fbpx

4 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Melanjutkan Kuliah S2

Melanjutkan kuliah S2 mungkin menjadi idaman bagi sebagian orang. Dengan melanjutkan kuliah S2, kita bisa meningkatkan pengetahuan serta membantu mencapai peningkatan karier. Namun, tak semua orang tahu apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan melanjutkan kuliah S2. Karena itu, simak 4 hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan kuliah S2 berikut ini.

Jurusan kuliah

Pertimbangkan jurusan kuliah sebelum melanjutkan kuliah S2
Sumber: insidehighered.com

Tak sedikit orang yang menjalani kuliah S2 dengan jurusan yang tidak linier dengan jenjang S1 mereka. Biasanya hal ini terjadi kepada mereka yang telah bekerja pada bidang yang tak terlalu sesuai dengan jurusan S1 mereka dan begitu juga sebaliknya.

Pastikan kamu memilih jurusan kuliah yang bisa membantu kamu mencapai peningkatan karier kamu. 

Biaya kuliah

Pertimbangkan sumber biaya kuliah sebelum melanjutkan kuliah S2
Sumber: economictimes.com

Pastikan Kawan Rantau sudah mengkalkulasi uang saku, biaya per semester, biaya buku, akomodasi, dan kebutuhan hidup lainnya sebelum memutuskan kuliah dengan biaya sendiri.

Kawan Rantau juga bisa mencoba mengambil jalur beasiswa untuk memenuhi biaya kuliah.

Rencana setelah lulus

Pertimbangkan rencana setelah lulus sebelum melanjutkan kuliah S2
Sumber: https://unsplash.com/@progressive/likes

Hindari melanjutkan kuliah S2 karena gengsi melihat teman lain. Buatlah rencana studi yang matang dan apa yang akan kamu lakukan setelah lulus nanti.

Gelar dan pendidikan S2 kamu bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan jenjang karier ke level senior, menjadi dosen S1, atau bekal mendirikan usaha sendiri. 

Apa pun pilihanmu, pastikan Kawan Rantau sudah memiliki rencana yang matang saat lulus nanti, ya.

Pekerjaan

Sumber: https://unsplash.com/@brookecagle

Bila saat ini Kawan Rantau masih terikat dengan kontrak kerja, periksa kembali kesepakatan kerja kamu untuk mengetahui lebih lanjut kebijakan perusahaan terhadap karyawan yang ingin melanjutkan kuliah.

Jika diperbolehkan untuk bekerja sambil kuliah secara bersamaan, pertimbangkan juga pembagian waktu dan tenaga kamu

Jika Kawan Rantau ingin fokus menjalani kuliah, maka kamu dapat mengajukan pengunduran diri. Namun, jangan lupa untuk perhatikan bagaimana kamu akan memenuhi kebutuhan hidupmu setelah tak bekerja nanti, ya.

BACA JUGA: Dokumen Beasiswa yang Harus Kamu Siapkan untuk Kuliah di Luar Negeri

Walaupun tak mutlak, berkuliah S2 dapat mempengaruhi kenaikan penghasilan dan jenjang karier. Karena itu, Kawan Rantau tak perlu bingung untuk memilih antara bekerja atau melanjutkan kuliah S2.

Dengan memperhatikan keempat hal tadi, niscaya Kawan Rantau tetap bisa berkuliah S2 sekaligus meningkatkan jenjang karier.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?