fbpx

4 Tips Jitu untuk Lulus Tes TOEFL dengan Skor Memuaskan

Lulus tes TOEFL dengan skor memuaskan merupakan salah satu hal yang bisa membantumu untuk mendaftar kuliah di luar negeri. Selain itu, sertifikat ini juga bisa menunjang lamaran kerja Kawan Rantau, lho. Nah, bagi Kawan Rantau yang berencana untuk mengambil tes TOEFL, simak 5 tips jitu untuk lulus tes TOEFL dengan skor memuaskan berikut, ya!

Belajar dari buku TOEFL Preparation

Sumber: https://unsplash.com/@dollargill

Jika tidak mengikuti les, buku TOEFL Preparation yang dilengkapi dengan software untuk latihan dapat membantu kamu belajar. 

Buku latihan tes TOEFL yang direkomendasikan adalah buku BARRONS, LONGMAN, CAMBRIDGE, KAPLAN dan CLIFF. Kamu tinggal cek reviewnya dan pilih mana yang paling cocok untukmu.

Pahami semua hal tentang TOEFL

Sumber: https://unsplash.com/@boab

Kamu harus benar-benar paham jenis tes TOEFL apa yang akan diambil (PBT atau IBT serta perbedaan keduanya).

Dengan begitu, kamu akan tahu kemampuan apa yang akan diujikan, prosedur registrasi tes, peraturan tes setiap section, hingga cara menentukan skor akhir. Itu semua akan membantu kamu mewujudkan targetmu.

Susun rencana belajar yang realistis

Sumber: https://unsplash.com/@helloquence

Setelah tahu kemampuanmu, saatnya menyusun rencana belajarmu. Mulai dari cara belajar, waktu yang dibutuhkan, tempat belajar, sumber pembelajaran, hingga target skor yang kamu inginkan. Tapi ingat, harus realistis!

Dari latihan yang sudah kamu lakukan, kamu juga akan tahu kelemahanmu dan itulah yang menjadi prioritas belajarmu. Buat prioritas dari yang paling menjadi kelemahanmu tapi juga tetap pelajari section yang sudah kamu kuasai.

Cari tahu trik pada setiap section dan terapkan

Sumber: https://unsplash.com/@kaleidico

Saat belajar, kamu bisa mencari pola dari soal setiap section yang kamu kerjakan. Misalnya, kamu hanya perlu fokus pada speaker 2 pada listening section dan masih banyak trik lain yang bisa kamu terapkan.

Itu dia beberapa tips jitu yang bisa Kawan Rantau praktekkan sebelum mengambil tes TOEFL atau tes bahasa Inggris lainnya.

Nah, bagi Kawan Rantau yang tertarik untuk belajar TOEFL secara online bersama tutor-tutor pilihan, Cakap menawarkan Kelas Belajar TOEFL Online dengan diskon 10% khusus buat Kawan Rantau! Selamat belajar!

For Your Information

Mengapa penting untuk tahu tujuan mengambil tes TOEFL?

Dengan mengetahui alasan yang sebenarnya akan memudahkan kamu dalam belajar. Kamu akan menjadi lebih fokus untuk mendalami section yang kamu butuhkan.

Apakah saya harus mempersiapkan diri untuk mengikuti tes TOEFL?

Apabila kamu ingin mengambil tes TOEFL, maka kamu harus tahu terlebih dahulu format dari tes TOEFL. Tentu pelaksanaan tes TOEFL tidak sama dengan ujian bahasa Inggris di sekolah.

Apakah ada platform yang dapat membantu saya mempersiapkan diri mengambil tes TOEFL?

Bagaimana kalau kamu membaca artikel ini untuk tahu jawabannya?

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?