4 Beasiswa Populer Kuliah di Korea Selatan Selain KGSP

Gelombang K-Pop masih menerjang deras di berbagai belahan dunia, khususnya Asia. Bahkan, banyak penggemar K-Pop rela datang berbondong-bondong ke negara yang sering di panggil negeri ginseng tersebut untuk menikmati K-Pop di kampung halamannya. Selain berlibur ternyata kamu juga bisa menikmati K-Pop dan berkesempatan untuk berjumpa oppa atau eonni favoritmu sambil menimba ilmu dengan gratis loh! win-win solution! Kuliah gratis di Korea Selatan bukan hal mustahil sebab Indonesia menjadi negara yang berlimpah beasiswa kuliah ke Korea Selatan. Banyak sekali pilihan beasiswa kuliah di Korsel, yuk simak ulasan 4 beasiswa kuliah populer di Korea Selatan selain KGSP di bawah ini!

1. Korea Advance Institute of Science and Technology (KAIST)

KAIST
Sumber: http://www.koreatimes.co.kr

Beasiswa penuh dari kampus di Korea Selatan ini ditujuan bagi lulusan SMA atau sederajat yang tertarik dengan bidang Sains. Beasiswa ini akan menanggung biaya pendidikanmu 100% selama 8 semester asalkan dapat mempertahankan IPK. Enaknya lagi, kamu akan mendapatkan uang jajan per bulan sebesar 350.000 KRW atau sekitar 4 juta-an rupiah. Pihak kampus pun memberikan fasilitas asuransi kesehatan nasional, sehingga sebagian uang jajan dapat ditabung.

Tidak tanggung-tanggung, beasiswa ini membuka pendaftaran sebanyak 3 gelombang, yaitu tahap 1 pada musim gugur (September-Oktober), lalu tahap 2 (reguler) pada musim dingin (November-Januari), dan tahap 3 pada musim semi (Maret-Mei). Banyaknya kesempatan membuatmu harus rajin melipir ke situs resminya. Supaya mendapat gambaran lebih jelas, kamu dapat membaca panduan di sini.

Jurusan yang tersedia

Fisika, Matematika, Kimia, Biologi, Teknik Mesin, Tenik Penerbangan, Teknik Listrik, Ilmu Komputer, Teknik Sipil dan Lingkungan, Desain Industri, Teknik Industri, Teknik Kimia, Biomolekular, Ilmu dan Teknik Material, Teknik Nuklir dan Quantum, Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Manajemen Bisnis dan Teknologi.

2. Beasiswa Art Major Asian (AMA)

Korea National University of Arts
Sumber: scholarship-positions.com

Bagi kamu yang ingin mendalami dunia produksi tayangan Korea dan seni peran, beasiswa penuh Art Major Asian (AMA) wajib dicoba. Peluang ini terbuka bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 dan S2 tahun akademik 2020-2021 di Korean National University of Arts (K’ARTS). K’ARTS kampus seni prestisius yang telah menciptakan alumni unggul di dunia penyiaran, seperti Suho EXO, Kim Go Eun, Jung So Min dan Park So Dam. Wah, keren banget, ya!

Penjelasan rinci dan kontak penting dapat kamu telusuri di situs pemerintah Korea Selatan. Sebelum lamar, pastikan kamu lulus sebelum 28 Februari, ya!

Jurusan yang Tersedia

Program yang ditawarkan cukup banyak, di antaranya Vocal Music, Instrumental Music, Composition, Conduction,  Acting, Directing, Stage Design, Theatre Studies, Film Making, Broadcasting, Multimedia, Animation, Cinea Studies,  Dance Performance, Choreography, Dance Theory, Fine Arts, Design, Art Theory, Architecture, dan lain sebagainya.

3. Beasiswa Riset

kaca pembesar - beasiswa kuliah korea selatan
Sumber: Pexels

Beasiswa penuh ini ditujukan untuk kalangan S2, S3 dan peneliti dengan memberikan kesempatan kuliah sambil bekerja di laboratorium penelitian. Dilansir dari PERPIKA, para penerima beasiswa akan menerima tunjangan layaknya gaji dengan kisaran 1.200.000 KRW/bulan (14 juta) untuk S2 dan 1.600.000 KRW/bulan (18 juta) untuk S3. Meskipun begitu, program ini tidak menggunakan ikatan kontrak atau dinas setelah masa beasiswa berakhir.

4. Posco TJ Park Foundation

posco tj park foundation - beasiswa kuliah korea selatan
Sumber: http://www.postf.org

Program unggulan ini datang dari yayasan perusahaan baja Korea dengan target pelamar di benua Asia. Berhubung Indonesia termasuk negara Asia, maka kesempatan ini patut kamu hajar! Yayasan ini selalu memberikan beasiswa kepada 30 pelajar Asia yang ingin kuliah S2 dan S3 di Korea Selatan. Jika lolos seleksi, maka kuliah dan biaya hidup akan ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan. Enak banget, kan!

Pendaftaran program ini selalu dibuka di pertengahan tahun, yaitu Mei hingga Juli. Informasi detail akan dipampang di situs resminya. Ikuti semua persyaratan supaya peluang lolos semakin besar.

Itulah 4 beasiswa populer di Korea Selatan yang dapat kamu coba. Kamu harus yakin ketika melamar beasiswa ke luar negeri karena donatur enggan memberikan kepada calon yang tidak mengenal kemampuan diri sendiri. Semangat, ya!

Bagi yang tertarik mengikuti KGSP (Korea Government Scholarship Program) untuk jenjang s1 dan diploma, yuk simak artikel ini tentang kiat-kiat untuk lolos mendapatkan beasiswa KGSP 2019.