fbpx

1.4 Juta Siswa Uzbekistan Jalani Ujian Masuk Universitas di Tempat Terbuka

Lebih dari sepuluh ribu siswa berjalan menuju arena olahraga yang berada di Uzbekistan pada 2 September 2020 untuk menjalani ujian masuk universitas secara terbuka. Pelaksanaan di tempat terbuka tersebut merupakan bentuk pencegahan menyebarnya COVID-19.

Jalannya ujian masuk universitas di Uzbekistan

Ujian masuk universitas di Uzbekistan dilaksanakan di tempat terbuka
Sumber: dawn.com

Selama dua minggu, akan ada lebih dari 1.4 juta siswa yang akan menjalani tes selama tiga jam di satu arena olahraga. Mereka duduk di kursi yang telah sediakan. Pada dasarnya, para siswa ini saling berkompetisi untuk masuk ke satu dari 150.000 universitas yang termasuk ke dalam sistem pendaftaran terpusat Uzbekistan.

Ratusan siswa, baik laki-laki maupun perempuan, menghadiri sesi pertama dari ujian masuk universitas ini di Tashkent sembari menggunakan masker. Cuaca pada hari itu lumayan hangat bagi mereka yang duduk di tempat yang teduh. Sedangkan, bagi mereka yang kurang beruntung, mereka akan memanfaatkan pakaian maupun kertas mereka untuk menahan sengatan matahari.

Universitas terbaik di Uzbekistan

Apabila kamu penasaran dengan universitas-universitas terbaik di Uzbekistan, berikut merupakan daftar lengkapnya:

  1. Tashkent University of Information Technologies
  2. Tashkent State Dental Institute
  3. Nihon Institute of Medical Science
  4. National University of Uzbekistan
  5. Samarkand State University

Uzbekistan dan kebijakan lockdown

Ujian masuk universitas di Uzbekistan dilaksanakan di tempat terbuka
National University of Uzbekistan. Sumber: uzdaily.uz

Pada dasarnya, universitas yang berada di Asia Tengah ini baru saja mengakhiri kebijakan lockdown nasional kedua mereka setelah mengalami puncak pademi pada tengah musim panas lalu. Berdasarkan data terakhir, terdapat 42.370 kasus COVID-19 yang terkonfirmasi di Uzbekistan dengan kematian mencapai 324 orang.

Pemerintah Uzbekistan menyatakan bahwa universitas lokal akan mulai menjalankan acara penyambutan mahasiswa baru secara daring. Kemudian, kampus baru akan dibuka kembali pada 14 September mendatang, Akan tetapi, untuk pelaksanaannya sendiri akan tergantung situasi dan kondisi yang ada.

Lalu, pemerintah juga mengumumkan bahwa sejumlah kafe maupun restoran dapat mulai buka kembali pada 5 September 2020 dengan sejumlah larangan. Hal ini juga berlaku bagi bioskop, teater, dan juga taman hiburan

Masjid dan tempat ibadah lainnya telah diperbolehkan untuk menyelenggarakan kegiatan keagamaan secara kolektif. Kemudian, Uzbekistan akan mulai membuka perbatasan untuk negara tetangganya, Kyrgyzstan. Namun demikian, penggunaan masker di tempat umum masih menjadi kewajiban dan acara berkumpul dengan skala besar tidak diperkenankan.

Baca juga daftar 10 universitas terbaik di Amerika untuk pelajar internasional.

For Your Information

Mengapa ujian masuk universitas di Uzbekistan dilakukan di luar ruangan?

Tentunya hal ini untuk menghindari penyebaran virus COVID-19.

Bagaimana mekanisme jalannya ujian masuk universitas di Uzbekistan?

Temukan jawabannya di artikel ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Tashkent?

Related Article