang masuk ke daftar negara berkembang versi beasiswa ini (MMEG). Nah, Indonesia salah satu yang masuk ke daftar negara berkembang kelas menengah. Selain itu pelamar dan negara asal juga tidak memiliki hubungan dengan bank dunia, International Monetary Fund (IMF), atau Inter-American Development Bank Staff.

Tenggat waktu beasiswa ini hingga 15 Januari 2020 dan hasilnya akan diumumkan pada 20 Maret 2020 melalui e-mail. Daripada menunggu lebih lama, mending langsung saja daftar melalui situs resmi MMEG. Pilihlah negara yang memiliki kemungkinan lolos lebih besar.

Sebelum apply, pastikan kamu perempuan yang memenuhi kriteria di atas. Gender bukanlah faktor keterbatasan dalam belajar, maka dari itu perempuan juga memiliki kesempatan yang sama untuk sekolah di luar negeri setinggi mungkin. Jangan cemas tidak kebagian beasiswa karena anak rantau selalu memberikan informasi terbaru. Panjang umur pendidikan bagi perempuan!