10 Universitas Terbaik di Jepang

Apakah kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di luar negeri? Jika jawabannya iya, maka kamu boleh mempertimbangkan kuliah di negara Jepang.

Kemajuan teknologi industri dan inovasi dalam ilmu pengetahuan menjadi daya tarik utama mereka bagi siswa internasional termasuk pelajar dari Indonesia.

Bahkan pemerintah Jepang dan sejumlah perguruan tingginya terus melakukan perbaikan agar lebih banyak mahasiswa internasional yang bisa belajar di sana. Target pemerintah Jepang sendiri akan ada 300.000 mahasiswa asing belajar di Jepang tahun 2020. Berikut adalah 10 Universitas berkualitas di Negeri Sakura.

10. Tsukuba University

University of Tsukuba adalah salah satu universitas nasional tertua di Jepang yang terletak di Kota Tsukuba, Ibaraki Prefecture di wilayah Kanto Jepang. Kampus Tsukuba utama meliputi area seluas 258 hektar (636 hektar) sehingga merupakan kampus tunggal terbesar di Jepang.

Buat kamu yang suka hubungan internasional, universitas ini mempunyai bidang studi yang baik mengenai ‘interdisciplinary studies and internationalisation‘ khususnya di Asia dan Afrika.

9. Hokkaido University

Universitas Hokkaido adalah salah satu universitas nasional Jepang yang merupakan anggota dari tujuh universitas nasional Jepang. Terletak di pusat Kota Sapporo, di utara Stasiun Sapporo, Hokkaido University dianggap sebagai salah satu universitas terkemuka di Jepang.

Alumni dari universitas ini termasuk astronot Mamoru Mohri dan pendaki gunung everest tertua, Yuichiro Miura.

8. Nagoya University

Nagoya University merupakan universitas yang sudah berdiri dari sejak zaman Kekaisaran Meiji. Pada awalnya universitas ini merupakan sekolah kedokteran.

Nah, universitas ini diperuntukkan bagi kalian yang tertarik dibidang yang berhubungan dengan sains, karena universitas ini kebanyakan alumninya berkarier dibidang tersebut termasuk, peraih nobel dibidang bahkan penemu Blue-LED yaitu Hiroshi Amano dan Isamu Akasa juga alumni universitas ini, loh!

7. Kyushu University

Kyushu University atau disingkat Kyudai adalah sebuah universitas publik Jepang yang terletak di Fukuoka, Kyushu. Sejarah Universitas Kyushu dapat ditelusuri oleh sekolah-sekolah medis dari domain feodal yang dibangun pada tahun 1867, dan sekarang merupakan universitas negeri terbesar di Kyushu.

Buat kamu yang tidak bisa berbahasa Jepang, Universitas ini adalah salah satu dari 3 universitas tujuan bagi mahasiswa asing (setelah Universitas Tokyo dan Universitas Osaka) yang berbahasa Inggris.

6. Tohoku University

Universitas ini cocok buat kalian yang ingin belajar jurusan material yaitu, mempelajari materi pembuatan benda sampai bangunan. Karena universitas ini terkenal dengan jurusan tersebut. Bahkan, jurusan tersebut termasuk salah satu jurusan terbaik di dunia menurut lembaga internasional Thomson-Reuters.

Universitas ini memiliki 15 jurusan diantaranya, sekolah setara S1 yang meliputi keilmuan sastra-seni, ekonomi, sains, kedokteran-kedokteran gigi, edukasi dan teknik.

5. Osaka University

Universitas Osaka adalah sebuah universitas nasional yang terletak di Osaka, Jepang. Universitas ini adalah universitas tertua keenam di Jepang sebagai Prefektur Osaka Medical College, dan salah satu dari tujuh universitas nasional Jepang.

Banyak ilmuwan terkemuka telah bekerja di Universitas Osaka seperti peraih Nobel dalam bidang fisika, Hideki Yukawa.

4. University of Tokyo

Merupakan salah satu kampus incaran para pelajar Jepang maupun pelajar internasional lainnya. Universitas ini memiliki 5 kampus berada di Hongō, Komaba, Kashiwa, Shirokane, dan Nakano.

Jurusan favorit di universitas tersebut adalah hukum dan sastra. Alumninya adalah beberapa politikus dan peraih nobel di Jepang.

3. Waseda University

Walau pun Waseda merupakan universitas swasta namun kualitasnya tidak kalah bagus. Bahkan, Waseda University merupakan Universitas swasta terbaik dan favorit di Jepang, Universitas ini juga bekerja sama dengan beberapa universitas didunia seperti, Yale University, University of Hong Kong dan Cambridge University.

Aluminya tak tanggung-tanggung seperti, termasuk Tadashi Yanai, CEO Uniqlo, Ibuka Masaru, Pendiri Sony Group bahkan ada beberapa Perdana Menteri Jepang merupakan lulusan universitas tersebut.

2. Kyoto University

Bagi, yang ingin berkuliah jauh dari pusat keramaian Kyoto merupakan salah satu pilihan yang cocok. Kalau diibaratkan Kyoto seperti Yogjanya Jepang, karena kedua kota tersebut sama-sama kental dengab adat istiadat dan banyak tempat-tempat edukasi.

Kyoto University, salah satu universitas favorit di Kyoto memiliki memiliki 10 jurusan untuk S1 dan 17 sekolah untuk S2. Alumninya sendiri ada yang meraih nobel dibidang Nobel dalam bidang fisika teori, kimia, danbiologi molekuler.

1. Tokyo Institute of Technology

Kalau dilihat dari namanya pasti universitas yang berhubungan teknologi dan teknik. Universitas ini memiliki jurusan untuk jenjang D3 dan 6 jurusan untuk jenjang S1 dan S2 yang meliputi keilmuan teknik, biologi, astronomi, manajemen inovasi dan lain-lain.

Universitas ini merupakan salah satu universitas bergengsi dan memilki tingkat seleksi yang sangat ketat. Alumninya sendiri kebanyakan berkarier dibidang sains dan teknisi.