fbpx

3 Jenis Perkuliahan yang Sulit Dilakukan Secara Daring

Kelas-kelas di universitas telah berjalan secara daring sejak Maret 2020. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Sayangnya, tidak semua pelaksanaan perkuliahan bisa berjalan lancar. Banyak perkuliahan yang sangat sulit atau bahkan tidak mungkin untuk dilakukan secara daring.

Berikut merupakan 3 jenis perkuliahan yang sangat sulit dilakukan secara daring.

Perkuliahan seni dan desain

Sumber: don.ac.uk

Pelaksanaan perkuliahan seni dan desain biasanya dilakukan studio. Meskipun kelas yang berbasis teori dapat dilaksanakan secara daring, sayangnya banyak sekali pembelajaran praktik yang harus dilakukan secara langsung.

Sejumlah upaya pun dilakukan untuk memungkinkan siswa tetap bisa mengikuti perkuliahan secara penuh. Sebagai contoh, di Moore College of Art & Design, para pelajar dapat memilih untuk menyelesaikan karya studio mereka di dalam atau di luar kampus.

Kemudian, untuk para mahasiswa fashion, pihak Moore berupaya untuk mempersiapkan mesin jahit yang dapat digunakan oleh siswa di rumah.

Tentunya, apabila tidak ada upaya tindak lanjut dari pihak universitas, perkuliahan seni dan desain yang berhubungan dengan praktikum akan sangat sulit dilakukan secara daring.

Jurusan yang berhubungan dengan penelitian laboratorium

Sumber: mediaindonesia.com

Di banyak universitas, perkuliahan yang melibatkan penelitian laboratorium akan dilakukan secara tatap muka. 

Greg Lupinksi selaku direktur kesehatan lingkungan dan keamanan radiasi di Temple University menyatakan bahwa nantinya para mahasiswa akan mendapatkan alat pelindung diri saat harus bekerja di laboratorium.

Kemudian, jurusan seperti kedokteran pun akan sulit dilakukan secara daring secara keseluruhan. Maka dari itu, pelaksanaan perkuliahan campuran menjadi pilihan sejumlah universitas.

Teknik

Sumber: thewastonmercury.co.uk

Para pelajar yang menjalani perkuliahan teknik juga mendapatkan tantangan untuk melaksanakan perkuliahan secara daring. Mereka juga membutuhkan banyak sekali perkuliahan praktik yang mengharuskan mereka berada di studio kerja yang ada di kampus.

Pada akhirnya, pihak universitas di sejumlah universitas seperti Rowan College of South Jersey menyatakan bahwa perkuliahan dapat dilakukan secara tatap muka. Akan tetapi dengan syarat menerapkan berbagai aturan kesehatan, seperti penjarakan sosial, menggunakan masker, dan juga secara reguler melakukan cuci tangan.

Kemudian, pelaksanaan perkuliahan tatap muka ini pun akan dilaksanakan secara terbatas. Apabila pelajar tidak menaati aturan kesehatan yang ada, maka mereka harus meninggalkan perkuliahan dan dianggap absen.

Tentunya, masih banyak lagi jenis perkuliahan yang dilakukan secara daring. Meskipun mayoritas para mahasiswa sekarang ini lebih mudah dalam menggunakan teknologi, tidak semua perkuliahan yang mereka jalani dapat dijalani secara daring.

Semoga solusi yang tersedia tetap dapat berjalan dengan aman bagi para mahasiswa maupun staf pengajar.

Baca juga Hong Kong yang telah melaksanakan perkuliahan daring jauh sebelum COVID-19 melanda.

For Your Information

Apakah semua perkuliahan dapat dilaksanakan secara daring?

Sayangnya tidak, Kawan Rantau. Ada sejumlah perkuliahan yang tidak bisa dilakukan secara daring.

Apa saja jenis perkuliahan yang tidak bisa dilakukan secara daring?

Baca jawabannya di dalam artikel ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di New Jersey?