fbpx

4 Kebijakan Pendidikan di Indonesia pada Masa Darurat COVID-19

Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia membuat pemerintah di banyak negara memberlakukan berbagai kebijakan untuk menekan laju penyebarannya. Di Indonesia, beberapa kebijakan dalam sektor pendidikan harus diambil pemerintah selama masa pandemi Covid-19 ini. Apa saja kebijakan baru tersebut? Simak 4 kebijakan pendidikan di Indonesia selama darurat Covid-19 berikut ini.

Pembelajaran online

Pembelajaran online adalah salah satu kebijakan pendidikan yang diambil pada masa Covid-19
Sumber: https://katadata.co.id/berita/2020/03/17/7-aplikasi-belajar-online-gratis-untuk-siswa-dan-guru

Penyebaran COVID-19 yang meningkat membuat pemerintah mengambil tindakan untuk menutup sekolah selama masa darurat COVID-19. Sebagai solusinya, pembelajaran di sekolah diganti dengan pembelajaran online.

Dalam sistem belajar online ini, pemerintah dan pihak sekolah menyediakan berbagai alternatif mulai dari aplikasi yang digunakan untuk belajar online secara fleksibel, video conference, serta tugas yang harus dikerjakan dan dikumpulkan secara online.

Kuliah online

Kuliah online adalah salah satu kebijakan pendidikan yang diambil pada masa Covid-19
Sumber: https://merahputih.com/post/read/sekolah-dari-rumah-simak-cerita-mahasiswa-yang-menjalani-sistem-kuliah-online

Sebagian besar universitas di Indonesia telah menerapkan kelas online karena penyebaran Covid-19 di Indonesia. Selain belajar dan mengajar, beberapa kampus sudah mengambil kebijakan agar semua kegiatan perkuliahan dilakukan secara online hingga akhir semester genap ini, termasuk pelaksanaan ujian tengah semester, ujian akhir semester, praktikum, bimbingan tugas akhir, tesis, dan disertasi.

Ujian Nasional ditiadakan

Peniadaan Ujian Nasional adalah salah satu kebijakan pendidikan yang diambil pada masa Covid-19
Sumber: https://cewekbanget.grid.id/read/061951155/merdeka-belajar-program-baru-ala-nadiem-makarim-un-dihapuskan?page=all

Pada Selasa, 24 Maret 2020, pemerintah telah mengumumkan jika Ujian Nasional 2020 resmi ditiadakan mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Komisi X DPR RI telah membahas pengganti UN dan memiliki 2 opsi, yaitu melakukan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) secara online atau menerapkan metode kelulusan dengan menimbang nilai kumulatif siswa selama belajar di sekolah.

Tapi, keputusan ini belum final dan Kemendikbud akan terus berkoordinasi dengan Presiden Jokowi untuk mengeluarkan kebijakan terkait penggantian UN.

UTBK SBMPTN 2020 diundur

Penguduran ujian SBMPTN adalah salah satu kebijakan pendidikan yang diambil pada masa Covid-19
Sumber: https://www.liputan6.com/citizen6/read/3509090/ujian-sbmptn-2018-digelar-besok-ini-jadwal-lengkap-dan-tata-tertibnya

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengeluarkan kebijakan untuk menunda pendaftaran dan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020. UTBK tahap pertama dan kedua seharusnya dilaksanakan pada bulan April dan Mei 2020. Berikut ini jadwal terbaru SBMPTN 2020 dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT):

  • Pendaftaran UTBK dan SBMPTN: 02 – 20 Juni 2020
  • Pelaksanaan UTBK: 05- 12 Juli 2020
  • Pengumuman SBMPTN: 25 Juli 2020

Nah, itu dia 4 kebijakan pendidikan yang diambil pada masa darurat Covid-19 ini. Untuk Kawan Rantau yang turut terdampak dengan kebijakan ini, semoga Kawan Rantau dapat bersabar hingga situasi kembali normal.

BACA JUGA: Informasi Seputar Beasiswa Fulbright dalam Masa Pandemi Covid-19

Jangan lupa juga untuk selalu mencari informasi terbaru dari kegiatan atau pelaksanaan yang sebelumnya tertunda. Stay safe and stay healthy, ya, Kawan Rantau!

For Your Information

Apakah ada kebijakan pendidikan yang berubah selama masa pandemi Covid-19?

Ya, Kemdikbud menetapkan beberapa kebijakan baru pada masa pandemi Covid-19.

Apa kebijakan pendidikan yang baru ditetapkan selama masa pandemi Covid-19?

Kebijakan pendidikan yang baru ditetapkan selama masa pandemi Covid-19, antara lain pembelajaran dan kuliah online, peniadaan Ujian Nasional 2020, dan pengunduran UTBK SBMPTN 2020.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?